Logo BeritaSatu

CIA Ungkap Tiongkok Akan Caplok Taiwan pada 2027

Minggu, 18 September 2022 | 17:28 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA) mengungkap rencana Tiongkok untuk mencaplok Taiwan pada tahun 2027. Seperti dilaporkan RT, Jumat (16/9/2022), hal itu diungkapkan Wakil Direktur CIA David Cohen saat wawancara dengan CNN.

Meskipun demikian, Cohen dilaporkan telah mengatakan CIA masih percaya Tiongkok menginginkan reunifikasi damai dengan pulau itu.

Pernyataan Cohen dilaporkan oleh jurnalis CNN Katie Bo Lillis, yang mengatakan bahwa Presiden Xi Jinping tidak mempersiapkan invasi tertentu ke Taiwan, melainkan menginginkan “kemampuan untuk mengambil kendali Taiwan dengan paksa.”

"Dia belum membuat keputusan untuk melakukan itu, tetapi dia telah meminta militernya untuk menempatkan dia pada posisi di mana jika itu yang dia ingin lakukan, dia akan bisa," kata Cohen.

“Masih penilaian [Komunitas Intelijen] secara keseluruhan bahwa kepentingan Xi Jinping di Taiwan adalah untuk mendapatkan kendali melalui cara-cara nonmiliter,” tambahnya.

Beijing telah secara terbuka menyatakan bahwa mereka bermaksud untuk menyatukan kembali Taiwan dengan daratan Tiongkok dengan cara damai. Dalam satu buku putih yang diterbitkan pada bulan Agustus, pemerintah Tiongkok menegaskan komitmen ini untuk cara-cara non-militer, tetapi mencadangkan “opsi untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan.”

Taiwan menolak pendekatan “satu negara, dua sistem” yang ditetapkan dalam buku putih, dengan Taipei menyatakan bahwa hanya rakyat Taiwan yang akan memutuskan masa depan mereka.

Taiwan telah memerintah sendiri sejak pasukan nasionalis yang dipimpin oleh Chiang Kai-shek melarikan diri ke pulau itu pada tahun 1949, setelah mereka kalah perang saudara dari Komunis. Pemerintah AS telah secara resmi mengakui, tetapi tidak mendukung, kedaulatan Tiongkok atas Taiwan sejak tahun 1970-an.

Ketegangan di Selat Taiwan mencapai titik didih bulan lalu, menyusul kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taipei. Dengan Pelosi menjadi anggota partai politik Presiden AS Joe Biden dan berada di urutan kedua dalam garis suksesi kepresidenan, Tiongkok menganggap kunjungan itu sebagai dukungan diam-diam atas kemerdekaan Taiwa.

Tiongkok menanggapi kunjungan Pelosi dengan meluncurkan latihan militer skala besar di sekitar Taiwan. Kapal perang AS menjawab latihan ini dengan berlayar melalui selat, sementara Taiwan mengadakan latihan militernya sendiri.

Pada saat penulisan berita ini, Beijing belum mengomentari klaim tersebut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BPBD Jatim Fasilitasi 2.219 Warga Semeru di Pengungsian

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim Gatot Soebroto menjelaskan ribuan pengungsi  erupsi Semeru tersebut saat ini ditampung di 12 tempat.

NEWS | 5 Desember 2022

7 Jenazah Korban Bus Jatuh ke Jurang di Magetan Dipulangkan ke Semarang

Tujuh jenazah korban bus jatuh ke jurang di Magetan, Jawa Timur dipulangkan ke Semarang, Minggu (4/12/2022) malam.

NEWS | 5 Desember 2022

Kaesang-Erina Menikah, Jokowi Minta Maaf ke Warga Yogya dan Solo

Jokowi memohon maaf jika pernikahan putranya, Kaesang dengan Erina Gundono nantinya menganggu aktivitas warga Yogyakarta dan Sol.

NEWS | 5 Desember 2022

Bahlil Lahadalia: Stabilitas Politik Jadi Kunci Keberhasilan Investasi 2023

Bahlil Lahadalia menekankan langkah pemerintah untuk mencapai target investasi hanya bisa terjadi bila terjadi stabilitas politik dan ekonomi.

NEWS | 4 Desember 2022

2 Orang Terluka Dampak Gempa Garut Sudah Ditangani Tim Medis

Dua orang yang terluka tertimpa material bangunan akibat gempa Garut sudah mendapatkan penanganan medis dengan kondisi mulai membaik

NEWS | 4 Desember 2022

Polda Metro Tetapkan 2 Tersangka Pinjol Ilegal di Manado

Polda Metro Jaya menetapkan dua orang sebagai tersangka dalam kasus pinjaman daring atau pinjaman online/pinjol ilegal di Manado, Sulawesi Utara.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasal Baru Harus Memiliki Kemampuan Diplomasi Tingkat Tinggi

Calon Kasal pengganti Laksamana Yudo Margono harus sosok memiliki kemampuan diploasi tingkat tinggi dan paham tentang geopolitik maritim Indonesia.

NEWS | 4 Desember 2022

Hingga 4 Desember, Cianjur Diguncang 384 Kali Gempa Susulan

BMKG mencatat total gempa susulan di Cianjur hingga 4 Desember 2022 pukul 15.00 WIB mencapai 384 kali.

NEWS | 4 Desember 2022

Rem Blong Diduga Penyebab Bus Masuk Jurang di Magetan

Bus masuk jurang yang menewaskan tujuh orang di Magetan, Jawa Timur, diduga karena rem blong, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Pemkab: Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Cianjur Jadi 8.151 Unit

Jumlah rumah yang rusak berat akibat gempa Cianjur bermagnitudo 5,6 bertambah menjadi 8.151 rumah hingga Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini 4 Favorit Juara Piala Dunia 2022 Menurut Lionel Messi

Ini 4 Favorit Juara Piala Dunia 2022 Menurut Lionel Messi

SEMESTA BOLA 2022 | 18 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE