Logo BeritaSatu

BNPT: LPOI Berperan Penting dalam Glorifikasi Moderasi Beragama

Jumat, 16 September 2022 | 21:20 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyatakan, lembaga keagamaan seperti Lembaga Persaudaraan Organisasi Islam (LPOI) memiliki peran penting dalam glorifikasi atau proses meluhurkan moderasi beragama untuk melawan narasi kelompok radikal terorisme. Hal ini disampaikan Direktur Pencegahan BNPT, Brigjen Pol R Ahmad Nurwakhid dalam acara Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) LPOI di Hotel Santika Premier, Jakarta, Kamis (15/9/2022).

Ahmad Nurwakhid mengatakan, LPOI merupakan mitra strategis BNPT dalam penanggulangan terorisme terutama dalam membangun narasi perdamaian dan persatuan baik secara offline maupun online.

“Harapan saya LPOI ini akan menjadi mitra strategis dan insya allah abadi. Kenapa? Karena LPOI ini kalau di dalam konteks kebijakan BNPT masuk dalam kebijakan pentahelix, yaitu dalam penanggulangan radikal terorisme harus melibatkan multipihak, seluruh elemen masyarakat bangsa dan negara,” kata Ahmad Nurwakhid dalam keterangan pers yang diterima, Jumat (16/9/2022).

Dijelaskannya, dalam pentahelix ini pihak yang pertama tentunya adalah pemerintah yaitu kementerian atau lembaga maupun pemerintah daerah. Kemudian, akademisi, pelaku usaha, media, dan masyarakat.atau ormas seperti LPOI.

“Karena masyarakat sebagai salah satu pilar yang kami utamakan adalah ormas-ormas keagamaan dalam konteks ini adalah LPOI. Dan di dalam gugus tugas pemuka agama juga ada Lembaga Persahabatan Ormas Keagamaan (LPOK). Tentunya ini yang kami sinergis kan untuk itu,” ujar Nurwakhid.

Ia menyampaikan LPOI berperan penting dalam mengglorifikasikan narasi-narasi cinta terhadap bangsa dan tanah air, perdamaian, dan persatuan. Selain itu, LPOI juga berperan penting membangun narasi pentingnya bagi masyarakat untuk mencintai sekaligus menghormati segala perbedaan yang ada di Indonesia demi menjaga keutuhan NKRI.

Untuk itu, Nurwakhid berharap para ketua umum masing-masing ormas dan juga para tokoh agama yang tergabung di dalam LPOI bersedia memberikan masukan ataupun nasihat kepada BNPT dan Densus 88 Antiteror Polri terkait dengan pencegahan dan pemberantasan terorisme.

"Diharapkan para tokoh agama, terutama di LPOI, bersedia memberi masukan, nasihat, atau wejangan kepada BNPT. Di mana BNPT ini adalah hulunya untuk melakukan pencegahannya. Sedangkan Densus adalah eksekutor di dalam law enforcement atau penegakan hukum di bidang tindak pidana terorisme,” ucapnya.

LPOI juga dapat memberikan kontribusi yang produktif dan signifikan terhadap bangsa dan negara Indonesia.

“Tentunya LPOI harus dilibatkan menjadi narasumber dalam menggelorifikasi Islam yang rahmatan lil alamin, hubbul watton minal iman untuk membangun harmonisasi Indonesia,” tegasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ferdy Sambo Ungkap Perintahnya ke Bharada E: Hajar Cad...

Ferdy Sambo mengungkapkan perintah yang dia katakan  Bharada E untuk Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Moeldoko: Stop Aksi Bom Bunuh Diri, Apa Untungnya?

Moeldoko menyatakan peristiwa bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar menyadarkan semua pihak bahwa ideologi yang berlandaskan kekerasan tidak bermanfaat.

NEWS | 7 Desember 2022

Bom Bunuh Diri, BNPT: Tak Mudah Baca Pemikiran Pelaku Terorisme

Terkait bom bunuh diri Bandung, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar mengakui tidak mudah untuk membaca pemikiran para pelaku terorisme.

NEWS | 7 Desember 2022

Terekam CCTV, Pelaku Bom Bandung Bawa Dua Bungkusan

Pelaku peledakan Mapolsek Astana Anyar pada Rabu (7/12/2022) pagi, terekam kamera CCTV sedang membawa dua bungkusan yang diduga bom.

NEWS | 7 Desember 2022

Anggota DPR Minta Polri Segera Cari Aktor Intelektual Bom Bandung

Anggota DPR Komisi III, Arteria Dahlan meminta Polri untuk segera mencari aktor intelektual peristiwa bom Bandung, Rabu (7/12/2022).

NEWS | 7 Desember 2022

Kerajaan Sunda Empire, Nama yang Lejitkan Lord Rangga

Nama Sunda Empire tersebut melejitkan nama Lord Rangga di khalayak umum dan membuatnya menjadi pesohor.

NEWS | 7 Desember 2022

Polda Metro Gelar Tilang Manual bagi Pelanggaran Tertentu

Penindakan tilang manual hanya diberlakukan bagi pelanggar aturan lalu lintas untuk jenis pelanggaran tertentu.

NEWS | 7 Desember 2022

Komisi VII DPR RI Dukung Transformasi PLN

Perubahan struktur perusahaan akan membuat PLN mempunyai ruang yang lebih strategis dalam mengembangkan potensi listrik di Indonesia.

NEWS | 7 Desember 2022

Pelaku Bom Bandung Agus Sujatno Alumni Bom Panci Cicendo

Pelaku bom Bandung, Agus Sujatno ternyata alumni bom panci Cicendo, Bandung, pada 2017

NEWS | 7 Desember 2022

Hari Ini, Polda Metro Jaya Lakukan Uji Coba ETLE Mobile

E-tilang atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) Mobile di DKI Jakarta telah diberlakukan hari ini, Rabu (7/12/2022).

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
2 Mobil Relawan Gempa Cianjur Kecelakaan di Tol Cipali, 1 Orang Tewas

2 Mobil Relawan Gempa Cianjur Kecelakaan di Tol Cipali, 1 Orang Tewas

NEWS | 44 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE