Logo BeritaSatu

Hiu Bergigi Aneh Tertangkap Nelayan Australia

Jumat, 16 September 2022 | 13:32 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Canberra, Beritasatu.com- Hiu bergigi aneh yang mencolok dan bermata besar dari laut dalam telah ditangkap oleh seorang nelayan di Australia. Seperti dilaporkan Newsweek, Rabu (14/9/2022), temuan hiu itu memicu diskusi tentang spesies hewan misterius.

Pada 12 September, pengguna Facebook Trapman Bermagui, seorang nelayan yang berbasis di Sydney, memposting foto yang dia sebut sebagai "wajah hiu laut dalam" yang ditangkap pada kedalaman 650 meter di bawah air.

Hiu memiliki penampilan yang khas dengan kulit yang tampak kasar, hidung yang mancung, mata yang besar dan deretan gigi tajam yang menonjol.

Dalam dua hari postingan tersebut telah mendapatkan lebih dari 250 komentar dan sekitar 1.400 suka. "Terlihat sangat prasejarah," tulis seorang pengguna. "Wow, sungguh makhluk yang luar biasa," tulis yang lain.

Beberapa orang berkomentar bahwa hiu itu tampak seperti hiu 'cookiecutter', hiu kecil yang diruncingkan dengan moncong bulat dan bibir yang khas.

Namun, berbicara kepada Newsweek melalui Facebook, Bermagui punya penjelasan lain. "Benar-benar bukan pemotong kue. Ini adalah hiu kulit kasar, juga dikenal sebagai spesies hiu anjing," katanya.

"Hiu ini biasa ditemukan di kedalaman lebih dari 600 meter. Kami biasanya menangkap mereka di musim dingin," tambahnya.

Kepada Newsweek, Dean Grubbs, direktur asosiasi penelitian di Laboratorium Pesisir dan Kelautan Universitas Negeri Florida, juga mempertimbangkan. Dia mengatakan bahwa spesies itu tampaknya adalah Centroscymnus owstoni, juga disebut dogfish kulit kasar.

"Dalam penelitian laut dalam saya, kami telah menangkap beberapa dari mereka di Teluk Meksiko dan di Bahama. Kami datang dari kedalaman 740 hingga 1160 meter, jadi sedikit lebih dalam dari laporan ini. Mereka berada di keluarga Somniosidae, Hiu Tidur, keluarga yang sama dari Hiu Greenland, tapi jelas jauh lebih banyak spesies yang lebih kecil," paparnya.

Menurut deskripsi, spesies ini di situs Smithsonian Tropical Research Institute, dogfish kulit kasar memiliki mulut pendek dan bibir tebal, mencapai ukuran 120 centimeter dan umumnya ditemukan di kedalaman hingga 1.500 meter.

Christopher Lowe, profesor dan direktur Lab Hiu Long Beach Universitas Negeri California, menawarkan pandangan yang berbeda. "Tampak bagi saya seperti hiu layang-layang laut dalam, yang dikenal di perairan lepas Australia," katanya, meskipun dia mencatat bahwa dia tidak bisa melihat seluruh tubuh atau ukuran hiu tersebut.

"Sepertinya Dalatias lata bagi saya; namun, kami menemukan spesies baru hiu laut dalam setiap saat dan banyak yang terlihat sangat mirip satu sama lain."

Ilustrasi hiu ini tersedia di situs Shark Research Institute memang memiliki kemiripan yang kuat dengan yang ditampilkan di Facebook, dengan mata besar, bibir tebal dan moncong tumpul. Lembaga itu menyatakan hiu ini juga lebih menyukai perairan dalam, melayang di dekat dasar laut pada kedalaman hingga 1.800 meter di Samudra Atlantik, India, dan Pasifik.

Apapun spesiesnya, foto hiu yang mencolok itu menunjukkan laut adalah tempat yang misterius dan beragam. "Laut dalam adalah planet lain di bawah sana," tulis seorang pengguna Facebook.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemerintah Pusat Lakukan Pengawasan Sangat Ketat Dana Otsus Papua

Pemerintah pusat akan melakukan pengawasan sangat ketat terkait dana otonomi khusus (otsus) Papua.

NEWS | 25 September 2022

Mahfud Tegaskan KPK Punya Mekanisme soal Pemeriksaan Lukas Enembe

Mahfud MD menegaskan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki mekanisme terkait pemeriksaan terhadap Gubernur Papua, Lukas Enembe.

NEWS | 25 September 2022

Target Rumah DP Rp 0 Turun Drastis, Riza: Disesuaikan Masa Penjabat Gubernur

Pemprov DKI menurunkan jumlah target pembangunan rumah DP Rp 0. Hal itu karena menyesuaikan dengan masa jabatan penjabat (pj) gubernur DKI Jakarta.

NEWS | 25 September 2022

Relawan Sahabat Ganjar di Majalengka Gelorakan Hidup Sehat

Relawan Sahabat Ganjar menggandeng komunitas senam untuk menggelorakan hidup sehat yang dikampanyekan Ganjar Pranowo.

NEWS | 25 September 2022

Akun Medsos Belasan Awak Narasi Diretas

Akun media sosial milik belasan awak redaksi Narasi menghadapi usaha peretasan secara serentak. Usaha peretasan itu menyasar beragam platform.

NEWS | 25 September 2022

Ledakan di Asrama Polisi Berasal dari Paket Warna Cokelat

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Iqbal Aqudusy menyatakan ledakan berasal dari sebuah paket dalam wadah kardus cokelat.

NEWS | 25 September 2022

Pendeta Alberth Ingatkan Lukas Enembe Bertanggung Jawab kepada Tuhan

Tokoh agama Papua Pendeta Alberth Yoku mengingatkan Gubernur Papua Lukas Enembe akan tanggung jawab kepada Tuhan.

NEWS | 25 September 2022

Kapolda Jateng Datangi Lokasi Ledakan di Asrama Polisi Solo Baru

Ledakan terjadi di Asrama Polisi Grogol Indah, Solo Baru, Sukoharjo, Minggu (25/9/2022). Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi datang ke TKP.

NEWS | 25 September 2022

Ledakan Terjadi di Solo Baru, Seorang Polisi Terluka

Sebuah ledakan terjadi di Asrama Grogol Indah Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (25/9/2022), pukul 18.00 WIB. Seorang polisi terluka.

NEWS | 25 September 2022

Ledakan di Asrama Polisi Solo Baru dalam Penyelidikan Polri

Petugas dari kepolisian menyelidiki ledakan di Asrama Polisi Grogol Indah, Solo Baru, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, yang terjadi pada Minggu (25/9/2022).

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemerintah Pusat Lakukan Pengawasan Sangat Ketat Dana Otsus Papua

Pemerintah Pusat Lakukan Pengawasan Sangat Ketat Dana Otsus Papua

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings