Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Simpati Besar Rakyat Inggris, Raja Charles Mengaku Sangat Tersentuh

Senin, 19 September 2022 | 20:40 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Satu kelompok pengawal Grenadier Batalyon 1 membawa peti mati Ratu Elizabeth II di Istana Westminster, London, pada Senin 19 September 2022.

London, Beritasatu.com- Raja Charles III mengaku sangat tersentuh dengan simpati besar rakyat Inggris. Seperti dilaporkan Newsweek, Senin (19/9/2022), Raja Charles tak mengira curahan besar dukungan setelah kematian Ratu Elizabeth II.

"Saat kita semua bersiap untuk mengucapkan selamat tinggal terakhir kita, saya hanya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang tak terhitung jumlahnya yang telah memberikan dukungan dan penghiburan bagi Keluarga saya dan saya sendiri di saat kesedihan ini,” tuturnya.

Para pemimpin dunia termasuk Presiden Joe Biden dan bangsawan luar negeri akan bergabung dengan anggota keluarga kerajaan untuk apa yang diharapkan menjadi acara terbesar bagi polisi yang pernah diselenggarakan oleh Inggris.

Sekitar 500 pejabat dari seluruh dunia telah melakukan perjalanan untuk acara yang berkabung, sementara ratusan ribu diperkirakan akan berbaris di jalan-jalan untuk perjalanan terakhir ratu Elizabeth.

"Selama sepuluh hari terakhir, saya dan istri saya sangat tersentuh oleh banyak pesan belasungkawa dan dukungan yang kami terima dari negara ini dan di seluruh dunia,” ujar Charles.

Raja baru berusaha meyakinkan negara yang berduka pada jam 10 malam. Waktu London pada tanggal 18 September, malam sebelum dia akan membaringkan jenazah ibunya untuk beristirahat di Kapel St. George, Kastil Windsor, tempat orang tuanya, Raja George VI dan Ratu Elizabeth Ibu Suri, dan saudara perempuan Putri Margaret dikebumikan.

"Di London, Edinburgh, Hillsborough, dan Cardiff, kami sangat tersentuh oleh semua orang yang bersusah payah datang dan memberikan penghormatan mereka kepada jasa seumur hidup ibu saya tersayang, mendiang Ratu,” tambahnya.

Hari itu dimulai ketika anggota terakhir dari masyarakat diizinkan masuk ke Westminster Hall untuk melihat ratu berbaring di negara bagian pada pukul 6.30 waktu London, pada Senin, 19 September.

Pada pukul 10.44 waktu London, peti mati Elizabeth akan dipindahkan ke Westminster Abbey di belakang kereta meriam Angkatan Laut Kerajaan, Mahkota Negara Kekaisaran, Orb dan Tongkat Kerajaan akan diletakkan di atas dan di bawahnya, standar kerajaan.

Mengikuti di belakang peti adalah raja dan keluarganya, termasuk putranya Pangeran Harry dan Pangeran William, serta anak-anak Elizabeth lainnya, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward.

Rombongan akan tiba di biara delapan menit kemudian, di mana pembawa selubung dari Pengawal Grenadier Batalyon 1 Pengaal Ratu akan mengangkat peti mati dan membawanya di pundak mereka.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI