Logo BeritaSatu

PAN: Wibawa Jokowi Tereduksi apabila Jadi Cawapres

Jumat, 16 September 2022 | 17:11 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Guspardi Gaus menilai secara etika, tidak elok jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) maju menjadi calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024. Menurut Guspardi, wibawa dan harga diri Jokowi tereduksi jika menjadi cawapres.

“Secara etika politik tentu kurang elok dan dari segi etika kepemimpinan sangat tidak pas seorang yang telah menjabat sebagai presiden dua periode mencalonkan jadi wakil presiden (wapres) sekaligus akan mereduksi kewibawaan dan membuat harga diri beliau dipertaruhkan,” ujar Guspardi kepada wartawan, Jumat (16/9/2022).

Guspardi mengatakan secara normatif tidak ada yang salah jika presiden dua periode kembali menjadi cawapres. Pasal 7 UUD 1945, kata dia, secara eksplisit hanya menyebutkan presiden atau wapres menjabat lima tahun dan sesudahnya hanya dapat dipilih kembali selama satu periode dalam jabatan yang sama.

“Artinya, pak Jokowi tidak bisa menjadi calon presiden pada Pemilu 2024, karena sudah menjabat selama dua periode. Kalau Jokowi maju sebagai calon wakil presiden, secara normatif tidak ada yang dilanggar dan syaratnya harus diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik,” ungkap Guspardi.

Akan tetapi, Guspardi mengatakan menjadi sebuah keanehan jika seorang presiden maju sebagai wapres. Seandainya Jokowi akan maju sebagai wapres pada Pilpres 2024, tentu masyarakat akan merasa heran dan mempertanyakan etika politik dan kepemimpinannya.

“Pertanyaannya apakah Jokowi mau melakukanya. Secara aturan tidak ada larangan bagi Jokowi maju sebagai wapres, tetapi secara etika politik tentu kurang elok,” katanya.

Lebih lanjut, Guspardi mengatakan jabatan Presiden merupakan puncak tertinggi dari karier dalam bernegara. Pasalnya, presiden itu sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan.

“Sementara, kedudukan sebagai wakil presiden merupakan orang nomor dua. Tradisi ketatanegaraan akan rusak jika orang yang sudah menjabat sebagai presiden dua periode lantas menjadi wapres,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wajah Richard, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf Tampak Stres Saat Dicecar Benny Ali

Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf tampak stres saat dicecar oleh Benny Ali.

NEWS | 7 Desember 2022

Densus 88 Antiteror Selidiki Pelaku Bom Bunuh Diri Bandung

Densus 88 menyelidiki pelaku peristiwa ledakan diduga bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, apakah berasal dari jaringan teroris.

NEWS | 7 Desember 2022

Kemenkumham Tepis Kekhawatiran Dubes AS soal Dampak Negatif KUHP Baru

Plt Dirjen PP Kemenkumham, Dhahana Putra menepis kekhawatiran Duta Besar AS untuk Indonesia, Sung Kim soal dampak negatif dalam KUHP baru.

NEWS | 7 Desember 2022

Pembunuhan Brigadir J, Benny Ali: Ferdy Sambo Akui Nge-Prank

Benny Ali menyatakan kalau Ferdy Sambo mengakui bahwa dia telah nge-prank atau mengerjai anak buahnya sendiri pada kasus pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Temui Langsung Ferdy Sambo, Benny Ali: Komandan Tega

Brigjen Benny Ali mengatakan langsung ke Ferdy Sambo bahwa komandannya itu tega mengorbankan para anak buahnya.

NEWS | 7 Desember 2022

Polsek Jatinegara Tingkatkan Pengamanan Usai Ledakan Bom Bandung

Polsek Jatinegara, Jakarta Timur, meningkatkan pengamanan usai ledakan bom Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022

Bom Bunuh Diri: Satu Polisi Meninggal Dunia, 7 Luka-luka

Seorang anggota Polsek Astana Anyar meninggal dunia dan 7 anggota lainnya mengalami luka-luka akibat bom bunuh diri Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022

Pasok Listrik Pengungsi Gempa Cianjur, Kemensos Siapkan Panel Surya

Kemensos menyiapkan teknologi panel surya untuk membantu memasok kebutuhan listrik bagi pengungsi gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 7 Desember 2022

Ledakan Kedua di Polsek Astana Anyar Berasal dari Tim Gegana

Ledakan kedua yang terdengar dari Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, ditengarai dari pihak tim gegana.

NEWS | 7 Desember 2022

Polri Beberkan Perkembangan Penanganan Ledakan Bom Bandung

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyampaikan perkembangan penanganan ledakan bom Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Teraktif, Gunung Semeru Telah Alami 56 Kali Erupsi Eksplosif

Teraktif, Gunung Semeru Telah Alami 56 Kali Erupsi Eksplosif

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE