Logo BeritaSatu

Yusril Bertemu Andika Perkasa Bahas Persoalan Hukum di TNI

Minggu, 18 September 2022 | 06:24 WIB
Oleh : WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Mantan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yusril Ihza Mahendra bertemu Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa membahas persoalan hukum di institusi TNI.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu malam (17/9/2022) Panglima TNI Andika Perkasa mengatakan persoalan hukum paling banyak yang dihadapi TNI adalah masalah terkait pertanahan. "Karena secara faktual, TNI menguasai tanah-tanah di berbagai daerah yang sebagian memang belum disertifikatkan baik atas nama TNI maupun Kementerian Pertahanan," kata dia.

Dia menjelaskan sebagian lahan yang sekian lama berada dalam kekuasaan TNI saat ini diakui masyarakat sebagai lahan mereka. Bahkan tidak sedikit lahan-lahan tersebut saat ini dikuasai warga maupun perusahaan swasta dan dijadikan pemukiman atau lahan kegiatan bisnis. Sebaliknya dalam beberapa kasus, putusan pengadilan yang sudah inkracht mengalahkan TNI dalam sengketa tanah berhadapan dengan warga. Namun, eksekusi atas putusan tersebut dalam praktik tidak dapat dilaksanakan.

Yusril Ihza Mahendra yang juga pakar hukum tata negara itu, menyarankan TNI menginventarisasikan lahan-lahan yang diakui milik TNI dan menganalisis satu demi satu keabsahan kepemilikan lahan-lahan tersebut.

Dengan inventarisasi itu, dibuat pemetaan, mana yang bermasalah dan mana yang tidak. Terhadap lahan bermasalah, dapat dilakukan berbagai upaya penyelesaian, baik melalui mediasi maupun menempuh langkah hukum.

"TNI adalah bagian dari rakyat. Karena itu, penyelesaian masalah pertanahan dengan rakyat harus mengedepankan prinsip musyawarah mufakat sebelum menempuh langkah hukum," kata Yusril.

Terkait dengan saran itu, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sepakat bahwa penyelesaian masalah pertanahan dengan masyarakat memerlukan pendekatan bijak dan manusiawi dengan tetap menjunjung tinggi hukum yang berlaku.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Putri Terus Menangis Saat Beberkan Skenario Ferdy Sambo

Putri Candrawathi terus menangis saat membeberkan skenario Ferdy Sambo terkait peristiwa tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 28 November 2022

UMP DKI Naik 5,6% Jadi Rp 4,9 Juta, Ini Penjelasan Disnaker

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menetapkan upah minimum provinsi (UMP) naik 5,6% menjadi sebesar Rp 4,9 juta pada 2023.

NEWS | 28 November 2022

Beda Pandangan, PDSI Dukung RUU Kesehatan Omnibus Law

PDSI memiliki pandangan berbeda dengan organisasi profesi kesehatan lainnya terkait RUU Kesehatan Omnibus Law.

NEWS | 28 November 2022

Jokowi Usulkan Yudo Margono Jadi Calon Panglima TNI

Ketua DPR, Puan Maharani menyatakan, Presiden Jokowi mengusulkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. 

NEWS | 28 November 2022

Respons Jokowi soal Pemimpin Pro Rakyat, Prabowo Tunjuk Rambut Putihnya

Prabowo Subianto merespons ciri-ciri pemimpin pro rakyat yang disampaikan Jokowi. Prabowo pun menunjuk bahwa dia memiliki rambut berwarna putih.

NEWS | 28 November 2022

Tolak Permenaker, Apindo Jabar: Formula UMP 2023 Dipaksakan

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Barat tegas menolak kenaikan upah minimum provinsi (UMP) yang mengacu Permenaker 18/2022.

NEWS | 28 November 2022

Kasus Tambang Ilegal, Bareskrim Jadwalkan Periksa Ismail Bolong Besok

Tim penyidik Dit Tipidter Bareskrim Polri menjadwalkan memeriksa Ismail Bolong Selasa (29/11/2022) terkait kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim).

NEWS | 28 November 2022

Harga Beras Premium di Jayapura Tembus Rp 15.000 Per Kg

Harga beras di Pasar Induk Youtefa, Kota Jayapura, mulai merangkak naik seiring kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

NEWS | 28 November 2022

Polda Metro Jaya Akan Tangkap Kendaraan Tanpa Pelat Nomor

Polda Metro Jaya akan menangkap kendaraan tanpa pelat nomor. Dengan tanpa pelat nomor dan pelat nomor palsu, akan terhindar dari ETLE.

NEWS | 28 November 2022

Jaksa Minta Hakim Tolak Eksepsi Nikita Mirzani

Jaksa penuntut umum meminta majelis hakim PN Serang menolak keberatan atau eksepsi yang diajukan Nikita Mirzani. 

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DPR Bakal Gali 5 Hal Ini kepada Yudo Margono Saat <em>Fit and Proper Test</em>

DPR Bakal Gali 5 Hal Ini kepada Yudo Margono Saat Fit and Proper Test

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE