Logo BeritaSatu

Iran Bergabung dengan Organisasi Kerja Sama Shanghai

Jumat, 16 September 2022 | 12:06 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Samarkand, Beritasatu.com- Iran menandatangani satu memorandum untuk bergabung dengan Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) pada Kamis (15/9/2022). Seperti dilaporkan Reuters, Iran sebelumnya adalah anggota pengamat Organisasi Kerja Sama Shanghai.

Didirikan pada tahun 2001, Organisasi Kerja Sama Shanghai adalah blok keamanan yang terdiri dari Rusia, Tiongkok, India, Pakistan dan sejumlah negara pasca-Soviet. Iran sebelumnya adalah anggota pengamat.

Seperti dilaporkan Al Jazeera, Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian mengatakan Iran telah menandatangani Memorandum of Obligations untuk menjadi anggota tetap Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO), satu badan keamanan Asia tengah.

“Dengan menandatangani dokumen keanggotaan penuh SCO, kini Iran telah memasuki tahap baru berbagai kerjasama ekonomi, komersial, transit dan energi,” tulis Hossein Amirabdollahian di media sosial.

Pernyataan itu muncul saat para pemimpin dari Tiongkok, India, Kazakhstan, Kirgistan, Pakistan, Rusia, Tajikistan, dan Uzbekistan menuju ke kota terakhir Samarkand untuk menghadiri pertemuan puncak delapan anggota SCO, satu kelompok keamanan yang dibentuk oleh Beijing dan Moskwa sebagai penyeimbang terhadap pengaruh Amerika Serikat.

Afghanistan, Belarus, Iran, dan Mongolia adalah negara pengamat, sedangkan organisasi tersebut memiliki enam “mitra dialog”: Armenia, Azerbaijan, Kamboja, Nepal, Sri Lanka, dan Turki.

Tahun lalu, SCO yang berkembang pesat menyetujui aplikasi aksesi Iran, sementara pemerintah di Teheran meminta anggotanya untuk membantunya membentuk mekanisme untuk mencegah sanksi yang dikenakan oleh Barat atas program nuklirnya yang disengketakan.

“Hubungan antara negara-negara yang mendapat sanksi AS, seperti Iran, Rusia atau negara lain, dapat mengatasi banyak masalah dan masalah dan membuat mereka lebih kuat,” kata Presiden Iran Ebrahim Raisi kepada mitranya dari Rusia, Vladimir Putin, dalam pertemuan di Samarkand.

“Orang Amerika berpikir negara mana pun yang mereka kenakan sanksi, itu akan dihentikan, persepsi mereka salah,” tambahnya.

Sementara itu, Putin mengatakan hubungan “berkembang secara positif” antara Rusia dan Iran dan memberikan dukungan penuhnya terhadap aplikasi yang terakhir untuk menjadi anggota SCO.

Dilaporkan dari oasis Jalur Sutra Samarkand, Al Jazeera menyatakan keanggotaan penuh Iran diharapkan mulai berlaku pada April 2023. SCO, organisasi regional terbesar di dunia yang terdiri dari 40 persen populasi dunia dan 30 persen produk domestik bruto (PDB) global, ingin berkembang lebih jauh.

“Belarus juga secara resmi akan menandatangani dokumen yang akan dimulai keanggotaannya. Qatar dan Arab Saudi juga diharapkan menjadi mitra dialog baru,” kata Serdar.

Ekonomi Iran telah terpukul keras sejak 2018, ketika Presiden AS saat itu Donald Trump secara sepihak meninggalkan kesepakatan nuklir penting yang ditandatangani antara Iran dan kekuatan dunia, termasuk Rusia dan Tiongkok.

Pembicaraan tidak langsung selama berbulan-bulan antara Iran dan pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah menemui jalan buntu atas beberapa hambatan untuk menghidupkan kembali pakta nuklir, di mana pemerintah Iran setuju untuk mengekang program nuklirnya dengan imbalan pencabutan sanksi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Segera Dibuka, Intibios Hang Tuah Hadirkan Layanan Kesehatan Satu Atap

Intibios Hang Tuah yang akan segera beroperasi memberikan layanan kesehatan satu atap yaitu laboratorium, klinik sekaligus farmasi di satu tempat.

NEWS | 26 November 2022

Enggartiasto: Intibios Utamakan Experience Layanan Kesehatan

Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa layanan kesehatan Intibios ingin memberikan pengalaman pelayanan kesehatan yang berbeda kepada masyarakat.

NEWS | 26 November 2022

Kendarai Motor, Mahasiswa UMM Jatuh dari Jembatan Setinggi 25 Meter

Mahasiswa UMM Irfaan Hafids Akbar jatuh dari atas jembatan Soekarno Hatta, Kota Malang. Korban jatuh dari ketinggian 25 meter.

NEWS | 26 November 2022

Antar Bantuan Korban Gempa Cianjur, BNPB Gunakan Motor

BNPB menggunakan sepeda motor untuk mengantarkan bantuan bagi korban gempa Cianjur yang berada di daerah yang susah dijangkau.

NEWS | 26 November 2022

Jokowi Tegaskan Reputasi Global Indonesia Patut Dijaga

Presiden Jokowi mengatakan reputasi global yang diraih Indonesia saat ini patut dijaga keberlanjutannya oleh kepemimpinan berikutnya.

NEWS | 26 November 2022

Guru Diminta Ciptakan Lingkungan Belajar Menyenangkan

Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim mengajak guru berinovasi menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan.

NEWS | 26 November 2022

Warga Rembang Bergerak Membantu Korban Gempa Cianjur

Masyarakat di Rembang terus bergerak membantu para korban gempa Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Mereka dengan menggalang bantuan di jalan protokol di Rembang.

NEWS | 26 November 2022

BPKH Menyerahkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyerahkan bantuan kemaslahatan senilai Rp 2,2 miliar untuk para korban gempa Cianjur.

NEWS | 26 November 2022

Pekan Depan, Sidang Ferdy Sambo Dkk Digelar 3 Hari

Sidang Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk) digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) pekan depan selama tiga hari.

NEWS | 26 November 2022

DPR Bakal Sahkan RUU KUHP Sebelum Masa Reses

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan rapat paripurna untuk mengesahkan RUU KUHP akan digelar sebelum masa reses. 

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Segera Dibuka, Intibios Hang Tuah Hadirkan Layanan Kesehatan Satu Atap

Segera Dibuka, Intibios Hang Tuah Hadirkan Layanan Kesehatan Satu Atap

NEWS | 17 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE