Logo BeritaSatu

Uni Eropa Pangkas Dana Hungaria Akibat Korupsi

Senin, 19 September 2022 | 16:41 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Brussels, Beritasatu.com- Uni Eropa (UE) memangkas dana US$7,5 miliar (Rp 112 triliun) untuk Hungaria karena korupsi. Seperti dilaporkan RT, Minggu (18/9/2022), UE akan memutuskan penangguhan pendanaan untuk Hungaria atas tuduhan merusak demokrasi.

Kasus korupsi Hungaria adalah kasus pertama dalam blok 27 negara di bawah sanksi baru yang dimaksudkan untuk lebih melindungi supremasi hukum.

Hubungan antara UE dan Hungaria telah semakin rapuh selama berbulan-bulan karena Brussel mencurigai bahwa pemerintah nasionalis Perdana Menteri Viktor Orban meremehkan aturan hukum dan menggunakan uang UE untuk memperkaya kroni-kroninya.

Dua tahun lalu, UE memperkenalkan sanksi keuangan baru sebagai tanggapan atas apa yang dikatakannya merusak demokrasi di Polandia dan Hungaria.

Selama lebih dari satu dekade berkuasa, Orban menaklukkan pengadilan, media, LSM dan akademisi, serta membatasi hak-hak migran, dan perempuan.

“Ini tentang pelanggaran aturan hukum yang mengkompromikan penggunaan dan pengelolaan dana UE. Kami tidak dapat menyimpulkan bahwa anggaran UE cukup terlindungi,” kata Komisaris Anggaran UE Johannes Hahn.

Hahn menyoroti ketidakberesan sistemik dalam undang-undang pengadaan publik Hungaria, perlindungan yang tidak memadai terhadap konflik kepentingan, kelemahan dalam penuntutan yang efektif dan kekurangan dalam tindakan anti-korupsi lainnya.

Hahn mengatakan Komisi merekomendasikan penangguhan sekitar sepertiga dana kohesi yang direncanakan untuk Hongaria dari anggaran bersama blok itu untuk 2021-27 senilai total 1,1 triliun euro (Rp 16.458 triliun).

Sejumlah 7,5 miliar euro yang dipermasalahkan berjumlah 5 persen dari perkiraan produk domestik bruto (PDB) 2022 negara itu. Negara-negara UE sekarang memiliki waktu hingga tiga bulan untuk memutuskan proposal tersebut.

Hahn mengatakan janji terbaru Hungaria untuk mengatasi kritik UE adalah langkah signifikan ke arah yang benar. Namun janji itu masih harus diterjemahkan ke dalam undang-undang baru dan tindakan praktis sebelum blok tersebut diyakinkan.

Menteri Pembangunan Hungaria Tibor Navracsics, yang bertanggung jawab atas negosiasi dengan UE, mengatakan Hungaria akan memenuhi semua 17 komitmennya yang dibuat kepada Komisi Eropa untuk mencegah hilangnya dana UE.

“Hungaria tidak membuat komitmen untuk membingungkan Komisi. Kami telah membuat komitmen yang kami tahu dapat diimplementasikan. Oleh karena itu, kami tidak akan menghadapi kerugian dana,” kata Navracsics dalam konferensi pers.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penyaluran Bantuan Dana Bansos Terus Dipantau

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat menegaskan penyaluran dana BLT BBM, BPNT/Sembako dan PKH terus dipantau tiap hari.

NEWS | 30 November 2022

Bupati: Pencarian Korban Gempa Cianjur Diperpanjang 3 Hari

Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman mengatakan, proses pencarian korban gempa Cianjur diperpanjang tiga hari.

NEWS | 30 November 2022

MK Tambahkan Syarat Baru Ini Bagi Caleg Mantan Terpidana di Pemilu

Mahkamah Konstitusi atau MK menambahkan syarat baru bagi caleg mantan terpidana termasuk terpidana kasus korupsi yang akan ikut menjadi Pemilu 2024.

NEWS | 30 November 2022

Naik Helikopter, Lesti Kejora dan Rizky Billar Kunjungi Korban Gempa Cianjur

Pasangan artis Lesti Kejora dan Rizky Billar mengunjungi para korban gempa di daerah kelahirannya Cianjur dengan helikopter.

NEWS | 30 November 2022

Setelah Tembak Brigadir J, Bharada E Mimpi Buruk Selama 3 Pekan

Bharada E mengalami mimpi buruk selama tiga pekan setelah menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 30 November 2022

Bharada E: Brigadir J Selalu Dampingi Putri Candrawathi

Bharada E menyebut, Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, selalu mendampingi Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo.

NEWS | 30 November 2022

Sebelum Dihabisi, Leher Brigadir J Sempat Dicengkeram Ferdy Sambo

Ferdy Sambo sempat mencengkeram leher Brigadir J sebelum memerintahkannya untuk menembak.

NEWS | 30 November 2022

Polda Metro Jaya Kirim 48 Polwan untuk Atasi Stres Korban Gempa Cianjur

Polda Metro Jaya mengirim 48 polwan untuk membantu mengatasi stres korban gempa Cianjur, Jawa Timur.

NEWS | 30 November 2022

Tiongkok Berduka, Pemimpin yang Bawa ke Era Transformasi Wafat

Mantan pemimpin Tiongkok Jiang Zemin, yang memimpin negara melalui era transformasi dari akhir 1980-an dan memasuki milenium baru, wafat.

NEWS | 30 November 2022

Ribuan Ikan di Sekitar Pantai Mutiara Jakut Berhamburan ke Tepi Pantai

Sebuah video yang memperlihatkan ribuan ikan menepi ke daratan di sekitar Pantai Mutiara, Jakarta Utara, beredar di media sosial (medsos).

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penyaluran Bantuan Dana Bansos Terus Dipantau

Penyaluran Bantuan Dana Bansos Terus Dipantau

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE