Logo BeritaSatu

Adian: Tingkat Kepuasan ke Jokowi Lebih Tinggi daripada SBY Usai Kenaikan Harga BBM

Minggu, 18 September 2022 | 20:29 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu menyebut tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih lebih tinggi apabila dibandingkan era Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), khususnya usai kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Hal itu disampaikan Adian dalam rilis nasional survei Indikator Politik Indonesia bertajuk “Kenaikan harga BBM, Pengalihan Subsidi BBM dan Approval Rating Presiden” secara daring, Minggu (18/9/2022).

“Kita menghargai hasil survei. Itu menjadi potret, cerminan bagaimana opini yang berkembang di masyarakat. Tadi dijelaskan tingkat kepuasan publik terakhir 62,6 persen, kalau dibandingkan dengan tingkat kepuasan yang sama periode SBY tahun 2013, masih lebih tinggi Jokowi,” kata Adian Napitupulu.

Ia mengungkapkan berdasarkan temuan SMRC pada 2013, pascakenaikan BBM era SBY, tingkat kepuasan publik mencapai 55,8 persen, sedangkan hasil Lembaga Survei Indonesia (LSI) mencapai sekitar 35 persen.

“Kalau tidak salah ya, tetapi bisa di-cross check itu. Artinya, di periode menjelang akhir masa jabatan, kalau kita bandingkan antara periode SBY dengan Jokowi, di tengah naiknya harga BBM, saya lihat masih lebih tinggi Jokowi (tingkat kepuasannya). Sangat drop apabila dibandingkan head to head seperti itu, masih lebih bagus Jokowi hari ini,” terang Adian.

Meskipun diakuinya, hasil survei Indikator ini dilakukan setelah dua hari kenaikan harga BBM ditetapkan pemerintah. Dengan kata lain, tingkat ketidakpuasan masih sangat tinggi dirasakan oleh masyarakat.

Akan tetapi, menurut Adian, survei itu menjadi bahan pertimbangan buat PDIP dan menjadi masukan yang berharga, khususnya untuk memperbaiki kekurangan dan kelemahan dari kebijakan tersebut.

“Semua bahan survei ini akan menjadi pertimbangan buat kita, akan menjadi masukan yang berharga buat kita semua. Kita belajar untuk melihat kekurangan, kelemahan dan sebagainya yang harapan kita bisa perbaiki di kemudian hari,” kata Adian.

Baca selanjutnya
Adian mengatakan kenaikan harga BBM terjadi bukan pertama kali di Indonesia. ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dokter Rekomendasikan Aturan 60/60 untuk Pengguna Earphone

"Setelah penggunaan earphone selama 60 menit, disarankan melepas gawai dan memberikan jeda untuk telinga beristirahat," jelas dr Budi.

NEWS | 27 November 2022

Survei SMRC: Ganjar Pranowo Jadi Capres Paling Disukai

Survei mutakhir SMRC menunjukkan Ganjar Pranowo menjadi capres paling disukai, sementara Prabowo Subianto paling banyak dikenal oleh publik. 

NEWS | 27 November 2022

Rapimwil PPP, Kader Pekik Ganjar Pranowo Presiden 2024

Kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memekikkan Ganjar Pranowo presiden dalam rapat pimpinan wilayah (rapimwil) PPP Jateng.

NEWS | 27 November 2022

Survei: Sekitar 70 Juta Orang Indonesia Pernah Bayar Uang Damai Saat Ditilang

Survei Indikator Politik Indonesia mengungkapkan ada sekitar 70 juta orang Indonesua yang membayar uang damai ke anggota polisi agar tidak ditilang. 

NEWS | 27 November 2022

Gelar Eco Run Fest 2022, Pertamina Ajak Masyarakat Terapkan Sustainable Living

Melalui Pertamina Eco Run Fest 2022, Pertamina mengajak masyarakat menerapkan sustainable living atau gaya hidup berkelanjutan. 

NEWS | 27 November 2022

KRL Anjlok Lagi di Menteng, Penumpang Turun di Tengah Jalan

KRL dengan nomor KA 5144C yang anjlok di Kampung Bandan Jakarta Utara, anjlok lagi di perlintasan Menteng Jaya Jakarta Pusat saat akan dievakuasi ke Manggarai.

NEWS | 27 November 2022

SMRC: Ganjar Unggul Jauh dari Pesaingnya di Pilpres 2024

Survei SMRC menemukan pada kelompok pemilih yang tahu semua bakal calon presiden (capres), Ganjar Pranowo unggul jauh dari para pesaingnya di Pilpres 2024.

NEWS | 27 November 2022

Survei: Masyarakat Percaya Ada Praktik Setoran di Polri

Indikator Politik Indonesia dalam surveinya menemukan adanya pandangan publik yang percaya adanya praktik setoran dari bawahan ke atasan di Polri. 

NEWS | 27 November 2022

Kasus Teddy Minahasa, Survei: Publik Endus Persaingan Tak Sehat di Polri

Survei Indikator Politik Indonesia menemukan persepsi publik adanya persaingan tidak sehat di internal Polri usai kasus peredaran narkoba Irjen Teddy Minahasa.

NEWS | 27 November 2022

Survei SMRC: Ganjar Pranowo Teratas, Prabowo dan Anies Bersaing

Hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan Ganjar Pranowo meraih dukungan terbanyak sebagai presiden.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dokter Rekomendasikan Aturan 60/60 untuk Pengguna <em>Earphone</em>

Dokter Rekomendasikan Aturan 60/60 untuk Pengguna Earphone

NEWS | 25 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE