Logo BeritaSatu

Presiden Iran Anggap Biden dan Trump Sama Saja

Senin, 19 September 2022 | 21:32 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Teheran, Beritasatu.com- Presiden Iran Ebrahim Raisi menganggap Joe Biden dan Donald Trump sama saja sebagai kepala negara Amerika Serikat (AS). Seperti dilaporkan RT, Minggu (18/9/2022), Raisi mengaku tidak tertarik untuk bertemu dengan Joe Biden.

Raisi tidak percaya bahwa percakapan tatap muka dengan Presiden Biden di sela-sela Sidang Umum PBB di New York akan bermanfaat bagi negaranya atau dapat membantu menghidupkan kembali kesepakatan nuklir penting tahun 2015.

"Saya tidak berpikir bahwa pertemuan seperti itu akan terjadi ... Saya tidak percaya mengadakan pertemuan atau berbicara dengannya akan bermanfaat," kata Raisi kepada reporter CBS Lesley Stahl dalam wawancara 60 Minutes yang akan ditayangkan pada Minggu.

Baik Raisi dan Biden akan berpidato di PBB minggu depan, tetapi pertemuan antara kedua pemimpin tidak pernah secara resmi menjadi agenda.

Ditanya apakah akan ikut jika melihat perbedaan antara pemerintahan Biden dan pendahulunya Donald Trump, Raisi mencatat bahwa dari sudut pandang Teheran tidak ada perbedaan, terutama dalam hal kesepakatan nuklir yang secara resmi dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA).

"Pemerintahan baru di AS, mereka mengklaim bahwa mereka berbeda dari pemerintahan Trump. Tetapi kami belum menyaksikan perubahan apa pun dalam kenyataan," kata pemimpin Iran itu.

Kesepakatan nuklir awal yang ditandatangani pada tahun 2015 oleh Iran, AS, Inggris, Prancis, dan Jerman serta Rusia, Tiongkok, dan Uni Eropa, membuat Teheran menyetujui pembatasan tertentu pada industri nuklirnya dengan imbalan pelonggaran sanksi ekonomi dan insentif lainnya.

Namun, pada tahun 2018, perjanjian itu ditorpedo oleh AS di bawah Presiden Donald Trump saat itu, yang secara sepihak menarik diri darinya, dengan mengatakan itu secara fundamental cacat, dan menerapkan kembali sanksi terhadap Teheran. Akibatnya, Iran mulai secara bertahap mengurangi beberapa komitmennya berdasarkan perjanjian tersebut.

Meskipun kampanye berjanji untuk menghidupkan kembali kesepakatan itu, Biden tidak membuat kemajuan dalam masalah ini.

Di tengah upaya untuk menghidupkan kembali perjanjian itu, draf kesepakatan baru bocor bulan lalu, menunjukkan proses empat tahap, dimulai dengan pencabutan segera sanksi terhadap puluhan bank Iran dan entitas ekonomi lainnya. Iran juga akan segera mulai mengurangi aktivitas nuklirnya.

Awal pekan ini, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menuduh Iran mengambil “langkah mundur” dalam pembicaraan, membuat kesepakatan jangka pendek tentang masalah itu “tidak mungkin.”

Diplomat top AS itu mengacu pada teks "final" dari perjanjian tersebut, yang diusulkan oleh UE pada 8 Agustus. Sejak itu, AS dan Iran telah bertukar tanggapan mengenai masalah tersebut beberapa kali.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PWNU Jabar: Khilafah Hanya Cara Adu Domba untuk Tujuan Politik

PWNU Jabar menyatakan, argumen khilafah yang diusung oleh kelompok tertentu hanya cara untuk mengadu domba guna mewujudkan tujuan politik.

NEWS | 6 Desember 2022

Ricky Rizal Dianggap Berbohong dalam Sidang, Ini Respons Kuasa Hukum

Ricky Rizal ditegur Ketua Majelis Hakim Wahyu Imam Santosa dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J. Ricky Rizal dinilai berbohong

NEWS | 6 Desember 2022

Libur Nataru, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Wisata Dalam Negeri

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk melakukan wisata dalam negeri saat libur nataru.

NEWS | 6 Desember 2022

Kuat Ma'ruf Mengaku Sempat Takut Ditembak Ferdy Sambo

Kuat Ma'ruf mengaku sempat takut ditembak Ferdy Sambo saat terjadinya pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

NEWS | 5 Desember 2022

Komisi III Minta Polisi Tindak Tegas dan Berantas Gangster

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni meminta kepada pihak kepolisian untuk menindak tegas dan memberantas gangster.

NEWS | 5 Desember 2022

Tak Bisa Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Gus Miftah Minta Maaf

Pendakwah Gus Miftah menyatakan permohonan maafnya karena tak bisa hadir dalam acara resepsi pernikahan yang akan digelar pasangan Kaesang-Erina.

NEWS | 5 Desember 2022

Erupsi Semeru, Penerbangan di Bandara Lombok Tak Terdampak

Aktivitas penerbangan di Bandara Lombok, NTB hingga saat ini tidak terdampak erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

NEWS | 6 Desember 2022

Ubah Keterangan, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Tak Gunakan Sarung Tangan

Ricky Rizal mengubah keterangan bahwa terdakwa Ferdy Sambo tidak menggunakan sarung tangan ketika terjadi penembakan terhadap Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Ganjar Targetkan 100 Persen Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jateng

Saat ini ada sekitar 103 MPP di Indonesia dan 22 di antaranya di area Jateng. Ditargetkan, sebanyak 13 wilayah di Jateng akan punya MPP tidak lama lagi.

NEWS | 5 Desember 2022

PMI Dirikan 500 Huntara untuk Warga Korban Gempa Cianjur

PMI membangun hunian sementara (huntara) bagi korban gempa Cianjur di tiga desa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Erupsi Semeru, Penerbangan di Bandara Lombok Tak Terdampak

Erupsi Semeru, Penerbangan di Bandara Lombok Tak Terdampak

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE