Logo BeritaSatu

Iran Bergabung dengan Organisasi Kerja Sama Shanghai

Jumat, 16 September 2022 | 12:06 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Samarkand, Beritasatu.com- Iran menandatangani satu memorandum untuk bergabung dengan Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) pada Kamis (15/9/2022). Seperti dilaporkan Reuters, Iran sebelumnya adalah anggota pengamat Organisasi Kerja Sama Shanghai.

Didirikan pada tahun 2001, Organisasi Kerja Sama Shanghai adalah blok keamanan yang terdiri dari Rusia, Tiongkok, India, Pakistan dan sejumlah negara pasca-Soviet. Iran sebelumnya adalah anggota pengamat.

Seperti dilaporkan Al Jazeera, Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian mengatakan Iran telah menandatangani Memorandum of Obligations untuk menjadi anggota tetap Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO), satu badan keamanan Asia tengah.

“Dengan menandatangani dokumen keanggotaan penuh SCO, kini Iran telah memasuki tahap baru berbagai kerjasama ekonomi, komersial, transit dan energi,” tulis Hossein Amirabdollahian di media sosial.

Pernyataan itu muncul saat para pemimpin dari Tiongkok, India, Kazakhstan, Kirgistan, Pakistan, Rusia, Tajikistan, dan Uzbekistan menuju ke kota terakhir Samarkand untuk menghadiri pertemuan puncak delapan anggota SCO, satu kelompok keamanan yang dibentuk oleh Beijing dan Moskwa sebagai penyeimbang terhadap pengaruh Amerika Serikat.

Afghanistan, Belarus, Iran, dan Mongolia adalah negara pengamat, sedangkan organisasi tersebut memiliki enam “mitra dialog”: Armenia, Azerbaijan, Kamboja, Nepal, Sri Lanka, dan Turki.

Tahun lalu, SCO yang berkembang pesat menyetujui aplikasi aksesi Iran, sementara pemerintah di Teheran meminta anggotanya untuk membantunya membentuk mekanisme untuk mencegah sanksi yang dikenakan oleh Barat atas program nuklirnya yang disengketakan.

“Hubungan antara negara-negara yang mendapat sanksi AS, seperti Iran, Rusia atau negara lain, dapat mengatasi banyak masalah dan masalah dan membuat mereka lebih kuat,” kata Presiden Iran Ebrahim Raisi kepada mitranya dari Rusia, Vladimir Putin, dalam pertemuan di Samarkand.

“Orang Amerika berpikir negara mana pun yang mereka kenakan sanksi, itu akan dihentikan, persepsi mereka salah,” tambahnya.

Sementara itu, Putin mengatakan hubungan “berkembang secara positif” antara Rusia dan Iran dan memberikan dukungan penuhnya terhadap aplikasi yang terakhir untuk menjadi anggota SCO.

Dilaporkan dari oasis Jalur Sutra Samarkand, Al Jazeera menyatakan keanggotaan penuh Iran diharapkan mulai berlaku pada April 2023. SCO, organisasi regional terbesar di dunia yang terdiri dari 40 persen populasi dunia dan 30 persen produk domestik bruto (PDB) global, ingin berkembang lebih jauh.

“Belarus juga secara resmi akan menandatangani dokumen yang akan dimulai keanggotaannya. Qatar dan Arab Saudi juga diharapkan menjadi mitra dialog baru,” kata Serdar.

Ekonomi Iran telah terpukul keras sejak 2018, ketika Presiden AS saat itu Donald Trump secara sepihak meninggalkan kesepakatan nuklir penting yang ditandatangani antara Iran dan kekuatan dunia, termasuk Rusia dan Tiongkok.

Pembicaraan tidak langsung selama berbulan-bulan antara Iran dan pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah menemui jalan buntu atas beberapa hambatan untuk menghidupkan kembali pakta nuklir, di mana pemerintah Iran setuju untuk mengekang program nuklirnya dengan imbalan pencabutan sanksi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Keluarga Tewas di Kalideres, Polisi Tunggu Hasil Pemeriksaan Patologi Anatomi

Polda Metro Jaya menunggu hasil pemeriksaan patologi anatomi untuk menyimpulkan penyebab satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat. 

NEWS | 30 November 2022

Kuasa Hukum Bharada E Gali Fakta Sarung Tangan Ferdy Sambo

Kuasa hukum Bharada E menyatakan akan menggali keterangan dari Kuat Ma'ruf dan Bripka Ricky Rizal mengenai sarung tangan yang digunakan Ferdy Sambo.

NEWS | 30 November 2022

Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

Ismail Bolong mangkir atau tidak memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik Dit Tipidter Bareskrim Polri terkait kasus tambang ilegal dengan alasan sakit. 

NEWS | 30 November 2022

Ditembak OTK, Anggota Polres Yahukimo di Dekai Tewas

Orang tak dikenal atau OTK, Selasa (29/11/2022) sekitar pukul 23.09 WIT menembak Brigadir Polisi Muhammad Yusdar, anggota Polres Yahukimo hingga tewas.

NEWS | 30 November 2022

Cianjur Bangkit, Warga Sarampad Wetan Bangun Kembali Masjid

Sepekan lebih bencana gempa Cianjur, Jawa Barat, warga mulai semangat untuk kembali bangkit dari bencana.

NEWS | 30 November 2022

Kamis, Bareskrim Polri Akan Periksa Keluarga Ismail Bolong

Bareskrim Polri akan memeriksa keluarga Ismail Bolong pada Kamis (1/11/2022) terkait kepemilikan saham perusahaan dalam kasus tambang ilegal.

NEWS | 30 November 2022

Sidang Kasus Brigadir J Hari Ini, 3 Terdakwa Saling Bersaksi

Sidang perkara dugaan pembunuhan Brigadir J di PN Jaksel hari ini akan menghadirkan Bharada E, Kuat Maruf, dan Bripka RR yang saling bersaksi. 

NEWS | 30 November 2022

Polri Kerahkan 261 Personel Layani Kesehatan Korban Gempa Cianjur

Polri mengerahkan 21 dokter spesialis untuk melayani korban gempa Cianjur. Total ada 261 personel dari jajaran medis yang tangani korban gempa Cianjur.

NEWS | 30 November 2022

Korban Gempa Cianjur, Paboi: Layanan Ortopedi Butuh 4 Bulan

Paboi menyatakan tindakan medis bedah untuk korban gempa Cianjur membutuhkan waktu hingga 4 bulan.

NEWS | 30 November 2022

KPU Sebut Pelamar Calon PPK Sebanyak 304.602 Orang

KPU menyebut pelamar calon panitia pemilihan kecamatan atau PPK untuk Pemilihan Umum Serentak 2024 berjumlah 304.602 orang.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bahlil Janji Target Investasi Rp 1.200 T Tercapai Desember

Bahlil Janji Target Investasi Rp 1.200 T Tercapai Desember

EKONOMI | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE