Logo BeritaSatu

Sebagai Putri Wales, Kate Jamu Ibu Negara Ukraina

Senin, 19 September 2022 | 18:54 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

London, Beritasatu.com- Putri Wales Kate melakukan tugas solo pertamanya di bawah gelar barunya di Istana Buckingham pada Minggu (18/9/2022) saat beraudiensi dengan Ibu Negara Ukraina, Olena Zelenska.

Kate diangkat menjadi Putri Wales oleh ayah mertuanya Raja Charles III setelah kematian Ratu Elizabeth II pada 8 September, ketika raja baru secara resmi mengangkat putranya, William sebagai Pangeran Wales yakni gelar yang pernah dipegang Charles lebih dari lima puluh tahun.

Kate adalah anggota kerajaan pertama yang menggunakan gelar Putri Wales sejak mendiang ibu mertuanya Putri Diana yang meninggal 25 tahun lalu tahun ini.

Raja Charles III menjelaskan dalam pidato pertamanya kepada bangsa betapa dia menghargai putra dan menantunya dan peran penting yang akan mereka mainkan dalam pemerintahannya pada tahun-tahun mendatang.

"Hari ini, saya bangga menciptakan [William] Prince of Wales, Tywysog Cymru, negara yang gelarnya sangat saya sanjung selama hidup dan tugas saya," katanya sehari setelah kematian ratu.

"Dengan Catherine di sampingnya, Pangeran dan Putri Wales kita yang baru, saya tahu, akan terus menginspirasi dan memimpin diplomasi nasional kita, membantu membawa kaum marginal ke titik pusat di mana bantuan vital dapat diberikan,” tambahnya.

Sebagai Putri Wales, Kate sekarang adalah anggota wanita paling senior dari keluarga kerajaan setelah Ratu Camilla. Oleh karena itu, dia akan mengambil bagian yang lebih besar dari tugas kerajaan.

Tugas pertama yang dilakukan Kate dalam kapasitas solo, berlangsung pada hari Minggu di Istana Buckingham, tempatnya secara resmi menerima Ibu Negara Ukraina, Olena Zelenska.

Zelenska berada di London sebagai perwakilan negaranya pada pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II. London dianggap terlalu berbahaya bagi presiden, Volodymyr Zelensky, untuk bepergian sendiri, karena Ukraina terus berjuang melawan invasi dari pasukan Rusia.

oto-foto yang dirilis dari pertemuan antara sang putri dan ibu negara, menunjukkan kedua wanita berpakaian hitam berkabung duduk di sebuah ruangan di Istana Buckingham berhadap-hadapan.

Ini bukan pertama kalinya kedua wanita itu bertemu. Pada tahun 2020, Zelenska dan suaminya diterima di istana oleh Kate dan William atas nama ratu.

Pasangan presiden itu mengunjungi Inggris sebagai bagian dari tur Eropa yang lebih luas untuk bertemu dengan para pemimpin guna membahas ketegangan yang meningkat antara Ukraina dan Rusia.

Beberapa hari setelah pertemuan mereka, Zelensky bertemu dengan Perdana Menteri Inggris saat itu Boris Johnson dan Menteri Luar Negeri saat itu Dominic Raab di mana diumumkan bahwa Inggris akan memberikan 5 juta pound sterling bantuan kemanusiaan untuk Ukraina.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Densus 88 Antiteror Gerak Cepat Investigasi Teror Bom Bandung

Densus 88 Antiteror Polri sedang menginvestigasi aksi teror bom Bandung di halaman Mapolsek Astana Anyar, Rabu (7/12/2022).

NEWS | 7 Desember 2022

Teror Bom Bandung, Pelaku Terobos Barisan Apel Polisi

Pelaku teror bom Bandung atau tepatnya di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, menerobos barisan apel polisi.

NEWS | 7 Desember 2022

Pedagang Angkringan Dapat Undangan Pernikahan Kaesang dan Erina

Seorang pedagang angkringan di Solo mendapatkan undangan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

NEWS | 7 Desember 2022

Gempa M 6,2 Tak Timbulkan Kerusakan Signifikan di Jember

Gempa dengan magnitudo 6,2 yang terjadi pada Selasa (6/12/2022) siang tidak menimbulkan kerusakan signifikan di wilayah Kabupaten Jember.

NEWS | 7 Desember 2022

Seorang Pria Diduga Jadi Pelaku Dugaan Bom Bunuh Diri Bandung

Dari berbagai foto yang beredar terlihat seorang pria tertelungkup dengan kondisi bagian punggung yang hancur. Terlihat pula potongan satu kaki yang terlempar.

NEWS | 7 Desember 2022

Kabar Meninggal Lord Rangga Jadi Trending Topics di Twitter

Berita meninggalnya Edi Raharjo alias Lord Rangga yang tenar berkat klaim kerajaan Sunda Empire langsung jadi trending topics di media sosial Twitter.

NEWS | 7 Desember 2022

Ledakan di Polsek Astana Anyar Bandung, Polri: Dugaan Bom Bunuh Diri

Polri menduga kuat bahwa ledakan di Mapolsek Astana Anyar Polrestabes Bandung karena bom bunuh diri.

NEWS | 7 Desember 2022

Polri Benarkan Adanya Ledakan Bom di Polsek Astana Anyar Bandung

Ledakan hebat diduga bom bunuh diri di halaman Mapolsek Astana Anyar Polrestabes Bandung Jalan Astana Anyar Nomor 340, Kota Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022

Ini Kronologi Ledakan Bom Bandung di Polsek Astana Anyar

Bom bunuh diri terjadi di Polsek Astana Anyar Bandung, menurut Kapolrestabes Bandung, Kombes pol Aswin Sipayung ledakan dilakukan pada pukul 08.20 WIB.

NEWS | 7 Desember 2022

Ledakan di Bandung Diduga Bom Bunuh Diri

Bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung, Hingga kini polisi masih menyelidiki dan mengamankan area lokasi ledakan diduga bom tersebut.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dubes AS: UU KUHP Bisa Berdampak Negatif ke Investasi

Dubes AS: UU KUHP Bisa Berdampak Negatif ke Investasi

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE