Logo BeritaSatu

Puan Dinilai Bawa DPR Bantu Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Sabtu, 17 September 2022 | 17:18 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - National Center for Sustainability Reporting (NCSR) Indonesia menilai DPR terus berupaya membantu pemerintah mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs). Apalagi Puan Maharani sebagai Ketua DPR terus memimpin para wakil rakyat bekerja membantu mewujudkan SDGs yang saat ini tengah menjadi perhatian dan agenda dunia.

“DPR memiliki peran yang amat krusial dalam upaya dan langkah-langkah Indonesia menuju pembangunan yang berkelanjutan melalui fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasannya,” kata Expert Panel on ESG & Sustainable Development NCSR Indonesia, Stella Septania Farronikka dalam keterangannya yang diterima, Sabtu (17/9/2022).

Dalam laporan International NGO Forum on Indonesian Development (Infid), diketahui kemajuan SDGs Indonesia yang paling signifikan ditunjukkan melalui pencapaian kesetaraan gender atau SDGs nomor 5 dan pendidikan yang berkualitas atau SDGs nomor 4.

Hasil penelitian ini menemukan nilai pendidikan berkualitas mengalami kemajuan progresif yakni mendapatkan poin 46%, sementara kesetaraan gender di poin 45%.

Menurut Stella, pencapaian dan kemajuan poin SDGs di Indonesia ini tidak terlepas dari alokasi APBN untuk sektor pendidikan yang ditetapkan minimal 20% dan lahirnya berbagai legislasi yang pro kesetaraan gender beberapa tahun belakangan ini. Salah satunya, DPR berhasil merealisasikan terbentuknya payung hukum bagi korban-korban kekerasan seksual lewat UU Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS).

“Di bawah kepemimpinan Puan Maharani, DPR bersama Pemerintah melahirkan UU TPKS yang sudah bertahun-tahun lamanya dinantikan oleh masyarakat,” sebutnya.

Stella lantas memuji Puan yang menegaskan UU TPKS merupakan hadiah bagi perempuan Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia, sekaligus menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia serius terhadap isu kesetaraan gender.

“Termasuk lewat RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak yang kita harapkan dapat segera terbit, jelas komitmen perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu terhadap kesetaraan gender pun sudah bukan rahasia umum dan tidak perlu diragukan lagi,” sebut Stella.

Baca selanjutnya
Temuan Infid berdasarkan riset menggunakan penelitian kualitatif untuk memahami situasi dengan ...


hal 1 dari 3 halaman

Halaman: 123selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Satu Terduga Teroris Diamankan Densus 88 di Sukoharjo

Densus 88 Antiteror Polri berhasil meringkus terduga teroris di wilayah Sukoharjo, Jawa Tengah pada Kamis (1/12/2022).

NEWS | 1 Desember 2022

Revitalisasi, Kawasan M Bloc Space Bakal Jadi Tempat Healing

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menata M Bloc Space di Jakarta Selatan sebagai tempat rekreasi (healing) bagi warga Ibu Kota.

NEWS | 1 Desember 2022

Infografik Kasus Covid-19 di Indonesia pada 21-27 November 2022

Infografik kasus Covid-19 pada 21 sampai 27 November 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

NEWS | 21 November 2022

Menteri Basuki: 183 Investor Malaysia Minati Pembangunan IKN

Basuki Hadimuljono mengungkapkan sekitar 183 investor Malaysia meminati proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

NEWS | 1 Desember 2022

Zulhas Sebut KIB Prioritaskan Airlangga sebagai Capres

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas mengatakan KIB bentukan Golkar, PPP dan PAN memproritaskan Airlangga Hartarto sebagai capres di Pilpres 2024. 

NEWS | 1 Desember 2022

Rumah Tinggal Puing-puing, Korban Gempa Cianjur Selamatkan Harta Tersisa

Memasuki hari ke-13 pasca-gempa Cianjur, warga sudah mulai berani pulang ke rumah. Warga menyelamatkan harta benda yang masih bisa diselamatkan.

NEWS | 1 Desember 2022

Bareskrim: Kasus Tambang Ilegal di Kaltim Naik Penyidikan

Bareskrim Polri telah meningkatkan status kasus tambang ilegal di Kaltim ke tahap penyidikan. Kasus ini bermula dari viralnya video Ismail Bolong. 

NEWS | 1 Desember 2022

Banjir Pati Meluas, Jalur Alternatif ke Grobogan Terendam hingga 1 Meter

Banjir yang terjadi di Pati, Jawa Tengah, Kamis (1/12/2022) pagi meluas dan menyebabkan jalur alternatif Pati-Grobogan terendam hingga 1 meter. 

NEWS | 1 Desember 2022

Ketegangan AS-Tiongkok Berdampak pada Dunia Pendidikan

Kekhawatiran akan keamanan nasional di tengah ketegangan AS-Tiongkok juga bisa berpengaruh pada joint research (penelitian ilmiah bersama).

NEWS | 1 Desember 2022

Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur Diangkut dengan Gerobak

tim relawan terpaksa menggunakan gerobak untuk menyalurkan bantuan logistik kepada korban gempa Cianjur yang berada di wilayah terpencil.

NEWS | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Satu Keluarga Tewas di Kalideres, 28 Saksi Sudah Diperiksa

Satu Keluarga Tewas di Kalideres, 28 Saksi Sudah Diperiksa

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE