Logo BeritaSatu

Ini Kronologi Kecelakaan Maut yang Menewaskan 5 Orang di Balikpapan

Rabu, 21 September 2022 | 13:53 WIB
Oleh : Fuad Iqbal Abdullah / DAS

Balikpapan, Beritasatu.com - Kecelakaan maut yang melibatkan truk 10 roda pengangkut eskavator menabrak dua mobil yang sedang berada di bahu Jalan Soekarno Hatta KM 24, Balikpapan, Rabu (21/9/2022) dini hari.

Kecelakaan di kawasan jalur lintas Kalimantan tersebut menyebabkan sedikitnya 11 orang menjadi korban, dengan 5 korban di antaranya meninggal dunia.

Advertisement

Menurut Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Pol Sonny Irawan, sopir truk sudah diamankan. Keterangan mengenai penyebab kecelakaan ini didapat dari sopir truk tersebut.

Dari hasil pemeriksaan sejumlah saksi di lokasi kecelakaan, Direktorat Lalu Lintas Polda Kaltim berhasil menemukan sejumlah titik terang, dinantaranya kecelakaan maut itu ternyata bermula dari mobil Daihatsu Gran Max KT 8534 AJ bersenggolan dengan mobil Toyota Etios KT 1039 CM.

Keduanya menepi di bahu jalan untuk melakukan negosiasi. Namun naas, negosiasi penumpang kedua mobil tersebut ternyata justru berujung maut. Kedua kendaraan tersebut justru ringsek diseruduk truk.

"Iya jadi dua mobil yang terlibat kecelakaan ini, yaitu mobil Gand Max putih dan mobil Toyota Etios hitam itu sempat bersenggolan atau serempetan, sehingga kedua mobil itu terpaksa harus menepi di bahu jalan untuk menyelesaikan perselisihan akibat bersenggolan tadi itu," terang Direktur Lalu Lintas Polda Kaltim, Kombes Pol Sonny Irawan, Rabu siang (21/9/2022).

Sementara itu, truk roda sepuluh yang membawa muatan alat berat menyeruduk dua mobil yang berehenti di bahu jalan karena dari arah berlawanan terdapat truk lain yang melaju. Pengemudi truk roda sepuluh membanting stir ke kiri dan menabrak Gran Max dan Etios.

Menurut Sonny, pengemudi truk mengaku sudah berusaha untuk menginjak rem, namun karena kondisi jarak truk sudah terlalu dekat maka kecelakaan itu pun tak bisa dihindari.

"Jadi, dari hasil keterangan sementara, pengemudi truk itu sempat menginjak rem namun karena jarak truk roda sepuluh dengan kendaraan lainnya terlalu dekat, yakni hanya sekira 15 hingga 20 meter, sehingga kecelakaan pun tak terhindari," kata Sonny.

Ini Kronologi Kecelakaan Maut yang Menewaskan 5 Orang di Balikpapan
Toyota Etios Valco, salah satu kendaraan yang terlibat kecelakaan maut menewaskan lima orang di Jalan Soekarno Hatta KM 24, Balikpapan, Kaltim, Rabu, 21 September 2022 dini hari.

Sonny Irawan menambahkan akibat kecelakaan itu, korban meninggal dunia di lokasi kecelakaan berjumlah 5 orang, dan 6 orang lainnya mengalami luka-luka.

"Total korban seluruhnya berjumlah 11 orang yang terdiri dari tujuh orang merupakan penumpang dari mobil Etios, sedangkan empat orang lainnya adalah penumpang dari mobil bak terbuka (Gran Max)," kata Kombes Pol Sonny Irawan.

Direktorat Lalu Lintas Polda Kaltim pun meminta kepada seluruh pengemudi kendaraan, baik roda empat atau lebih, agar saat menepi tidak memarkirkan kendaraan yang memakan badan jalan sehingga bisa memberikan ruang yang cukup bagi kendaraan lainnya untuk tetap melintas guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan serupa.

Ini Kronologi Kecelakaan Maut yang Menewaskan 5 Orang di Balikpapan
Petugas sedang melakukan olah TKP kecelakaan maut yang menewaskan lima orang di Jalan Soekarno Hatta KM 24, Balikpapan, Kaltim, Rabu, 21 September 2022 dini hari.

"Iya seperti yang sudah diatur dalam undang-undang lalu lintas, kami kembali meminta dan mengingat kepada seluruh masyarakat, khususnya pada pengguna roda empat atau lebih, agar saat berhenti atau menepi, untuk tidak parkir kendaraan yang memakan badan jalan, agar bisa memberikan ruang yang cukup batgi kendaraan lain untuk tetap melintas guna mencegah terjadinya kecelakaan serupa," tutup Sonny Irawan.

Kecelakaan maut yang melibatkan kendaraan truk bertonase besar pernah terjadi di Balikpapan pada 21 Januari 2022 lalu. Ketika itu lima orang tewas di tempat dan belasan lainnya luka berat dan kritis dalam kecelakaan maut di perempatan Muara Rapak, Balikpapan Utara, Kalimantan Timur.

Dalam kecelakaan itu sebuah truk tronton pengangkut kontainer nomor polisi menyapu motor dan angkot yang tengah berhenti di lampu merah. Kecelakaan ini mendapat perhatian publik karena terdapat rekaman video detik-detik truk menggilas kendaraan di depannya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bertemu Jokowi, Surya Paloh: Lebih dari 1 Jam 20 Menit

Ketum Nasdem Surya Paloh menceritakan situasi pertemuannya dengan Presiden Jokowi pada Kamis (26/1/2023) lalu. Surya Paloh mengaku diterima Jokowi dengan baik.

NEWS | 1 Februari 2023

Pasien Omicron Kraken di Tangsel Sudah Vaksinasi Booster

Temuan kasus konfirmasi Subvarian Omicron XBB.1.5 atau Kraken di Tangsel dialami seorang warga yang sudah menenerima vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster.

NEWS | 1 Februari 2023

SILO Tingkatkan Layanan Spesialisasi Transplantasi Ginjal

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO) mengembangkan industri kesehatan dengan memberikan layanan spesialisasi kesehatan, seperti transplantasi ginjal.

NEWS | 1 Februari 2023

Sepekan Terakhir, Aktivitas Gunung Anak Krakatau Masih Terus Meningkat

Aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) yang berada di Selat Sunda masih menunjukan peningkatan sejak satu pekan terakhir.

NEWS | 1 Februari 2023

Surya Paloh Ungkap Suasana Pertemuan dengan Jokowi

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh diketahui bertemu dengan Presiden Joko Widodo, Kamis (26/1/2023) sore lalu.

NEWS | 1 Februari 2023

Hoax, Rekaman Percobaan Penculikan Anak Beredar di WhatsApp

Beredar sebuah pesan audio berantai tentang percobaan penculikan anak di SDN Kepatihan 01, Jember. Polisi pastikan rekaman itu hoax.

NEWS | 1 Februari 2023

Ini Saran Dokter Agar Anak Tidak Terinfeksi Diabetes Melitus

Kasus penyakit diabetes melitus tercatat menyerang anak sejak tahun 2010 dan meningkat hingga 70 persen.

NEWS | 1 Februari 2023

Ramai Isu Reshuffle Kabinet Rabu Pon, Surya Paloh Angkat Bicara

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh akhirnya angkat bicara soal perombakan atau reshuffle kabinet yang ramai dibicarakan belakangan ini.

NEWS | 1 Februari 2023

KPK Usut Dugaan Lukas Enembe Ikut Campur Pemenang Proyek

KPK mengusut dugaan Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe ikut campur dalam menentukan pemenang proyek di daerahnya.

NEWS | 1 Februari 2023

Hujan Sejak Pagi, Akses ke Pelabuhan Sunda Kelapa Tergenang

Hujan deras yang mengguyur kawasan Jakarta Utara membuat akses jalan menuju pelabuhan Sunda Kelapa, Penjaringan, Jakut tergenang air.

NEWS | 1 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Minat Konsumen Properti Mulai Naik, Asya Garap Proyek Township

Minat Konsumen Properti Mulai Naik, Asya Garap Proyek Township

EKONOMI | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE