Logo BeritaSatu

Hari Ozon Sedunia, Ini Pesan Menteri LHK Siti Nurbaya

Jumat, 16 September 2022 | 14:15 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam memperingati Hari Ozon Sedunia yang jatuh pada hari ini, Jumat (16/9/2022), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya memberi pesan khusus yang juga memperingati 35 tahun kesuksesan Protokol Montreal dalam melindungi lapisan ozon stratosfer.

United Nations Environment Programme (UNEP) mencatat hampir 99% bahan perusak ozon telah dihapuskan dan lapisan ozon telah berangsur pulih. Hal tersebut menandakan adanya kerjasama global dalam Protokol Montreal berhasil mencapai tujuannya.

Perayaan Hari Ozon Sedunia tahun ini mengangkat tema “Global cooperation protecting life on earth”. Tema ini menekankan bahwa dampak implementasi Protokol Montreal telah meluas hingga ke perubahan iklim, sehingga diperlukan aksi kolaborasi, kemitraan serta kerjasama global untuk menjawab tantangan perubahan iklim dan melindungi bumi bagi generasi mendatang.

"Merujuk pada pernyataan dari Sekjen PBB, Antonio Guterres pada peringatan Hari Ozon Sedunia tahun ini, Protokol Montreal merupakan sebuah kesuksesan karena merupakan perjanjian lingkungan hidup global yang telah diratifikasi secara universal dan diimplementasikan dengan tegas," kata Siti Nurbaya melalui pesan secara virtual di Jakarta, Jumat (16/9/2022).

Protokol Montreal adalah contoh yang kuat atas aksi multilateral. Dengan berbagai masalah yang dihadapi dunia mulai dari konflik hingga peningkatan kemiskinan, memperdalam ketidaksetaraan dan tantangan perubahan iklim, ini menjadi pengingat bahwa kita dapat berhasil dengan bekerja sama untuk kebaikan bersama.

Upaya Protokol Montreal untuk mengurangi konsumsi Hidroflorokarbon (HFC), yang merupakan gas rumah kaca dengan nilai potensi pemanasan global (Global Warming Potential/ GWP) yang tinggi dan meningkatkan efisiensi energi melalui Amandemen Kigali ini dapat memperlambat gangguan iklim. Nilai potensi pemanasan global dari berbagai jenis HFC berkisar antara 53 hingga 14.800 setara CO2, jauh lebih besar jika dibandingkan dengan nilai GWP dari CO2 sebesar 1.

"Mari kita jadikan peringatan Hari Ozon Sedunia tahun 2022 ini sebagai momentum untuk penerapan Protokol Montreal dengan Amandemen Kigali dalam menghadapi tantangan perubahan iklim," ungkap Siti.

Baca selanjutnya
Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, Laksmi Dhewanthi menambahkan pada peringatan ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Soal Motif Bom Bunuh Diri Bandung, Pengamat Singgung ISIS dan KUHP

Pengamat terorisme, Stanislaus Riyanta menyinggung soal ISIS dan KUHP terkait motif Agus Sujatno melakukan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung.

NEWS | 9 Desember 2022

Patahan Cugenang, Pemicu Gempa Cianjur Belum Pernah Teridentifikasi

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, selama ini patahan Cugenang, pemicu gempa Cianjur, Jawa Barat, belum teridentifikasi.

NEWS | 9 Desember 2022

Aksi Bom Bunuh Diri Bukan Bagian dari Amalan Jihad

Aksi bom bunuh diri seperti bom Bandung itu, menurut Sekum DDI KH Suaib Tahir, bukan bagian amalan jihad.

NEWS | 9 Desember 2022

Hendra Kurniawan Bantah Menemui Ferdy Sambo pada 13 Juli

Hendra Kurniawan membantah keterangan mantan staf pribadi Ferdy Sambo yang menyebutnya menemui Ferdy Sambo di ruang Kadiv Propam Polri pada 13 Juli 2022.

NEWS | 8 Desember 2022

Eks Napiter Tegaskan Ekonomi Bukan Motif Bom Bunuh Diri

Pujianto alias Raider Bakiyah, mantan narapidana terorisme (napiter) mengatakan ekonomi bukan motif teroris melakukan bom bunuh diri.

NEWS | 8 Desember 2022

Masyarakat Harus Dibekali Kemampuan Deteksi Dini Ancaman Terorisme

Masyarakat harus bersatu memerangi terorisme. Pemerintah harus mulai membekali masyarakat dengan kemampuan mendeteksi dan pencegahan dini.

NEWS | 8 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Erick Thohir: Jokowi Ingin Festival Budaya

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Presiden Joko Widodo ingin konsep Festival Budaya sehingga dekat dengan rakyat saat menggelar pernikahan Kaesang Pangarep

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Sebut 97 Perusahaan Relokasi Pabrik ke Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut, puluhan perusahaan melakukan relokasi pabrik ke berbagai daerah di Jateng.

NEWS | 8 Desember 2022

Pertukaran Tahanan, Bintang Bola Basket Wanita AS Dibebaskan Rusia

Bintang bola basket wanita AS Brittney Griner dibebaskan dari penjara Rusia, dalam sebuah pertukaran tahanan.

NEWS | 8 Desember 2022

Dapat Suntikan Rp 551 M, Jakpro Segera Bangun ITF Sunter

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyuntikkan modal Rp 551 miliar kepada PT Jakpro untuk pembangunan ITF Sunter.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Erick Thohir Anggap Kaesang sebagai Keponakannya Sendiri

Erick Thohir Anggap Kaesang sebagai Keponakannya Sendiri

LIFESTYLE | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE