Logo BeritaSatu

Nasdem Kritik SE Mendagri soal Penjabat Kepala Daerah Boleh Pecat Pegawai

Rabu, 21 September 2022 | 13:40 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Partai Nasdem mengkritik keras Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (SE Mendagri) yang mengatur penjabat (Pj), pelaksana tugas (Plt) dan penjabat sementara (Pjs) kepala daerah boleh memecat dan melakukan mutasi pegawai ASN. SE Mendagri tersebut dinilai menyimpang dari peraturan perundang-undangan.

Ketua DPP Nasdem Willy Aditya menegaskan bahwa SE merupakan peraturan kebijaksanaan (beleidsregel), bukan sebuah keputusan (beschikking) ataupun peraturan perundang-undangan (regeling), sehingga tidak dapat memuat norma hukum dan tidak dapat menyimpangi peraturan perundang-undangan.

“SE sebagai bagian dari kebebasan bertindak pemerintah atas inisiatifnya sendiri atau freies ermessen atau discretionary power seharusnya dipergunakan dalam hal ketidaksempurnaan/keterbatasan/ketidakjelasan aturan atau bahkan tidak adanya aturan, bukan justru mengangkangi aturan yang sudah ada,” ujar Willy kepada wartawan, Rabu (21/9/2022).

SE, kata Willy seyogyanya merupakan kebijakan yang bersifat individual dan memiliki keberlakuan yang terbatas bagi instansi yang terkait dalam jajarannya. SE bukanlah ketentuan yang bisa diberlakukan secara menyeluruh. Seharusnya, tutur dia, Mendagri mengetahui bahwa Plt, Pj, dan Pjs tidak hanya penjabat di lingkungan Kementerian Dalam Negeri saja tetapi ada juga dari di lingkungan jabatan kelembagaan lain. Mendagri telah melampaui wewenangnya bahkan melampaui batas wilayah administratif berlakunya wewenang.

“Terbitnya SE Mendagri Nomor 821/5492/SJ adalah praktik yang membawa kemunduran bagi proses demokrasi dan prinsip good government dalam kehidupan bernegara kita. Terbitnya SE tersebut juga menjadi manifestasi dari praktik otoriterianisme dari seorang pejabat pemerintahan yang tidak mengindahkan ketentuan-ketentuan yang telah berlaku,” tandas Willy.

Baca selanjutnya
Menurut Willy, SE Mendagri menyimpang dari sejumlah peraturan perundang-undangan. Partama, menyimpang ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tiga Miliarder Kripto Meninggal dalam Sebulan, Kebetulan atau Terencana?

Dalam kurun waktu sebulan, tiga miliarder kripto meninggal dunia. Ketiga kematian itu terjadi secara tidak terduga di tengah anjloknya aset-aset kripto.

NEWS | 10 Desember 2022

2 Menteri Jokowi Jadi Saksi Akad Nikah Kaesang dan Erina

Dua menteri Kabiner Jokowi, yakni Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan menjadi saksi nikah Kaesang Pangarep dan Mensesneg Pratikno menjadi saksi Erina Gudono.

NEWS | 10 Desember 2022

KPK Tegaskan Penahanan Hakim Agung Gazalba Saleh Sesuai Aturan

KPK menegaskan tidak melanggar aturan saat menahan Hakim Agung Gazalba Saleh terkait kasus dugaan suap penanganan perkara di MA.

NEWS | 10 Desember 2022

Pemprov DKI Gunakan AI Google untuk Urai Kemacetan

Dishub DKI akan menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) Google untuk mengatasi kemacetan di Ibu Kota.

NEWS | 10 Desember 2022

Ini Alasan Kemendes PDTT Revitalisasi 619 Kawasan Transmigrasi

Revitalisasi dan modernisasi 619 kawasan transmigrasi bertujuan menyukseskan program ketahanan pangan nasional.

NEWS | 10 Desember 2022

Kaesang Orang Biasa Pertama yang Gelar Resepsi di Pura Mangkunegaran

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono adalah resepsi pertama dari luar keluarga kerajaan Mangkunegara yang digelar di Pura Mangkunegaran.

NEWS | 10 Desember 2022

Midea Donasikan Bantuan untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur

PT Midea Planet Indonesia (Midea) memberikan donasi berupa ratusan perangkat elektronik untuk memulihkan kehidupan warga terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 10 Desember 2022

Top News, Perempat Final Piala Dunia 2022 dan Pernikahan Kaesang

Berita perempat final Piala Dunia 2022 di Qatar antara Argentina vs Belanda dan Brasil vs Kroasia, serta pernikahan Kaesang menjadi berita terpopuler.

NEWS | 10 Desember 2022

Turunkan Angka Kemiskinan, Jateng Andalkan 3 Program Ini

Ganjar Pranowo mengatakan, program bantuan RTLH, permodalan, dan pelatihan yang dijalankan Pemprov Jateng adalah untuk menurunkan angka kemiskinan.

NEWS | 10 Desember 2022

Ganjar Pranowo: Pembangunan IKN Amanat Undang-undang

Ganjar Prawono mengatakan bahwa pembangunan IKN sesuai undang-undang tentu akan tetap dilaksanakan karena menjadi amanah undang-undang.

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hal-hal Penting yang Perlu Diketahui dalam Akad Nikah Kaesang dan Erina

Hal-hal Penting yang Perlu Diketahui dalam Akad Nikah Kaesang dan Erina

LIFESTYLE | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE