Logo BeritaSatu

Aula Westminster Ditutup, Persiapan Pemindahan Peti Mati Ratu Dimulai

Senin, 19 September 2022 | 15:11 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

London, Beritasatu.com – Pintu aula gedung parlemen di Westminster Abbey tempat peti mati Ratu Elizabeth II ditempatkan akhirnya ditutup pada Senin (19/9/2022) pukul 6:30 pagi untuk mempersiapkan pemindahan peti mati melewati Parliament Square ke Westminster Abbey.

Peti mati terbungkus bendera ratu telah diletakkan di gedung parlemen Westminster Hall sejak Rabu. Ratusan ribu diperkirakan telah datang untuk memberikan penghormatan.

Anggota masyarakat terakhir yang melewati aula adalah Chrissy Heerey, anggota Angkatan Udara Kerajaan.

"Rasanya luar biasa," katanya kepada AFP. "Ketika mereka mendatangi saya dan berkata, 'benar, Anda orang terakhir', saya berkata, benarkah?

Heerey, dari Melton Mowbray dekat Leicester di Inggris tengah, telah mengantre sepanjang malam tetapi juga bergabung dengan kerumunan untuk prosesi.

"Hari yang panjang tapi sangat berharga. Tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan apa yang telah dilakukan ratu untuk negara," tambahnya.

Setelah pemakaman, peti mati akan dibawa dengan kereta dalam prosesi melewati Istana Buckingham menuju ke mobil jenazah, untuk dipindahkan ke Kastil Windsor.

Sementara itu, kerumunan besar massa berkumpul di pusat Kota London, Inggris sejak semalam hingga Senin pagi waktu setempat untuk mencari posisi terbaik menyaksikan pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey.

Saat fajar menyingsing di atas Sungai Thames, aliran massa mengalir keluar dari stasiun bawah tanah menuju ke Parliament Square.

Tapi banyak juga yang sudah ada di sana, berkemah di kantong tidur di belakang pagar besi di sepanjang distrik pemerintahan Whitehall, tempat prosesi pemakaman akan lewat.

"Itu bagian dari sejarah," kata Bethany Beardmore, 26, seorang akuntan yang saudaranya adalah Pengawal Grenadier dan bagian dari upacara.

"Mungkin, tidak akan ada lagi dalam hidupku, ratu yang lain."

Beardmore tiba pada pukul 9:00 malam pada hari Minggu, didorong oleh terlalu banyak gula dan kafein, yang membuatnya tidak tidur dalam cuaca dingin.

"Semua orang sedang mengobrol," katanya, saat tepuk tangan sporadis dari kerumunan pecah ketika sekelompok personel polisi dan militer lewat.

Baca selanjutnya
Mantan tentara Jamie Page (41), bertugas di Perang Irak dan naik ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: AFP

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gempa 6,4 M Guncang Kabupaten Garut

Gempa berkekuatan 6,4 M mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2022) pada pukul 16.49 WIB.

NEWS | 3 Desember 2022

Polisi Rekayasa Lalu Lintas di Lokasi Gempa Cianjur

Polisi memberlakukan lalu lintas satu arah untuk mengantisipasi kemacetan di lokasi episentrum gempa Cianjur di Kecamatan Cugenang, Jalan Raya Cianjur-Puncak.

NEWS | 3 Desember 2022

Sosok Inspiratif Bidang Kesehatan Tampil di HUT Ke-65 Astra

Mengusung tema "Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama", HUT ke-65 Astra ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat berbagi semangat positif dan optimisme. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Ratusan Korban Banjir Pati Mulai Terserang Penyakit

Ratusan korban banjir pati mulai terserang penyakit. Tim Dokkes Polres Pati bersama Puskesmas Tambakromo pun membuka pengobatan gratis. 

NEWS | 3 Desember 2022

Cerita Petani Jamur Bisa Bikin Wisata Edukasi Berkat Ganjar, Kok Bisa?

Setelah tempat usahanya di Kecamatan Borobudur, Magelang didatangi Gubernur Ganjar Pranowo. Usahanya semakin laris dan dikunjungi hingga 1000-an orang.

NEWS | 2 Desember 2022

Ketua Umum IDI: Vaksinasi Upaya Pencegahan Penyakit Menular

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi menyatakan, kasus polio di Aceh menjadi pelajaran semua pihak bahwa vaksinasi merupaya upaya pencegahan penyakit menular.

NEWS | 3 Desember 2022

Siapkan SDM Unggul, Jokowi Minta Guru Perhatikan 3 Hal Ini

Dalam sambutan di HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022, Presiden Jokowi meminta para guru memperhatikan tiga hal dalam menyiapkan SDM unggul. 

NEWS | 3 Desember 2022

Lukisan Karya Anak Disabilitas di Bus Transjakarta Buat Orang Tua Bangga

Guru dan para orang tua bangga karena anak-anak disabilitas sudah tuntas melukis di badan bus Transjakarta pada Hari Disabilitas Internasional.

NEWS | 3 Desember 2022

Polda Sulsel Klarifikasi Video Viral Polisi Bongkar Kebobrokan Polri

Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) mengklarifikasi video viral soal pengakuan seorang polisi Tana Toraja, Aipda Aksan yang membongkar kebobrokan institusi Polri.

NEWS | 3 Desember 2022

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Dua pekan setelah gempa Cianjur pada 21 November lalu jumlah pengungsi yang tinggal di tenda-tenda pengungsian terus berkurang.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Foto Ronaldo Masih Masuk Kalender Resmi MU 2023

Foto Ronaldo Masih Masuk Kalender Resmi MU 2023

BOLA | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE