Logo BeritaSatu

KPU Tegaskan Nomor Urut Parpol Pemilu 2024 Tetap Diundi

Rabu, 21 September 2022 | 13:02 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik mengatakan pihaknya bekerja berdasarkan peraturan perundang-undangan khususnya Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan Peraturan KPU (PKPU) termasuk dalam penentuan nomor urut partai politik peserta Pemilu 2024. Menurut Idham, penentuan nomor urut parpol jika merujuk pada aturan yang ada, maka akan berdasarkan pengundian.

“Dalam Pasal 137 PKPU Nomor 4 Tahun 2022 yang merujuk pada Pasal 179 ayat (3) UU Nomor 7 Tahun 2022 di mana penomorurutan partai politik atau party numbering berdasarkan hasil pengundian,” ujar Idham kepada wartawan, Rabu (21/9/2022).

Pasal 179 ayat (3) UU Nomor 7 Tahun 2017 menyebutkan, penetapan nomor urut partai politik sebagai peserta pemilu dilakukan secara undi dalam sidang pleno KPU yang terbuka dengan dihadiri wakil Partai politik peserta pemilu. Lalu, Pasal 137 PKPU Nomor 4 Tahun 2022 menyebutkan, pada ayat (1) KPU melakukan pengundian nomor urut Partai Politik peserta Pemilu dalam rapat pleno terbuka. Ayat (2) menyatakan rapat pleno sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dihadiri oleh Pengurus Partai Politik peserta Pemilu tingkat pusat dan Bawaslu. Pada ayat (3) berbunyi Pengurus Partai Politik peserta Pemilu tingkat pusat wajib hadir dalam rapat pleno pengundian nomor urut sebagaimana dimaksud pada ayat (1).

Meskipun demikian, kata Idham, KPU tetap membuka ruang deliberatif bagi stakeholder, masyarakat sipil, dan aktivis serta publik untuk dapat memberikan masukan ke KPU RI. Hal tersebut merupakan salah satu komitmen KPU untuk mewujudkan Pemilu yang partisipatif.

“KPU sangat mengapresiasi kepada semua pihak yang telah memberikan masukan atau usulan agar dalam pengaturan atau kebijakan teknis penyelenggaraan pemilu menjadi lebih baik lagi. Ruang deliberatif tersebut dalam rangka mengimplementasikan norma yang terdapat di dalam Pasal 4 huruf b dan c UU No. 7 Tahun 2017 yang menyebutkan pengaturan penyelenggaraan pemilu bertujuan untuk mewujudkan pemilu yang adil dan berintegritas serta menjamin konsistensi pengaturan sistem pemilu,” jelas Idham.

Baca selanjutnya
Idham juga mengaku pihaknya terbuka melakukan perubahan pengaturan teknis penyelenggaraan pemilu. ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Warga Nobar Akad Nikah Kaesang dan Erina di Plaza Ambarrukmo

Warga nonton bareng atau nobar prosesi akad nikah Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono melalui layar lebar yang disediakan di Plaza Ambarrukmo, Yogyakarta. 

NEWS | 10 Desember 2022

Mahar Pernikahan Kaesang untuk Erina: Rp 300.000 dan Puluhan Gram Logam Mulia

Dalam acara akad nikah tersebut, juga diperlihatkan mahar nikah Kaesang Pangarep untuk Erina Gudono.

NEWS | 10 Desember 2022

KUHP Disorot Australia, Sandiaga Uno Jamin Keamanan Wisman

Merespons keresahan sejumlah pihak terkait pengesahan KUHP, Menparekraf Sandiaga Uno menjamin keamanan ranah pribadi wisatawan selama berkunjung di Indonesia.

NEWS | 10 Desember 2022

Penegakan HAM di Indonesia Dinilai Belum Sepenuhnya Optimal

Pengamat hukum dari UKI, Nelson Simanjuntak menilai penegakan hak asasi manusia (HAM) di Indonesia belum sepenuhnya optimal. 

NEWS | 10 Desember 2022

Sah Jadi Suami Erina Gudono, Kaesang: Alhamdulillah

Kaesang Pangarep telah resmi menjadi suami dari Erina Sofia Gudono setelah melafalkan ijab kabul. Kaesang mengucapkan alhamdulillah.

NEWS | 10 Desember 2022

Kronologi Kasus Brigadir J Versi Ferdy Sambo, dari Magelang hingga Duren Tiga

Saat bersaksi di sidang, Ferdy Sambo menceritakan kronologi kasus Brigadir J berdasarkan versinya mulai dari peristiwa Magelang hingga Duren Tiga. 

NEWS | 10 Desember 2022

Muhadjir Effendy Serahkan Kaesang untuk Dinikahkan dengan Erina

Menko PMK Muhadjir Effendy menyerahkan Kaesang Pangarep untuk dinikahkan dengan Erina Gundono di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo, Sleman.

NEWS | 10 Desember 2022

Konferensi MIH UKI Soroti Perlindungan Hak Asasi Digital

"Ketika menyebut hak asasi manusia, perlindungan hak asasi digital sangat penting untuk kebebasan berpendapat,” kata Romina.

NEWS | 10 Desember 2022

Sah, Kaesang dan Erina Resmi Jadi Suami Istri

Sah, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono resmi jadi suami istri. Kaesang-Erina menjalani akad nikah di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo.

NEWS | 10 Desember 2022

Vladimir Putin Buka Peluang Akhiri Perang di Ukraina

Presiden Rusia, Vladimir Putin membuka peluang untuk secepatnya menyelesaikan perang berkepanjangan di Ukraina.

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jadi Suami-Istri, Kaesang dan Erina Jalani Prosesi Panggih

Jadi Suami-Istri, Kaesang dan Erina Jalani Prosesi Panggih

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE