Logo BeritaSatu

Usai Demo "Save Gubernur Lukas Enembe", Situasi Kota Jayapura Kembali Normal

Rabu, 21 September 2022 | 20:37 WIB
Oleh : Nugie Tangkepayung / FFS

Jayapura, Beritasatu.com - Sehari setelah aksi demo save Gubernur Papua, Lukas Enembe, situasi Kota Jayapura kembali normal, Rabu (21/9/2022). Diketahui, aksi yang diikuti oleh ratusan orang digelar pada Selasa (20/9/2022) kemarin terkait langkah KPK yang menetapkan Lukas Enembe sebagai tersangka.

Berdasar pantauan pada Rabu (21/9/2022), sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Jayapura yang kemarin memilih tutup sudah kembali buka kembali. Begitu juga dengan aktivitas sekolah yang terpantau telah kembali berjalan normal.

Advertisement

"Hari ini semua sudah normal, pertokoan sudah kembali buka, aktivitas pendidikan juga sudah kembali normal, kami harap situasi ini akan terus bertahan. Kami pihak kepolisian akan terus melakukan patroli guna memberikan rasa aman bagi warga, " ujar Kapolresta Kota Jayapura, Kombes Viktor Mackbon, Rabu (21/9/2022).

Viktor menyatakan, pihaknya akan menggandeng para tokoh di Jayapura untuk mengimbau kepada warga agar tetap menjaga kedamaian di Kota Jayapura.

"Tokoh agama, adat, pemuda, wanita semua kita gandeng, kita minta mereka bantu kita untuk jaga Kota Jayapura tetap aman. Kita juga harap warga tidak mudah terprovokasi dengan berita hoax di media sosial," beber Kapolresta.

Diketahui, aksi unjuk rasa yang berlangsung di Kota Jayapura, Papua, pada Selasa (20/9/2022) kemarin berjalan aman. Aksi digelar sejak pukul 09.00 WIT dan berakhir sekitar pukul 17.00 WIT.

Demo yang diikuti ratusan orang dari 4.000 yang direncanakan terkait penetapan Lukas Enembe sebagai tersangka. KPK menilai Lukas Enembe turut mendorong terjadinya demonstrasi.

“Demo ini kan dalam hal kebebasan masyarakat mengeluarkan pendapat dilindungi undang-undang. Hanya saja, kita melihat ini adalah suatu demo yang diupayakan oleh pihak tersangka LE (Lukas Enembe),” ujar Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (20/9/2022).

KPK telah menetapkan Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi senilai Rp 1 miliar. Penetapan tersangka itu berdasarkan surat KPK RI Nomor B/536/dik.00/23/09/2022 tanggal 5 September 2022.

Lukas Enembe telah dicegah bepergian ke luar negeri selama 6 bulan. Tak hanya itu, PPATK telah membekukan rekeningnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Angka Diabetes di Indonesia Meningkat, Ini Saran Menkes Budi

Guna mengantisipasi agar tidak terkena diabetes, Budi menyarankan agar masyarakat rutin melakukan pengecekan gula darah, menjaga pola makan dan rutin olahraga.

NEWS | 3 Februari 2023

Digelar Akhir Februari, Ini 3 Viewing Point di Ajang F1 Powerboat

F1 Powerboat atau juga dikenal dengan F1H20 akan digelar di Danau Toba, Sumatera Utara pada 24-26 Februari 2023 mendatang.

NEWS | 3 Februari 2023

Gunakan Senjata Organik, 2 Penembak Calon Anggota DPD Bengkulu Profesional

Calon anggota DPD Bengkulu bernama Rahiman Dani, ditembak dengan menggunakan senjata organik. Kedua penembak itu diduga profesional.

NEWS | 3 Februari 2023

Menkes Ingatkan Diabetes Adalah Ibu dari Segala Penyakit

Diabetes merupakan ibu dari segala penyakit, sehingga dapat memicu penyakit katastropik lain seperti jantung, strok, dan gagal ginjal.

NEWS | 3 Februari 2023

Siapkan Lulusan Ahli Penyakit Ikan, KKP Dukung MBKM Perikanan

KKP mendukung program MBKM sektor Perikanan yang dicanangkan oleh Sekolah Perikanan maupun Fakultas Perikanan.

NEWS | 3 Februari 2023

Kode dari Surya Paloh ke Megawati, Hasto: Itu Kode Apa?

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menanggapi dingin kode yang diberikan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh untuk menemui Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri.

NEWS | 3 Februari 2023

Polisi Buru Kejar OTK Pelaku Penembakan Terhadap Calon Anggota DPD RI

Personel polisi tengah melakukan pencarian terhadap dua pelaku penembakan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Bengkulu yaitu Rahiman Dani.

NEWS | 3 Februari 2023

OTK Tembak Calon Anggota DPD RI Dapil Bengkulu dari Jarak Dekat

Rahimandhani ditembak oleh orang yang tidak dikenal dari jarak dekat saat akan melaksanakan salat Jumat (3/2/2023).

NEWS | 3 Februari 2023

Menkes Sebut 13% Masyarakat Indonesia Terkena Diabetes

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) 2023 terdapat 13% atau 35 juta dari 270 masyarakat Indonesia yang terkena diabetes.

NEWS | 3 Februari 2023

Baiquni Wibowo Sebut Vonisnya Akan Jadi Catatan Buruk Penegakan Hukum

Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J, Baiquni Wibowo, mengatakan, vonis penjara atas dirinya akan menjadi catatan buruk penegakan hukum di Indonesia.

NEWS | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Digelar Akhir Februari, Ini 3 Viewing Point di Ajang F1 Powerboat

Digelar Akhir Februari, Ini 3 Viewing Point di Ajang F1 Powerboat

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE