Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

IDI Minta Vaksinasi Cacar Monyet untuk Nakes Diprioritaskan

Rabu, 21 September 2022 | 16:29 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / YUD
Ilustrasi Vaksinasi

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Satgas Monkeypox Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr Hanny Nilasari meminta dan merekomendasikan agar tenaga kesehatan (nakes) diprioritaskan dalam pemberian vaksin monkeypox atau cacar monyet.

"Ini sama seperti yang sebelumnya pemberian vaksin tidak untuk massal. Tapi indikasi terbatas, yang artinya pasien kontak erat, tenaga kesehatan, serta populasi risiko tinggi misalnya untuk kasus yang di-tracing. Jadi vaksin memang bukan untuk meniadakan penyakit tapi untuk meminimalisir kasus," kata dia dalam konferensi pers virtual, Rabu (21/9/2022).

Dijelaskan, bahwa nakes yang bisa mendapat vaksin cacar monyet adalah pada mereka yang bekerja pada pelayanan pasien penyakit kulit serta petugas laboratorium (lab) yang memeriksa penyakit ini.

"Bahwa ada 15 laboratorium yang tersebar di Indonesia dan mendapat tugas mengidentifikasi cacar monyet ini, terutama tenaga kesehatan di lokasi tersebut," ungkap dokter spesialis kulit dan kelamin itu.

Selain nakes, pemberian vaksin juga perlu dilakukan kepada pasien dengan kasus berat dan kontak tracing yang serumah dengan pasien terkonfirmasi karena ada diduga kontak erat.

Nantinya, pemberian vaksin diberikan untuk periode tertentu yaitu 4-10 hari setelah pasien kontak dengan kontak tracing.

"Vaksin tak menghilangkan infeksi tapi meringankan gejalanya," ujar dia.

Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin telah memesan 2.000 vaksin cacar monyet dari Bavarian Nordic Denmark. Vaksin tersebut direkomendasikan karena paling efektif terhadap cacar monyet.

Vaksin buatan Denmark ini bisa dipakai untuk pasien di bawah 18 tahun, aman bagi ibu hamil dan anak, karena telah dipakai di negara-negara endemi cacar monyet.

Sebelumnya, kasus pertama positif cacar monyet di Indonesia terjadi pada 19 Agustus 2022. Dialami oleh seorang pasien berusia 27 tahun dengan riwayat perjalanan dari negara terkonfirmasi cacar monyet yang saat ini sudah dinyatakan negatif atau sembuh.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI