Logo BeritaSatu

Kapan Suatu Penyakit Disebut Pandemi dan Endemi? Simak

Senin, 19 September 2022 | 06:03 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Terkendalinya situasi pandemi baik di Indonesia maupun dunia, membuat akhir dari pandemi Covid-19 kini sudah di depan mata. Indonesia kini bersiap transisi menuju ke tahap endemi.

Namun tahukah Anda perbedaan antara pandemi dan endemi serta apa saja dampaknya terhadap masyarakat? Keduanya merupakan kondisi berbeda dan membutuhkan perhatian berbeda pula.

Sejak kemunculan Covid-19, masyarakat diperkenalkan dengan berbagai bahasa untuk memahami virus, termasuk istilah pandemi dan endemi. Pandemi dan endemi itu merupakan istilah dalam ilmu epidemiologi yang membahas tentang penyebaran penyakit menular.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), dikutip Senin (19/9/2022), pandemi dan endemi dibedakan berdasarkan tingkat penyebaran penyakit, bukan pada tingkat keparahan penyakit.

Pandemi
Berdasarkan WHO, pandemi adalah penyakit yang penambahan kasusnya berkembang secara eksponensial dan menyebar ke hampir seluruh negara atau benua. Artinya, kasusnya terus meningkat. Kasus hariannya selalu lebih tinggi dari hari sebelumnya.

Pandemi merupakan wabah yang berjangkit serempak terjadi di mana-mana meliputi daerah geografi yang luas. Virus sudah menyerang banyak negara dan populasi luas. Penyakit pemicu pandemi sudah menjadi masalah bersama di seluruh dunia.

Kondisi tersebut memungkinkan transmisi cepat dari orang ke orang. Selain Covid-19, sejumlah penyakit yang pernah dikategorikan sebagai pandemi adalah influenza, HIV, sindrom pernafasan, flu babi dan Covid-19.

Endemi
Endemi adalah kondisi penyakit mewabah, tetapi hanya terbatas di area tertentu. Perbedaan pandemi dengan endemi adalah luasnya wilayah. Contoh endemi adalah penyakit malaria menjadi endemi hanya di sebuah negara saja seperti di Afrika, atau demam berdarah dengue (DBD) menjadi endemi di Papua.

Namun perlu menjadi perhatian bahwa status endemi dapat berkembang menjadi status pandemi. Sebaliknya, status pandemi suatu penyakit juga bisa berubah menjadi endemi, tergantung tingkat penyebaran penyakit dari waktu ke waktu.

Status pandemi bisa berubah menjadi endemi ketika cukup banyak orang yang mendapatkan perlindungan kekebalan dari vaksinasi atau infeksi alami. Dengan begitu, penularan penyakit akan berkurang serta lebih sedikit kasus rawat inap dan kematian akibat penyakit tersebut, bahkan ketika virus masih terus beredar.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ferdy Sambo Bilang ke Bharada E soal Brigadir J Harus Mati

Bharada E mengungkapkan momen Ferdy Sambo menyatakan kepadanya Brigadir J harus mati karena telah melecehkan Putri Candrawathi. 

NEWS | 30 November 2022

Ada Sosok Perempuan Menangis di Momen Sambo dan Putri Bertengkar

Ada sosok perempuan misterius yang menangis ketika Ferdy Sambo dan Putri bertengkar. Bharada E mengaku tidak mengenali perempuan misterius itu.

NEWS | 30 November 2022

Pemilu 2024, Mardani PKS Usul Hak Pilih ASN Dihapus

Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera mengusulkan hak pilih ASN di Pemilu 2024 dihapus baik untuk pilpres, maupun pilkada. 

NEWS | 30 November 2022

Penunjukan Yudo Margono Jadi Panglima TNI Dinilai Sudah Tepat

Ketua Umum DPP Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas mengatakan penunjukan Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI sudah tepat. 

NEWS | 30 November 2022

Polisi Luruskan soal Mantra di Rumah Keluarga Tewas di Kalideres

Polda Metro Jaya meluruskan soal mantra yang ditemukan di rumah satu keluarga tewas di Kalideres. Mantra tersebut bukan ditulis di buku, melainkan di kain.

NEWS | 30 November 2022

Takut Mobilnya Disenggol Motor, Ferdy Sambo Marahi Bharada E

Bharada E pernah dimarahi Ferdy Sambo selama menjadi sopir mantan Kadiv Propam Polri itu. Ferdy Sambo memarahi Bharada E karena takut mobilnya disenggol motor.

NEWS | 30 November 2022

Profil Yudo Margono, Anak Petani yang Jadi Calon Panglima TNI

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono ditunjuk Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI. Begini profil Yudo Margono yang merupakan anak petani. 

NEWS | 30 November 2022

Paus Doakan Korban Gempa Cianjur, Ridwan Kamil: Hatur Nuhun

Paus Fransiskus mendoakan korban gempa Cianjur. Atas doa Paus Fransiskus, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan hatur nuhun.

NEWS | 30 November 2022

Serangan Gelombang Dingin di Xinjiang Tewaskan Tujuh Jiwa

Gelombang dingin di Daerah Otonomi Xinjiang telah menewaskan tujuh orang, menurut situs berita Tiongkok yang mengutip otoritas setempat, Rabu (30/11/2022).

NEWS | 30 November 2022

Bharada E Beberkan Ferdy Sambo dan Putri Pisah Rumah

Di persidangan perkara dugaan pembunuhan berencana Brigadir J, Bharada E membeberkan soal Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi pisah rumah. 

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BI Waspadai Penguatan Dolar karena Akan Ganggu Ekonomi

BI Waspadai Penguatan Dolar karena Akan Ganggu Ekonomi

EKONOMI | 35 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE