Logo BeritaSatu

Media Perlu Dukung Daerah Kembangkan Pariwisata dan UMKM

Rabu, 21 September 2022 | 20:01 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - CEO BeritaSatu Media Holdings Rio Abdurrachman mengatakan bahwa media perlu mendukung perjuangan keras daerah untuk mengembangkan pariwisata dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Guna mendukung hal tersebut, BeritaSatu Media Holdings (BSMH) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding atau MoU) dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten seluruh Indonesia (Apkasi).

Penandatanganan MoU antara BSMH dengan Apkasi digelar di Kantor Redaksi BSMH, Jakarta Selatan, Rabu (21/9/2022).

“Inisiasi ini, berasal dari dialog yang dilakukan Ketum Apkasi, Pak Sutan mengenai perjuangan teman-teman bupati yang ada di daerah-daerah,” kata Rio Abdurrachman dalam acara tersebut.

Diungkapkannya, sektor pariwisata merupakan salah satu income tertinggi di Indonesia sebelum pandemi Covid-19 melanda Tanah Air. Bahkan sektor pariwisata menjadi peringkat kedua yang memberikan pendapatan bagi negara. Sebanyak 70% pendapatan dari sektor pariwisata dihasilkan oleh wisatawan domestik.

“Kemudian juga produk-produk banyak sekali yang bagus-bagus dari daerah-daerah, terutama kabupaten. Hanya saja isu utama adalah masalah akses pasar,” ujar Rio.

Karena itu, Rio mengharapkan inisiasi penandatanganan MoU ini dapat memecahkan sejumlah problem dalam memasarkan pariwisata dan produk di daerah-daerah. Karena kualitas produk dan destinasi pariwisata di daerah tidak kalah bagus dengan negara-negara lain.

Sebenarnya, lanjut Rio, kekalahan atau kelemahan itu masih ada karena eksposur yang kurang. Ruang-ruang publik banyak didominasi oleh destinasi wisata dan produk asing. Padahal bila dilihat dari sisi kekuatan produk dan keindahan destinasi wisata dan pelayanan pariwisata di daerah-daerah di Indonesia masih jauh lebih unggul.

“Inilah sebenarnya peran BeritaSatu untuk memberikan perjuangan buat bapak dan ibu bupati di daerah-daerah. TV kita yaitu BeritaSatu pada 11 Oktober akan bertransformasi tidak hanya news saja, tetapi juga akan menjadi news dan entertainment, termasuk sport,” terang Rio Abdurrachman.

Mulai Oktober, kata Rio, BeritaSatu TV akan masuk di Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan hingga Indonesia Timur, seperti Papua. BeritaSatu TV akan coverage nasional.

Rio pun mengajak para bupati yang bergabung dalam Apkasi menggunakan momentum transformasi BeritaSatu TV unuk mempromosikan keunggulan produk lokal maupun destinasi pariwisata di daerahnya masing-masing.

“Kita tahu bahwa kebanyakan perjuangan-perjuangan tentang produk, tentang pariwisata itu ada di daerah-daerah ada di kabupaten-kabupaten. Negara lebih banyak melakukan tugas administratif ,mencatat keberhasilan-keberhasilan, tetapi perjuangannya kami tahu ada di Bapak Ibu sekalian,” ungkap Rio Abdurrachman.

“Maka diharapkan kerjasama ini semoga bisa memberikan akses pasar, memberikan tempat, memberikan eksposur sehingga semakin banyak orang yang akan bisa tahu tentang keunggulan, baik produk maupun pariwisata dari tempat di bapak, ibu bupati memimpin,” lanjut Rio lagi.

Penandatanganan MoU tersebut dihadiri oleh Executive Chairman Beritasatu Media Holdings Enggartiasto Lukita, CEO BeritaSatu Media Holdings Rio Abdurrachman, Anggota Dewan Redaksi BeritaSatu Media Holdings Primus Dorimulu, Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Sekjen Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Wakil Sekjen APKASI dan Bupati Bangka Selatan H Riza Herdavid, Bendahara Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Koordinator Wilayah Sumatera Utara dan Bupati Serdang Bedagai H Darma Wijaya dan Direktur Eksekutif APKASI Sarman Simanjorang dan Ketua Bidang Pendidikan APKASI dan Bupati Batu Bara H Zahir.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Turunkan Angka Kemiskinan, Jateng Andalkan 3 Program Ini

Ganjar Pranowo mengatakan, program bantuan RTLH, permodalan, dan pelatihan yang dijalankan Pemprov Jateng adalah untuk menurunkan angka kemiskinan.

NEWS | 10 Desember 2022

Ganjar Pranowo: Pembangunan IKN Amanat Undang-undang

Ganjar Prawono mengatakan bahwa pembangunan IKN sesuai undang-undang tentu akan tetap dilaksanakan karena menjadi amanah undang-undang.

NEWS | 10 Desember 2022

Ganjar: Kawasan Industri Kendal Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Ganjar Prawono menyebutkan Kawasan Industri Kendal saat ini menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru.

NEWS | 10 Desember 2022

5.000 Petugas Gabungan Bersihkan Material Bangunan Akibat Gempa Cianjur

5.000 petugas gabungan diterjunkan untuk membantu membersihkan puing dan material rumah yang rusak akibat gempa Cianjur,

NEWS | 10 Desember 2022

Ganjar Sebut Pernikahan Kaesang Jadi Ajang Pertunjukan Budaya

Ganjar Pranowo mengatakan, momen pernikahan Kaesang dengan Erina bakal menjadi ajang pertunjukan budaya. 

NEWS | 10 Desember 2022

Forensik Patahkan Teori Keluarga Tewas di Kalideres Akibat Mogok Makan

Tim forensik mematahkan teori yang menyebut satu keluarga tewas di Kalideres akibat mogok makan.

NEWS | 10 Desember 2022

Soal Hubungan dengan Jokowi, Ini Pengakuan Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo mengaku menjalin hubungan baik dengan Presiden Joko Widodo sejak ia masih menjabat sebagai anggota DPR.

NEWS | 9 Desember 2022

Mengenal Taman Pracima yang Jadi Lokasi Resepsi Pernikahan Kaesang-Erina

Taman Pracima, Solo, menjadi lokasi resepsi pernikahan Kaesang-Erina pada Minggu 11 Desember 2022.

NEWS | 9 Desember 2022

Panitia Siapkan Layar untuk Saksikan Akad Nikah Kaesang-Erina

Layar itu untuk masyarakat yang ingin menyaksikan prosesi akad nikah Kaesang-Erina di Mal Plaza Ambarrukmo, Sleman.

NEWS | 9 Desember 2022

BNPT: Masyarakat Harus Cerdas Deteksi Dini Ancaman Terorisme

Masyarakat harus diberikan pemahaman ada oknum yang melakukan tindak kejahatan terorisme tapi dibalut dengan bahasa keagamaan.

NEWS | 9 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Turunkan Angka Kemiskinan, Jateng Andalkan 3 Program Ini

Turunkan Angka Kemiskinan, Jateng Andalkan 3 Program Ini

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE