Logo BeritaSatu

Sanksi Baru, Amerika Serikat Batasi Ekspor Fentanil ke Rusia

Minggu, 18 September 2022 | 16:55 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Amerika Serikat (AS) membatasi ekspor fentanil ke Rusia. Seperti dilaporkan RT, Jumat (16/9/2022), sanksi baru menargetkan pasokan bahan kimia yang "berpotensi berguna" bagi militer negara Rusia.

AS telah memberlakukan sanksi lebih lanjut terhadap Rusia dan sekutunya Belarusia atas konflik di Ukraina, membatasi ekspor berbagai bahan kimia, termasuk fentanil opioid sintetik yang kuat. Langkah itu diumumkan oleh Departemen Perdagangan AS pada Jumat (16/9).

"Menanggapi agresi berkelanjutan Federasi Rusia terhadap Ukraina, Departemen Perdagangan memperluas sanksi yang ada terhadap Rusia dan Belarusia dengan memberlakukan kontrol ekspor baru," kata Biro Industri dan Keamanan departemen itu dalam satu pernyataan.

Pembatasan menargetkan berbagai bahan kimia "tingkat rendah" yang dianggap Washington "berpotensi berguna" untuk "kemampuan produksi" senjata kimia Rusia. Oleh karena itu, bahan kimia tersebut “mungkin berguna” bagi Moskwa untuk mendukung “agresi militernya”, klaim departemen tersebut.

Secara khusus, daftar tersebut mencakup fentanil, opioid sintetik yang kuat, serta turunannya. Bahan kimia ini terutama dikenal sebagai obat terlarang, dan AS sendiri menderita karena penggunaan yang merajalela.

Pada tahun 2021 saja, penggunaan fentanil menyebabkan lebih dari 71.000 kasus kematian overdosis di seluruh AS, menurut statistik resmi.

Rusia telah menghancurkan persediaan persenjataan kimianya, yang diwarisi dari Uni Soviet, dan telah lama menyatakan bahwa mereka tidak memiliki atau berusaha untuk mendapatkannya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Saksi Ungkap Isyarat Hendra Kurniawan Usai Temui Ferdy Sambo

Mantan staf pribadi Ferdy Sambo, Muhammad Rafli mengungkap isyarat Hendra Kurniawan usai bertemu Ferdy Sambo di ruang Kadiv Propam Polri pada malam hari.

NEWS | 8 Desember 2022

Korban Tragedi Kanjuruhan Buat Pengaduan Masyarakat di Bareskrim

Keluarga dan korban tragedi Kanjuruhan, Malang, membuat pengaduan masyarakat (dumas) di Bareskrim Polri. 

NEWS | 8 Desember 2022

Bulan Maret Panen Raya, DPR Minta Bulog Serap Beras Petani Sebanyak-banyaknya

Bulog diminta untuk segera menyiapkan diri saat panen raya akan berlangsung pada bulan Maret mendatang, sehingga Kementan tidak perlu impor beras.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Gempa Sukabumi, Sejumlah Rumah di 3 Desa Alami Kerusakan

Gempa Sukabumi: Sejumlah rumah rusak di tiga desa, yaitu Cibunar, Balekambang, dan Girijaya dengan kategori kerusakan sedang dan ringan.

NEWS | 8 Desember 2022

Menkes Ingatkan Masyarakat Pentingnya Menjaga Kualitas Udara

Menkes mengingatkan bahwa isu polusi udara merupakan permasalahan seluruh masyarakat karena dapat berpengaruh terhadap penyakit pernapasan.

NEWS | 8 Desember 2022

Belajar Dari Pengalaman, Fraksi PKS Wanti-wanti Beras Impor Bisa Membusuk

Bulog sebaiknya fokus melakukan penyerapan dibanding bersuara melakukan impor beras di saat petani akan melakukan panen raya.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Aktivitas Gunung Anak Krakatau Relatif Normal Meski Keluarkan Asap

Aktivitas Gunung Anak Krakatau didominasi kegempaan didominasi vulkanik dan tektonik serta tremor menerus serta sesekali keluar hembusan.

NEWS | 8 Desember 2022

Ikuti China, Hong Kong Longgarkan Karantina dan Tes Covid-19

Pemerintah Hong Kong mengatakan pada Kamis (8/12/2022), bakal melonggarkan kebijakan Covid-19 dengan melonggarkan karantina dan tes cepat.

NEWS | 8 Desember 2022

DPR Pertanyakan Serapan Beras Bulog

Persediaan beras nasional mencapai 8.727.752 ton, stok ini cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir tahun.

EKONOMI | 7 Desember 2022

BNPT Duga Pelaku Bom Polsek Astana Anyar Tak Bekerja Sendiri

BNPT menduga pelaku bom Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, tidak bekerja sendiri saat melancarkan aksi teror tersebut.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BMKG: Patahan Gempa Cianjur Merupakan Patahan Baru

BMKG: Patahan Gempa Cianjur Merupakan Patahan Baru

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE