Logo BeritaSatu

Profil Partai Buruh yang Targetkan 5,6 Juta Suara di Pemilu 2024

Sabtu, 17 September 2022 | 18:51 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Partai Buruh sebagai salah satu partai politik (parpol) yang dokumen pendaftarannya sebagai calon peserta Pemilu 2024 dinyatakan lengkap.

Saat mendaftar ke KPU, Presiden Partai Buruh, Said Iqbal menyatakan partainya menargetkan meraih 5,6 juta suara di Pemilu 2024. Target itu diyakini bakal tercapai.

Saa ini, saja, katanya, jumlah anggota Partai Buruh sudah mencapai 10 juta orang. Angka itu akan meningkat menjadi sekitar 15 juta orang dengan asumsi seluruh anggota Partai Buruh ditambah keluarganya ikut mencoblos partai dengan warna dasar oranye itu saat Pemilu 2024.

"Targetnya 4% dari suara sah nasional. Kalau kita anggap suara sah nasional adalah yang sama 2019 sekitar 140 juta kali 4%, maka 5,6 juta. Padahal jumlah suara kita 15 juta, itu baru anggota. Kita bisa organisir," ungkap Said usai mendaftarkan Partai Buruh ke Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Jumat (12/9/2022).

Apalagi, lanjut Said Iqbal, ada lima provinsi emas yang menjadi target perolehan suara Partai Buruh, yakni Jawa Barat dengan 3 juta suara, Banten dengan 1 juta suara, Jawa Timur 1 juta suara, DKI Jakarta 750.000 suara dan Kepulauan Riau-Batam 750.000. Dia mengatakan target tersebut merupakan target terukur dan realistis.

Dikutip dari situs partaiburuh.or.id, Sabtu (17/9/2022), Partai Buruh dibentuk dan didirikan lagi oleh para pendiri yang berasal dari empat konfederasi serikat pekerja terbesar dan 50 federasi serikat pekerja tingkat nasional, forum guru, tenaga honorer, organisasi petani, dan nelayan terbesar di Indonesia pada 2021. Said Iqbal sendiri diketahui merupakan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

Ideologi Partai Buruh yakni Pancasila. Partai ini mengacu pada sila kedua dan kelima pada Pancasila yakni kemanusiaan yang adil dan beradab serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Partai ini menganut asas negara sejahtera atau welfare state.

Partai ini memiliki sejumlah platform perjuangan yakni kedaulatan rakyat, lapangan kerja, antikorupsi, jaminan sosial, kedaulatan pangan, upah layak, pajak demi kesejahteraan rakyat, hubungan industrial, perlindungan buruh, serta perlindungan perempuan dan anak muda.

Selain itu lingkungan hidup, masyarakat adat, dan hak asasi manusia; kesejahteraan serta status PNS untuk semua guru dan tenaga honorer; pemberdayaan disabilitas; serta membangun kekuatan BUMN dan koperasi.

Selain Said Iqbal yang menjabat sebagai presiden, kepengurusan Partai Buruh diisi Agus Supriyadi sebagai wakil presiden, Ferri Nuzarli selaku sekretaris jenderal, dan Ketua Majelis Nasional Agus Ruli Ardiansyah. Mereka merupakan beberapa petinggi Partai Buruh yang menjabat untuk periode 2021 sampai 2026.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top News, Wakil Wali Kota Pagar Alam Meninggal dan Kebakaran Gedung Kemenkumham

Berita meninggalnya Wakil Wali Kota Pagaralam, Sumatera Selatan Muhammad Fadli dan kebakaran gedung Kemenkumham paling banyak dibaca.

NEWS | 9 Desember 2022

Soal Motif Bom Bunuh Diri Bandung, Pengamat Singgung ISIS dan KUHP

Pengamat terorisme, Stanislaus Riyanta menyinggung soal ISIS dan KUHP terkait motif Agus Sujatno melakukan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung.

NEWS | 9 Desember 2022

Patahan Cugenang, Pemicu Gempa Cianjur Belum Pernah Teridentifikasi

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, selama ini patahan Cugenang, pemicu gempa Cianjur, Jawa Barat, belum teridentifikasi.

NEWS | 9 Desember 2022

Aksi Bom Bunuh Diri Bukan Bagian dari Amalan Jihad

Aksi bom bunuh diri seperti bom Bandung itu, menurut Sekum DDI KH Suaib Tahir, bukan bagian amalan jihad.

NEWS | 9 Desember 2022

Hendra Kurniawan Bantah Menemui Ferdy Sambo pada 13 Juli

Hendra Kurniawan membantah keterangan mantan staf pribadi Ferdy Sambo yang menyebutnya menemui Ferdy Sambo di ruang Kadiv Propam Polri pada 13 Juli 2022.

NEWS | 8 Desember 2022

Eks Napiter Tegaskan Ekonomi Bukan Motif Bom Bunuh Diri

Pujianto alias Raider Bakiyah, mantan narapidana terorisme (napiter) mengatakan ekonomi bukan motif teroris melakukan bom bunuh diri.

NEWS | 8 Desember 2022

Masyarakat Harus Dibekali Kemampuan Deteksi Dini Ancaman Terorisme

Masyarakat harus bersatu memerangi terorisme. Pemerintah harus mulai membekali masyarakat dengan kemampuan mendeteksi dan pencegahan dini.

NEWS | 8 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Erick Thohir: Jokowi Ingin Festival Budaya

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Presiden Joko Widodo ingin konsep Festival Budaya sehingga dekat dengan rakyat saat menggelar pernikahan Kaesang Pangarep

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Sebut 97 Perusahaan Relokasi Pabrik ke Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut, puluhan perusahaan melakukan relokasi pabrik ke berbagai daerah di Jateng.

NEWS | 8 Desember 2022

Pertukaran Tahanan, Bintang Bola Basket Wanita AS Dibebaskan Rusia

Bintang bola basket wanita AS Brittney Griner dibebaskan dari penjara Rusia, dalam sebuah pertukaran tahanan.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Erick Thohir: Pariwisata Lokal Perlu Ditingkatkan

Erick Thohir: Pariwisata Lokal Perlu Ditingkatkan

EKONOMI | 24 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE