Logo BeritaSatu

TGUPP DKI Masih Ada, Anggaran dari Dana Operasional Gubernur

Selasa, 20 September 2022 | 18:53 WIB
Oleh : Agnes Valentina Christa / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan, Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) masih ada tetapi yang berbeda alokasi anggaran saja. Jika sebelumnya alokasi anggaran berasal dari APBD, setelah masa jabatan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berakhir, alokasi anggaran berasal dari dana operasional gubernur.

“Dana opersional gubernur itu besar, bisa saja kalau mau gunakan tim ahli, jika mau menggunakan ya silakan, yang mengetahui mengenai kebutuhan perlu atau tidaknya Pj gubernur. Tetapi tidak boleh menggunakan dana dari APBD, namun dari dana operasional gubernur. Silakan digunakan. Yang berubah alokasi dananya,” ujar Gembong kepada Beritasatu.com, Selasa (20/9/2022).

Gembong menambahkan, dana alokasi APBD untuk TGUPP Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berakhir sampai bulan Oktober 2022. Sehingga, setelah berakhirnya masa jabatan Anies, dana alokasi APBD untuk TGUPP tidak akan diberikan lagi. Dia mengatakan, ke depannya jika Pj gubernur ingin ada TGUPP bisa menggunakan dana operasional gubernur, bukan dana dari APBD.

Gembong mengatakan, pengalihan dana untuk TGUPP tersebut diperbolehkan karena masuk dalam evaluasi Kemendagri. Dia menambahkan, berdasarkan evaluasi dari kemendagri, diketahui alokasi dana APBD untuk TGUPP Pak Anies hampir Rp 29 miliar rupiah. Sehingga hal tersebut mendorong kemendagri untuk menyudahi anggaran APBD untuk TGUPP dan bisa menggunakan dana alokasi gubernur untuk TGUPP.

“Dalam evaluasi dari Kemendagri, besar alokasi anggaran APBD tahun 2018 untuk TGUPP hampir Rp 29 miliar, karena itu anggaran tersebut dicoret dan dievaluasi, kemudian diberi keterangan silahkan gubernur gunakan TGUPP namun tidak diperkenankan untuk menggunakan dana APBD namun menggunakan dana operasional gubernur. Tidak boleh menggunakan TGUPP tetapi jika Pj gubernur masih merasa membutuhkan TGUPP silakan," katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Telkomsel Hadirkan Program “Rezeki Sakti"

Program ini terbuka untuk seluruh pelanggan Telkomsel Prabayar di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

NEWS | 5 Desember 2022

Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri Untuk Transisi Energi Berkelanjutan

Hadirnya BLiMP ini merupakan hasil dari semangat kolaborasi "Merdeka Belajar" yang berhasil menyatukan banyak pihak di program Kedaireka.

NEWS | 6 Desember 2022

Apindo Kritik Penerapan Odol Tanpa Transisi

Apindo mengkritik penerapan kebijakan over dimension dan overload (Odol) untuk angkutan barang yang diberlakukan tanpa ada masa transisi

NEWS | 6 Desember 2022

5 Topnews: Sidang Ricky Rizal dan Sosok Calon Istri Kaesang Pangarep

Sidang Ricky Rizal dan juga sosok Erina Gundono yang akan dipersunting Kaesang Pangarep menjadi salah satu berita yang paling banyak dibaca.

NEWS | 6 Desember 2022

AJI Beberkan 17 Pasal Bermasalah dalam RKUHP yang akan Disahkan

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) membeberkan 17 pasal bermasalah dalam draf RKUHP versi 30 November 2022.

NEWS | 6 Desember 2022

DPR Setujui RUU Perjanjian Indonesia-Singapura untuk Ekstradisi Buronan

Komisi III DPR RI menyetujui RUU tentang Pengesahan Perjanjian antara Indonesia dan Singapura tentang Ekstradisi Buronan

NEWS | 6 Desember 2022

PWNU Jabar: Khilafah Hanya Cara Adu Domba untuk Tujuan Politik

PWNU Jabar menyatakan, argumen khilafah yang diusung oleh kelompok tertentu hanya cara untuk mengadu domba guna mewujudkan tujuan politik.

NEWS | 6 Desember 2022

Ricky Rizal Dianggap Berbohong dalam Sidang, Ini Respons Kuasa Hukum

Ricky Rizal ditegur Ketua Majelis Hakim Wahyu Imam Santosa dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J. Ricky Rizal dinilai berbohong

NEWS | 6 Desember 2022

Libur Nataru, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Wisata Dalam Negeri

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk melakukan wisata dalam negeri saat libur nataru.

NEWS | 6 Desember 2022

Kuat Ma'ruf Mengaku Sempat Takut Ditembak Ferdy Sambo

Kuat Ma'ruf mengaku sempat takut ditembak Ferdy Sambo saat terjadinya pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Harga Emas Turun di Bawah US$ 1.800 Terseret Penguatan Dolar

Harga Emas Turun di Bawah US$ 1.800 Terseret Penguatan Dolar

EKONOMI | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE