Logo BeritaSatu

Lithuania Larang Masuk Warga Rusia dengan Visa Schengen

Selasa, 20 September 2022 | 15:59 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Vilnius, Beritasatu.com- Lithuania melarang masuk warga negara Rusia dengan visa Schengen aktif. Seperti dilaporkan TASS, Senin (19/9/2022), keputusan pada 13 September itu mulai diberlakukan Lithuania, yang memperpanjang keadaan darurat hingga 15 Desember.

Dekrit ini juga didukung oleh Polandia dan negara-negara Baltik lainnya. Sementara itu, Vilnius membuat pengecualian untuk kategori tertentu orang Rusia, termasuk diplomat, perwakilan oposisi, karyawan perusahaan pengiriman yang memindahkan kargo ke negara-negara Uni Eropa lainnya. Pengecualian juga diberikan untuk anggota keluarga dari orang-orang yang memiliki izin tinggal atau kewarganegaraan Uni Eropa.

Menurut pihak berwenang Lithuania, lebih dari 83.000 warga Rusia melintasi perbatasan Lithuania, termasuk mereka yang bepergian ke Wilayah Kaliningrad Rusia. Sejak 1 Januari tahun ini, lebih dari 395.000 warga Rusia tiba di republik, dengan lebih dari 180.000 orang bepergian. Sebanyak 861 tidak diizinkan masuk ke Lituania karena pelanggaran Kode Schengen.

Uni Eropa (UE) akan menangguhkan kesepakatan visa dengan Rusia. Seperti dilaporkan RT, Rabu (31/8/2022), Pejabat UE Josep Borrell mengatakan anggota blok telah setuju untuk membatalkan kesepakatan yang memungkinkan warga Rusia untuk memasuki Eropa di bawah aturan yang disederhanakan.

Borrell tidak merinci kapan tepatnya perubahan itu akan mulai berlaku. Keputusan itu dilaporkan pada hari sebelumnya oleh Menteri Luar Negeri Hungaria Peter Szijjarto. Pejabat itu mengatakan bahwa tidak ada suara bulat di antara anggota UE untuk larangan visa umum yang lebih keras.

“Tetapi proposal untuk menangguhkan perjanjian hanya membutuhkan suara mayoritas yang memenuhi syarat, dan menjadi jelas dari pidato hari ini bahwa itu ada," tambahnya.

Kemungkinan pembatasan visa sedang dibahas minggu ini selama pertemuan informal dua hari para menteri luar negeri Uni Eropa di Praha. Larangan penuh telah dianjurkan oleh negara-negara seperti Polandia dan tiga negara Baltik, yang lebih hawkish dalam masalah ini daripada rekan-rekan mereka di Eropa Barat Jerman dan Prancis.

Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock mengatakan menjelang pertemuan di Praha bahwa negaranya mempromosikan penangguhan perjanjian 2006 sebagai solusi kompromi antara garis keras dan mereka yang tidak ingin menargetkan turis Rusia sama sekali.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Saksi Duga Ada Teroris Saat Disuruh Bawa Senjata ke Rumah Ferdy Sambo

Kombes Susanto Haris sempat menduga ada teroris saat disuruh bawa senjata ke rumah dinas Ferdy Sambo.

NEWS | 28 November 2022

Sikat Tambang Galian Ilegal, Ganjar Inisiasi Pembuatan Aplikasi Khusus

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, membuka seminar bertajuk “Penataan Pertambangan Mineral Bukan Logam dan Batuan Provinsi Jawa Tengah dan DIY”.

NEWS | 28 November 2022

Kasal Yudo Margono Dipilih Jokowi Jadi Calon Panglima TNI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI.

NEWS | 28 November 2022

Terlambat ke TKP Penembakan, Arif Rachman Dituding Sambo Apatis

Arif Rachman Arifin mengungkapkan momen saat dirinya dimarahi oleh Ferdy Sambo ketika dia terlambat ke TKP. Dia mengaku dituding apatis oleh Sambo.

NEWS | 28 November 2022

Naik 5,6 Persen, UMP DKI Jakarta Jadi Rp 4,9 Juta

UMP DKI Jakarta tahun 2023 naik sebesar 5,6 persen. Kenaikan itu menjadi Rp 4.900.798 dari yang sebelumnya sebesar Rp 4.641.854.

NEWS | 28 November 2022

Anak Tega Bunuh Ayah Kandung di Indramayu

Seorang anak tega bunuh ayah kandungnya sendiri di Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu.

NEWS | 28 November 2022

Ini Pertimbangan Organisasi Profesi Tolak RUU Kesehatan Omnibus Law

Sejumlah organisasi profesi mempunyai beragam alasan untuk menolak penyusunan RUU Kesehatan Omnibus Law oleh Badan Legislasi DPR.

NEWS | 28 November 2022

Prabowo Subianto Pastikan Jokowi Pilih Calon Panglima TNI secara Profesional

Prabowo Subianto memastikan calon Penglima TNI pengganti Jenderal TNI Andika Perkasa telah dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara profesional.

NEWS | 28 November 2022

Diresmikan Jokowi Besok, AMN Libatkan BIN untuk Persiapan

Peresmian Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada besok Selasa, 29 November 2022.

NEWS | 28 November 2022

Fraksi PDIP: Draf RUU Kesehatan yang Beredar Bukan dari DPR

Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPR menerima para perwakilan organisasi kesehatan yang berdemontrasi di depan gedung DPR untuk menolak RUU Kesehatan.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Saksi Duga Ada Teroris Saat Disuruh Bawa Senjata ke Rumah Ferdy Sambo

Saksi Duga Ada Teroris Saat Disuruh Bawa Senjata ke Rumah Ferdy Sambo

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE