Logo BeritaSatu

Amerika Serikat Lakukan Pertukaran Tahanan dengan Taliban

Selasa, 20 September 2022 | 21:44 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Amerika Serikat melakukan pertukaran tahanan dengan Taliban yang kini memerintah Afghanistan. Seperti dilaporkan RT, Senin (19/9/2022), Presiden AS Joe Biden menukar “raja narkoba” Bashir Noorzai yang dipenjara untuk sandera veteran angkatan laut Mark Frerichs.

"Hari ini, kami telah mengamankan pembebasan Mark Frerichs, dan dia akan segera pulang," kata Biden dalam satu pernyataan yang dirilis oleh Gedung Putih.

Biden mengumumkan pembebasan Mark Frerichs, seorang veteran Angkatan Laut AS yang menghilang di Kabul pada tahun 2020 saat bekerja sebagai kontraktor sipil. Sementara Bashir Noorzai menghabiskan 17 tahun di penjara Amerika atas tuduhan perdagangan heroin.

Biden berterima kasih kepada “pegawai publik yang berdedikasi di seluruh pemerintah AS dan pemerintah mitra lainnya” atas “kerja tak kenal lelah selama bertahun-tahun” untuk mengamankan pembebasan Frerich, yang telah ditawan Taliban sejak Januari 2020.

Biden tidak menyebutkan pembebasan Noorzai, hanya bahwa negosiasi pembebasan Frerichs “membutuhkan keputusan sulit, yang tidak dianggap enteng.”

Sementara itu, penjabat Menteri Luar Negeri Taliban Amir Khan Muttaqi mengumumkan bahwa Frerichs dan Noorzai dipertukarkan di Bandara Internasional Kabul.

“Kami menyambut baik pembebasan Haji Bashir, seorang Afghanistan yang menghabiskan 17 tahun di AS," kata Muttaqi kepada wartawan, seraya menambahkan bahwa ini akan "membuka babak baru dalam hubungan bilateral antara AS dan Afghanistan."

Noorzai dipancing ke AS, ditangkap atas tuduhan perdagangan heroin, dan dijatuhi hukuman penjara federal seumur hidup pada tahun 2005. Taliban telah melarang penanaman bunga poppy – dari mana heroin diekstraksi – sebelum invasi AS pada tahun 2001. Noorzai melakukannya lagi setelah mendapatkan kembali kekuasaan tahun lalu.

Pemerintah yang didukung AS runtuh bahkan sebelum pasukan Amerika terakhir keluar dari Afghanistan, menyebabkan evakuasi hiruk pikuk dari bandara di Kabul yang berakhir pada 31 Agustus 2021. Biden telah menolak untuk mengakui pemerintah Taliban dan telah menyita aset bank sentral Afghanistan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Korban Gempa Cianjur Akan Direlokasi ke 3 Wilayah Ini

BNPB menyebutkan terdapat tiga wilayah yang menjadi bakal calon lokasi untuk memindahkan rumah-rumah warga yang rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 28 November 2022

Komisi III DPR Puji Langkah Kejagung Sita Aset Benny Tjokro

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengapresiasi langkah Kejagung menyita aset Benny Tjokro yang menjadi terpidana perkara korupsi Jiwasraya dan Asabri.

NEWS | 28 November 2022

Direktur Utama Jakpro Widi Amanasto Dicopot

Pemprov DKI Jakarta selaku pemegang saham utama PT Jakpro memutuskan merombak direksi Jakpro. Dirut Jakpro, Widi Amanasto dicopot dari jabatannya. 

NEWS | 28 November 2022

Rotasi Matra Jadi Pertimbangan Jokowi Pilih Kasal Yudo Margono

Mensesneg Pratikno mengungkapkan salah satu alasan Presiden Jokowi mengusulkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI karena rotasi matra.

NEWS | 28 November 2022

Diguyur Hujan Deras, 4 Ruas Jalan di Jakarta Tergenang

BPBD DKI Jakarta menyatakan empat ruas jalan di Jakarta tergenang akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda pada Senin (28/11/2022).

NEWS | 28 November 2022

Update: Pengungsi Korban Gempa Cianjur Capai 100.300 Orang

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan total pengungsi akibat gempa Cianjur, Jawa Barat per Senin 28 November 2022 sebanyak 100.300 orang. 

NEWS | 28 November 2022

RSUD Sayang: Korban Gempa Cianjur Terserang ISPA di Pengungsian

Wakil Direktur RSUD Sayang, Neneng Efa Fatimah korban gempa Cianjur terserang infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) di posko pengungsian. 

NEWS | 28 November 2022

Update Korban Gempa Cianjur: 323 Meninggal Dunia dan 9 Orang Hilang

BNPB mencatat 323 korban meninggal dunia akibat gempa Cianjur, per Senin 28 November 2022. Sementara itu sebanyak 9 orang masih dinyatakan hilang.

NEWS | 28 November 2022

Cegah Politik Uang, Bawaslu Kerja Sama dengan Gopay dan OVO

Bawaslu akan lakukan kerja sama dengan platform digital seperti Gopay dan OVO untuk mencegah terjadinya politik uang.

NEWS | 28 November 2022

Calon Panglima TNI Yudo Margono Punya Harta Rp 17,9 Miliar

Kasal Laksamana Yudo Margono yang diusulkan oleh Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI memiliki harta Rp 17,9 miliar.  

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bapanas: Impor Beras Pilihan Terakhir

Bapanas: Impor Beras Pilihan Terakhir

EKONOMI | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE