Logo BeritaSatu

Kapan Suatu Penyakit Disebut Pandemi dan Endemi? Simak

Senin, 19 September 2022 | 06:03 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Terkendalinya situasi pandemi baik di Indonesia maupun dunia, membuat akhir dari pandemi Covid-19 kini sudah di depan mata. Indonesia kini bersiap transisi menuju ke tahap endemi.

Namun tahukah Anda perbedaan antara pandemi dan endemi serta apa saja dampaknya terhadap masyarakat? Keduanya merupakan kondisi berbeda dan membutuhkan perhatian berbeda pula.

Advertisement

Sejak kemunculan Covid-19, masyarakat diperkenalkan dengan berbagai bahasa untuk memahami virus, termasuk istilah pandemi dan endemi. Pandemi dan endemi itu merupakan istilah dalam ilmu epidemiologi yang membahas tentang penyebaran penyakit menular.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), dikutip Senin (19/9/2022), pandemi dan endemi dibedakan berdasarkan tingkat penyebaran penyakit, bukan pada tingkat keparahan penyakit.

Pandemi
Berdasarkan WHO, pandemi adalah penyakit yang penambahan kasusnya berkembang secara eksponensial dan menyebar ke hampir seluruh negara atau benua. Artinya, kasusnya terus meningkat. Kasus hariannya selalu lebih tinggi dari hari sebelumnya.

Pandemi merupakan wabah yang berjangkit serempak terjadi di mana-mana meliputi daerah geografi yang luas. Virus sudah menyerang banyak negara dan populasi luas. Penyakit pemicu pandemi sudah menjadi masalah bersama di seluruh dunia.

Kondisi tersebut memungkinkan transmisi cepat dari orang ke orang. Selain Covid-19, sejumlah penyakit yang pernah dikategorikan sebagai pandemi adalah influenza, HIV, sindrom pernafasan, flu babi dan Covid-19.

Endemi
Endemi adalah kondisi penyakit mewabah, tetapi hanya terbatas di area tertentu. Perbedaan pandemi dengan endemi adalah luasnya wilayah. Contoh endemi adalah penyakit malaria menjadi endemi hanya di sebuah negara saja seperti di Afrika, atau demam berdarah dengue (DBD) menjadi endemi di Papua.

Namun perlu menjadi perhatian bahwa status endemi dapat berkembang menjadi status pandemi. Sebaliknya, status pandemi suatu penyakit juga bisa berubah menjadi endemi, tergantung tingkat penyebaran penyakit dari waktu ke waktu.

Status pandemi bisa berubah menjadi endemi ketika cukup banyak orang yang mendapatkan perlindungan kekebalan dari vaksinasi atau infeksi alami. Dengan begitu, penularan penyakit akan berkurang serta lebih sedikit kasus rawat inap dan kematian akibat penyakit tersebut, bahkan ketika virus masih terus beredar.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Oknum Pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang Oplos Beras Pemerintah

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo mengtakan, oknum pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) diduga mengoplos beras.

NEWS | 5 Februari 2023

BMKG: Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi di Sulut hingga Senin 6 Februari

BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang tinggi di sejumlah perairan di Sulut (Sulawesi Utara) hingga Senin (6/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

Tahun Ini Pemprov Bali Tambah 469 Titik Wi-Fi Gratis

Pemprov Bali menambah 469 titik Wi-Fi gratis tahun 2023 untuk mendukung perkembangan teknologi informasi, terutama dalam menghadirkan layanan publik.

NEWS | 5 Februari 2023

KKP Hentikan Dua Proyek Reklamasi di Kepri

KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) menghentikan dua proyek reklamasi di Kepri (Kepulauan Riau) milik PT BSSTEC dan PT MPP, Jumat (3/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

Polres Bandara Ngurah Rai Tahan Pramuantar yang Curi Uang Wisatawan

Polres Bandara Gusti Ngurah Rai menahan seorang pramuantar sebuah maskapai penerbangan karena mencuri uang dalam bagasi penumpang wisatawan.

NEWS | 5 Februari 2023

Perawat Gunting Jari Bayi di RS Palembang, Polisi Lakukan Penyelidikan

Kasus seorang perawat yang diduga menggunting jari kelingking bayi yang sedang dirawat di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang diselidiki kepolisian.

NEWS | 4 Februari 2023

Bupati Minta Kasus Penembakan Balon DPD RI Diungkap Tuntas

Bupati Kaur Lismidianto meminta aparat kepolisian mengungkap tuntas kasus penembakan terhadap adiknya Rahiman Dani.

NEWS | 4 Februari 2023

Jaga Lingkungan, Ganjar Adaptasi Go Green di Perencanaan Pembangunan 2023

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengadaptasi konsep go green dalam perencanaan pembangunan Jateng tahun 2023.

NEWS | 5 Februari 2023

Ganjar Pranowo Akan Kembali Naikkan Nominal Bantuan KJS

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo berencana menaikkan nominal bantuan KJS di provinsinya.

NEWS | 4 Februari 2023

Rusia-Ukraina Lakukan Pertukaran Puluhan Prajurit Tahanan

Puluhan tawanan perang Rusia dan Ukraina telah kembali ke Tanah Air mereka setelah pertukaran tahanan, kata pejabat di kedua belah pihak, Sabtu (4/2/2023).

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Polres Bandara Ngurah Rai Tahan Pramuantar yang Curi Uang Wisatawan

Polres Bandara Ngurah Rai Tahan Pramuantar yang Curi Uang Wisatawan

NEWS | 34 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE