Logo BeritaSatu

Mengenal Sejarah dan Arti Persemakmuran Inggris

Minggu, 18 September 2022 | 01:39 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / HA

Beritasatu.com - Mangkatnya Ratu Elizabeth II pada 8 September lalu menghidupkan kembali wacana di kalangan negara-negara Persemakmuran untuk bertransisi menjadi republik dan tidak lagi menjadikan ratu atau raja Inggris sebagai kepala negara mereka.

Sebagian dari negara-negara Persemakmuran itu adalah bekas koloni Inggris sehingga mempertahankan ikatan dengan monarki di Inggris membuat mereka tidak merasa merdeka sepenuhnya dan selalu dalam bayang-bayang sejarah kelam kolonialisme dan perbudakan.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Persemakmuran?

Menurut situs Britannica.com, Persemakmuran yang juga disebut Persemakmuran Bangsa-Bangsa, sebelumnya Persemakmuran Bangsa-Bangsa Inggris (1931–1949), adalah satu asosiasi bebas negara-negara berdaulat yang terdiri dari Inggris dan sejumlah bekas dependensinya yang telah memilih untuk mempertahankan ikatan persahabatan dan kerja sama praktis dan mengakui raja Inggris sebagai kepala simbolis. Persemakmuran terdiri dari 54 negara, termasuk Inggris Raya.

Namun situs thecommonwealth.org menyebut ada 56 negara-negara merdeka membentuk Persemakmuran di Afrika, Asia, Amerika, Eropa dan Pasifik; ada 32 dari 42 negara bagian kecil di dunia yang merupakan anggota Persemakmuran, masing-masing dengan populasi 1,5 juta atau kurang ada 2,5 miliar jiwa warga tinggal di negara-negara Persemakmuran, dengan lebih dari 60 persen berusia 29 tahun ke bawah.

Sejarah
Britania Raya atau dikenal Inggris Raya mendirikan persemakmuran Inggris pada tahun 1926 dan diresmikan pada tahun 1931. Kanada menjadi anggota pertama Persemakmuran yang bergabung pada tahun 1931.

Berdasarkan World Population Review, Persemakmuran dibangun pada tahun 1926 melalui Deklarasi Balfour pada Konferensi Kekaisaran dan diresmikan oleh Inggris pada tahun 1931.

Persemakmuran modern dibentuk pada tahun 1949 oleh Deklarasi London, yang ditandatangani oleh delapan negara yaitu Inggris, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, India, Pakistan, Ceylon (Sri Lanka), dan Kanada.

Menurut situs resmi kerajaaan Inggris, Persemakmuran Bangsa-Bangsa atau Commonwealth of Nations agak berbeda dengan Alam Persemakmuran (Commonwealth Realm) dalam hal status Ratu/Raja Inggris dalam negara anggota. Di Alam Persemakmuran, setiap anggota wajib mengakui Ratu/Raja Inggris sebagai kepala negara mereka, sedangkan Persemakmuran Bangsa-Bangsa lebih bersifat fleksibel. Alam Persemakmuran adalah negara berdaulat dalam kelompok Persemakmuran Bangsa-Bangsa.

Karena mengakui Ratu/Raja Inggris sebagai kepala negara mereka, anggota Alam Persemakmuran pun memiliki seorang Gubernur Jenderal sebagai perpanjangan tangan Kerajaan Bersatu. Sebelumnya Persemakmuran Bangsa-Bangsa diketuai oleh Ratu Elizabeth II yang menjadi simbol persemakmuran.

Pasang Surut Anggota
Beberapa negara bagian Persemakmuran lantas menjadi independen dan menolak keanggotaan, seperti Burma (Myanmar) pada tahun 1948. Persemakmuran juga dilanda pasang surut oleh beberapa anggota yang memilih untuk mundur dari organisasi, seperti yang dilakukan Irlandia (1949), Afrika Selatan (1961), dan Pakistan (1972), meskipun Afrika Selatan dan Pakistan akhirnya bergabung kembali (yang pertama pada tahun 1994 dan yang terakhir pada tahun 1989).

Pada tahun 1995, Mozambik menjadi negara pertama yang diberikan izin masuk Persemakmuran meskipun tidak pernah menjadi bagian dari Kerajaan Inggris atau di bawah kendali anggota mana pun. Rwanda, yang juga tidak pernah menjadi bagian dari Kerajaan Inggris, bergabung pada 2009.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Update Gempa Cianjur: Jumlah Rumah Rusak 35.601 Unit

Hingga hari ini Sabtu (3/12/2022) total jumlah rumah yang rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat, mencapai 35.601 unit.

NEWS | 3 Desember 2022

BPBD Jabar: Tiga Kecamatan Terdampak Gempa Garut

BPBD Jabar menyatakan, tiga kecamatan di Kabupaten Garut terdampak gempa Garut berkekuatan magnitudo (M) 6,1, Sabtu (3/12/2022) petang.

NEWS | 3 Desember 2022

BMKG Laporkan Ada Gempa Susulan di Kabupaten Garut

BMKG melaporkan, hasil pemantauan adanya satu kali gempa susulan dengan magnitudo M3,3 setelah gempa Garut yang utama.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemkab Usul Perpanjangan Masa Pencarian Korban Gempa Cianjur

Pemkab mengusulkan perpanjangan masa operasi pencarian korban Gempa Cianjur selama tiga hari ke depan.

NEWS | 3 Desember 2022

Lebih Murah Rp 700, Telur Rusak Diminati Warga Bogor

Harga telur yang terus merangkak naik membuat warga Bogor, khususnya ibu rumah tangga, lebih meminati telur rusak daripada yang berkualitas baik.

NEWS | 3 Desember 2022

Ratusan Ribu Jemaat Gereja Tiberias Rayakan Natal di GBK

Perayaan Natal ini dihadiri oleh lebih dari seratus ribu jemaat GTI se-Jabodetabek, dan perwakilan utusan GTI dari seluruh Indonesia.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemkab Bantu Uang Sewa Rumah untuk Korban Gempa Cianjur

Pemkab menyiapkan anggaran sebesar Rp 500.000 per kepala keluarga (kk) korban gempa Cianjur untuk menyewa rumah.

NEWS | 3 Desember 2022

Dinsos DKI Alokasikan Dana Rp 300.000 Per Bulan untuk Disabilitas

Anggaran tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan fisik, mental dan sensorik para disabilitas setiap bulannya

NEWS | 3 Desember 2022

Antisipasi PHK, Wapres Ungkap Jurus dari Pemerintah

Ma'ruf Amin menyebut pemerintah telah menyiapkan program-program padat karya untuk mengantisipasi pemutusan hubungan kerja (PHK) pekerja.

NEWS | 3 Desember 2022

Ini Dua Harapan Moeldoko bagi Panglima TNI Yudo Margono

Moeldoko berharap Panglima TNI Yudo Margono dapat meningkatkan aspek pembinaan dan penggunaan kekuatan TNI terkait profesionalitas dan kesejahteraan.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hantam Amerika, Belanda Melaju ke Perempat Final Piala Dunia 2022

Hantam Amerika, Belanda Melaju ke Perempat Final Piala Dunia 2022

SEMESTA BOLA 2022 | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE