Logo BeritaSatu

Afrika Selatan Ingin Berlian di Tongkat Ratu Elizabeth II Dikembalikan

Selasa, 20 September 2022 | 13:37 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Cape Town, Beritasatu.com - Wafatnya Ratu Elizabeth II menimbulkan kenangan terkait peran bersejarah monarki Inggris dan hubungannya dengan bekas jajahannya, termasuk dengan di Afrika Selatan yang warganya kini berdebat untuk meminta kembali berlian terbesar di dunia milik Ratu.

Dikenal sebagai “The Great Star of Africa”, permata ini memiliki 530 karat, yang ditambang di Afrika Selatan pada tahun 1905. Diperkirakan bernilai $400 juta.

"Berlian Cullinan harus dikembalikan ke Afrika Selatan dengan segera," kata aktivis Thanduxolo Sabelo kepada media lokal, menambahkan bahwa: "Mineral negara kita dan negara lain terus menguntungkan Inggris dengan mengorbankan rakyat kita."

Menurut CNN, lebih dari 6.000 orang telah menandatangani petisi yang meminta pengembalian permata itu. Setelah mengirimkan belasungkawa kepada semua anggota Keluarga Kerajaan di Twitter, pesan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa menerima banyak posting dari orang Afrika Selatan, mengklaim kembalinya berlian Bintang Besar.

Menurut Royal Collection Trust, berlian Cullinan adalah hadiah untuk Raja Edward VII pada tahun 1907. Itu berjarak dua tahun setelah penemuannya di sebuah tambang pribadi di provinsi Transvaal lama di Afrika Selatan. Royal Collection Trust mengawasi koleksi kerajaan dari keluarga kerajaan Inggris.

Profesor politik Afrika Universitas Afrika Selatan, Everisto Benyera, menolak narasi tersebut. Dia mengatakan kepada CNN bahwa transaksi kolonial itu tidak sah dan tidak bermoral. “Narasi kami adalah bahwa seluruh pemerintah Transvaal dan Persatuan Afrika Selatan dan sindikat pertambangan yang menyertainya adalah ilegal,” kata Benyera.

“Menerima berlian curian tidak membebaskan si penerima. Bintang Besar adalah berlian darah. Perusahaan swasta (pertambangan), pemerintah Transvaal, dan Kerajaan Inggris adalah bagian dari jaringan kolonial yang lebih besar.”

Leigh-Ann Mathys, juru bicara nasional untuk Pejuang Kebebasan Ekonomi (EFF), sebuah partai politik oposisi Afrika Selatan, bergabung dengan klaim tersebut.

“Kami tidak meminta pengembaliannya, karena ini menyiratkan bahwa ada perjanjian yang sah dalam hal keluarga kerajaan Inggris meminjam berlian. Itu adalah milik kami murni sebagai hasil dari kegigihan kolonial yang mencekik penduduk asli di negara ini, ” kata Mathys kepada CNN.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNN

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polisi Rekayasa Lalu Lintas di Lokasi Gempa Cianjur

Polisi memberlakukan lalu lintas satu arah untuk mengantisipasi kemacetan di lokasi episentrum gempa Cianjur di Kecamatan Cugenang, Jalan Raya Cianjur-Puncak.

NEWS | 3 Desember 2022

Sosok Inspiratif Bidang Kesehatan Tampil di HUT Ke-65 Astra

Mengusung tema "Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama", HUT ke-65 Astra ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat berbagi semangat positif dan optimisme. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Ratusan Korban Banjir Pati Mulai Terserang Penyakit

Ratusan korban banjir pati mulai terserang penyakit. Tim Dokkes Polres Pati bersama Puskesmas Tambakromo pun membuka pengobatan gratis. 

NEWS | 3 Desember 2022

Cerita Petani Jamur Bisa Bikin Wisata Edukasi Berkat Ganjar, Kok Bisa?

Setelah tempat usahanya di Kecamatan Borobudur, Magelang didatangi Gubernur Ganjar Pranowo. Usahanya semakin laris dan dikunjungi hingga 1000-an orang.

NEWS | 2 Desember 2022

Ketua Umum IDI: Vaksinasi Upaya Pencegahan Penyakit Menular

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi menyatakan, kasus polio di Aceh menjadi pelajaran semua pihak bahwa vaksinasi merupaya upaya pencegahan penyakit menular.

NEWS | 3 Desember 2022

Siapkan SDM Unggul, Jokowi Minta Guru Perhatikan 3 Hal Ini

Dalam sambutan di HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022, Presiden Jokowi meminta para guru memperhatikan tiga hal dalam menyiapkan SDM unggul. 

NEWS | 3 Desember 2022

Lukisan Karya Anak Disabilitas di Bus Transjakarta Buat Orang Tua Bangga

Guru dan para orang tua bangga karena anak-anak disabilitas sudah tuntas melukis di badan bus Transjakarta pada Hari Disabilitas Internasional.

NEWS | 3 Desember 2022

Polda Sulsel Klarifikasi Video Viral Polisi Bongkar Kebobrokan Polri

Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) mengklarifikasi video viral soal pengakuan seorang polisi Tana Toraja, Aipda Aksan yang membongkar kebobrokan institusi Polri.

NEWS | 3 Desember 2022

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Dua pekan setelah gempa Cianjur pada 21 November lalu jumlah pengungsi yang tinggal di tenda-tenda pengungsian terus berkurang.

NEWS | 3 Desember 2022

IDI: Kasus Polio di Aceh Jadi Pelajaran Pentingnya Vaksinasi

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi mengatakan kasus polio di Aceh menjadi pelajaran penting bagi pemerintah dan masyarakat akan pentingnya vaksinasi.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Awas, Risiko Terkena Tuberkulosis Lebih Besarbagi Perokok

Awas, Risiko Terkena Tuberkulosis Lebih Besarbagi Perokok

LIFESTYLE | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE