Logo BeritaSatu

Perkuat Edukasi Kesehatan, Danone Indonesia dan AMSI Gelar Cyber Media Forum

Rabu, 21 September 2022 | 21:18 WIB
Oleh : Claudia Ramadhani / CLA

Jakarta, Beritasatu.com - Pembangunan kesehatan nasional merupakan salah satu hal yang terus menjadi fokus pemerintah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memastikan pemahaman seputar pentingnya kesehatan, pemenuhan nutrisi dan hidrasi, dan gaya hidup sehat. Menjawab hal tersebut, Danone Indonesia bekerjasama dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menggelar program "Cyber Media Forum".

Cyber Media Forum adalah program edukasi untuk peningkatan kompetensi bagi media online. Acara ini juga diharapkan dapat membangun ruang berbagi untuk media dalam menghasilkan karya jurnalistik dalam isu kesehatan di berbagai portal berita.

Program edukasi publik yang bertema "Potret dan Tantangan Kesehatan Masyarakat Menjelang Endemi Covid-19" berlangsung secara virtual pada Rabu, (21/9/2022). Acara ini dihadiri oleh 40 media nasional dan lokal dengan pembicara dari berbagai multidisiplin yakni drg. Widyawati, MKM, Direktur Promosi Kesehatan Kemenkes, dr. Nurul Ratna, M.Gizi, Sp.GK, Ketua Dep. Ilmu Gizi FKUI, dr. CSP Wekadigunawan, MPH, PdH, Pengurus Pusat IAKMI, Uyung Pramudiarja, Redaktur Pelaksana Detik Health.

Selain itu, acara ini juga dibuka oleh sambutan dari Sekretaris Jendral AMSI, Wahyu Dyatmika, dan Corporate Communications Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin.

Saat ini jumlah pengguna internet nasional melonjak sebesar 54,25% dengan penetrasi internet mencapai 73,7% dari total penduduk Indonesia (We Are Social 2022). Lalu, data dari Reuters Institute menunjukkan mayoritas masyarakat Indonesia memanfaatkan sejumlah media daring dalam mengonsumsi berita.

Kondisi ini menjadi peluang yang sangat strategis bagi media massa online untuk mengambil peran dalam mengedukasi masyarakat, khususnya dalam isu-isu utama bagi masyarakat seperti isu kesehatan.

Wahyu Dyatmika selaku Sekjen Asosiasi Media Siber Indonesia mengatakan, “Di tengah situasi kesehatan nasional yang masih menjadi tantangan tersendiri bagi publik dan pemerintah, maka sebagai insan pers yang menjalankan perannya sebagai sumber penyedia informasi, diharapkan dapat mengangkat berita tentang isu kesehatan yang terverifikasi dari sumber-sumber kredibel, sehingga dapat menjadi rujukan bagi publik agar mereka mampu menyikapi informasi dengan tepat sasaran”.

Sementara itu Arif Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia, menjelaskan bahwa pertumbuhan informasi di dunia digital yang begitu cepat, merupakan tantangan yang harus diimbangi oleh media massa, namun tetap memegang prinsip informasi yang akurat, faktual, dan akuntabel.

"Upaya untuk meningkatkan kualitas jurnalisme terus dilakukan dengan cara memberikan pendidikan dan uji kompetensi rekan-rekan jurnalis. Selain dari tujuan kami terhadap peningkatan jurnalis, kami juga berkomitmen mendukung pemerintah dalam mengedukasi masyarakat akan isu kesehatan dan nutrisi melalui jurnalis sebagai key opinion leader dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat. Sebagaimana misi kami yakni membawa kesehatan ke banyak masyarakat, tidak hanya melalui operasional bisnis kami, namun juga upaya edukasi yang dilakukan untuk publik," imbuh Arif.

Program Cyber Media Forum dirancang dengan format workshop online yang diikuti oleh sedert media online anggota AMSI yang berasal dari Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sumatera Barat, Lampung, Medan, Manado, Makassar, Kalimantan, dan Papua.

Materi seputar kesehatan, nutrisi dan hidrasi dihadirkan untuk meningkatkan pengetahuan maupun soft skills dari para peserta.

"Kami berharap melalui program Cyber Media Forum, peserta dapat lebih memahami materi isu kesehatan dasar yang diberikan oleh pakar atau sumber yang kompeten, untuk memperluas perspektif jurnalis dalam melakukan liputan dan juga saat penulisan. Salah satunya untuk membangun kesadaran masyarakat dalam penerapan pola hidup sehat di masa adaptasi new normal seperti saat ini," tutup Arif.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wapres: Perlu Kerja Bersama Turunkan Angka Stunting di Indonesia

Wapres KH Ma'ruf Amin menegaskan perlu kerja bersama yang makin intens antara semua stakeholder dalam menurunkan angka stunting di Indonesia.

NEWS | 7 Desember 2022

Destinasi Wisata di Nusa Penida Disiapkan Secara Optimal

Destinasi wisata Kepulauan Nusa Penida, Klungkung disiapkan secara optimal karena memiliki pemandangan alam yang indah yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

NEWS | 7 Desember 2022

Drone Serang Pangkalan Udara Rusia, Analis: Sistem Pertahanan Gagal

Dua serangan drone di pangkalan udara di dalam wilayah Rusia telah membuat Moskwa mendapat pukulan besar.

NEWS | 7 Desember 2022

Musra XIX Digelar di DIY Awal Tahun Depan

Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY bakal menjadi tuan rumah Musyawarah Rakyat alias Musra ke XIX bulan Januari tahun depan.

NEWS | 7 Desember 2022

Al Jazeera Ajukan Kasus Shireen Abu Akleh ke Pengadilan Internasional

Al Jazeera telah mengajukan kasus pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh, yang ditembak di kepala saat meliput serangan Israel ke Pengadilan Kriminal Internasional.

NEWS | 7 Desember 2022

Ganjar Pranowo dan Cerita Dapur Megawati di Kebagusan

Ganjar Pranowo mengaku banyak mendapat ilmu dan pengalaman politik di dapur rumah Megawati Soekarno Putri di Kebagusan, Jakarta Selatan.

NEWS | 7 Desember 2022

7 Desember, Polda Metro Uji Coba Tilang Elektronik Mobile

Polda Metro Jaya uji coba penindakan menggunakan sistem tilang elektronik mobile atau electronic traffic law enforcement/ETLE mobile mulai 7 Desember

NEWS | 6 Desember 2022

KKB Tembak Mati 3 Tukang Ojek di Pegunungan Bintang Papua

KKB tembak mati tiga tukang ojek di Kampung Mangabib, Distrik Oksebang Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

NEWS | 6 Desember 2022

Ganjar: Pemanfaatan Medsos Penting bagi Pemimpin Masa Kini

Ganjar Pranowo membeberkan pentingnya pemanfaatan medsos bagi pemimpin masa kini.  Medsos sangat penting untuk menjangkau banyak masyarakat.

NEWS | 6 Desember 2022

Foto Prewedding, Kaesang Sempat Kabur Saat Mau Didandani Rama Jee

Make up Artist (MUA) Rama Jee mengaku, Kaesang Pangarep sempat kabur saat akan didandani untuk foto prewedding.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Drone Serang Pangkalan Udara Rusia, Analis: Sistem Pertahanan Gagal

Drone Serang Pangkalan Udara Rusia, Analis: Sistem Pertahanan Gagal

NEWS | 25 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE