Logo BeritaSatu

PAN: Wibawa Jokowi Tereduksi apabila Jadi Cawapres

Jumat, 16 September 2022 | 17:11 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Guspardi Gaus menilai secara etika, tidak elok jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) maju menjadi calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024. Menurut Guspardi, wibawa dan harga diri Jokowi tereduksi jika menjadi cawapres.

“Secara etika politik tentu kurang elok dan dari segi etika kepemimpinan sangat tidak pas seorang yang telah menjabat sebagai presiden dua periode mencalonkan jadi wakil presiden (wapres) sekaligus akan mereduksi kewibawaan dan membuat harga diri beliau dipertaruhkan,” ujar Guspardi kepada wartawan, Jumat (16/9/2022).

Guspardi mengatakan secara normatif tidak ada yang salah jika presiden dua periode kembali menjadi cawapres. Pasal 7 UUD 1945, kata dia, secara eksplisit hanya menyebutkan presiden atau wapres menjabat lima tahun dan sesudahnya hanya dapat dipilih kembali selama satu periode dalam jabatan yang sama.

“Artinya, pak Jokowi tidak bisa menjadi calon presiden pada Pemilu 2024, karena sudah menjabat selama dua periode. Kalau Jokowi maju sebagai calon wakil presiden, secara normatif tidak ada yang dilanggar dan syaratnya harus diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik,” ungkap Guspardi.

Akan tetapi, Guspardi mengatakan menjadi sebuah keanehan jika seorang presiden maju sebagai wapres. Seandainya Jokowi akan maju sebagai wapres pada Pilpres 2024, tentu masyarakat akan merasa heran dan mempertanyakan etika politik dan kepemimpinannya.

“Pertanyaannya apakah Jokowi mau melakukanya. Secara aturan tidak ada larangan bagi Jokowi maju sebagai wapres, tetapi secara etika politik tentu kurang elok,” katanya.

Lebih lanjut, Guspardi mengatakan jabatan Presiden merupakan puncak tertinggi dari karier dalam bernegara. Pasalnya, presiden itu sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan.

“Sementara, kedudukan sebagai wakil presiden merupakan orang nomor dua. Tradisi ketatanegaraan akan rusak jika orang yang sudah menjabat sebagai presiden dua periode lantas menjadi wapres,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Teraktif, Gunung Semeru Telah Alami 56 Kali Erupsi Eksplosif

PVMBG Badan Geologi melaporkan bahwa Gunung Semeru telah mengalami 56 kali erupsi eksplosif sejak 1818 dan menjadi gunung api teraktif di Pulau Jawa.

NEWS | 7 Desember 2022

Polda Sumatera Utara Perketat Pengamanan Usai Teror Bom Bandung

Polda Sumatera Utara (Sumut) dan jajarak polres dan polsek memperketat pengamanan usai aksi teror bom Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022

Bom Bunuh Diri, Polisi Selidiki Motif “KUHP: Hukum Syirik/Kafir”

Bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, polri masih menyelidiki motif berkaitan dengan tulisan  “KUHP: Hukum Syirik/Kafir”.

NEWS | 7 Desember 2022

Polisi Dalami Tulisan soal KUHP Produk Kafir di Motor Pelaku Bom Bandung

Polisi mendalami tulisan atau pesan soal KUHP di motor pelaku bom Bandung. Pesan itu tertempel pada bagian depan motor.

NEWS | 7 Desember 2022

Motor Berpelat Solo Diduga Dipakai Pelaku Bom Bunuh Diri

Motor yang diduga digunakan pelaku bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar Bandung, berpelat “AD” atau dari wilayah Solo.

NEWS | 7 Desember 2022

Kapolri Tinjau Lokasi Pasca Bom Bunuh Diri di Bandung

Kapolri tiba di Kantor Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, untuk meninjau situasi pasca-ledakan bom bunuh diri, Rabu (7/12/2022) siang.

NEWS | 7 Desember 2022

Lord Rangga Pernah Jadi Manajer Klub Bola di Brebes

Lord Rangga menghebohkan publik pada 2020 melalui kehadiran Sunda Empire di Bandung, Jawa Barat. Ia kerap membuat pernyataan nyeleneh.

NEWS | 7 Desember 2022

Pelaku Bom Bunuh Diri Bandung, Kapolda: Bawa Dua Bom

Kapolda Jabar mengatakan pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung diduga membawa dua unit bom ke lokasi.

NEWS | 7 Desember 2022

Update Bom Bunuh Diri Bandung: 10 Korban Anggota Polisi dan 1 Sipil

Kapolda Jabar Inspektur Jenderal Polisi Suntana menyebutkan ada 11 orang yang menjadi korban dalam peristiwa ledakan bom bunuh diri.

NEWS | 7 Desember 2022

Waspada, PVMBG: Gunung Semeru Masih Berstatus Awas

PVMBG Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melaporkan aktivitas Gunung Semeru masih ada pada level tertinggi yakni level IV atau Awas.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ferdy Sambo Ungkap Perintahnya ke Bharada E: Hajar Cad...

Ferdy Sambo Ungkap Perintahnya ke Bharada E: Hajar Cad...

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE