Logo BeritaSatu

Singgung Tenaga Honorer, Azwar Khawatir Indonesia Jadi “Republik Honorer”

Kamis, 22 September 2022 | 15:43 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) Abdullah Azwar Anas mengkhawatirkan Indonesia menjadi “republik honorer”. Hal itu disampaikan Azwar merespons banyaknya tenaga honorer yang minta diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN).

“Jangan-jangan kalau honorer terus diangkat, ini (Indonesia) jadi republik honorer. Karena fresh graduate yang per tahun rata-rata hampir satu juta anak yang lulus tidak akan mendapaykan tempat. Tentu ini jadi tantangan kita semua,” ujar Anas dalam sambutannya di acara penandatanganan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Netralitas Pegawai ASN dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan di kantor Kementerian PAN dan RB, Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Selain Anas, SKB ini ditandatangani juga oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto, dan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja.

Anas mengaku situasi tersebut memang dilematis, satu pihak tenaga honorer terus bermunculan dalam tatanan pegawai pemerintahan dan ingin diangkat menjadi ASN. Di lain pihak juga muncul para fresh graduate dari perguruan tinggi sekitar 1 juta orang per tahun.

“Ke depan ini kita menghadapi perlu adanya akselerasi, transformasi manajemen ASN menuju birokrasi yang berkelas dunia. Kita juga hadapi dilema ini. Di satu sisi kita mendorong supaya ASN bersaing, melayani di era disrupsi dan lain-lain,” katanya.

“Di sisi lain gelembung-gelembung honorer terus tumbuh, ada yang honorer memang kualitasnya bagus di berbagai daerah, tetapi ada honorer yang direkrut dengan berbagai macam cara yang kemudian minta diangkat ASN,” ucapnya.

Baca selanjutnya
Sebelumnya, Azwar Anas telah merangkul bupati seluruh Indonesia yang tergabung dalam ...


hal 1 dari 3 halaman

Halaman: 123selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Update Gempa Cianjur: 318 Jiwa Orang Meninggal Dunia

Jumlah korban meninggal akibat gempa Cianjur, hingga hari ini, Sabtu (26/11/2022) pukul 17.00 WIB terus bertambah menjadi 318 orang.

NEWS | 26 November 2022

Segera Dibuka, Intibios Hang Tuah Hadirkan Layanan Kesehatan Satu Atap

Intibios Hang Tuah yang akan segera beroperasi memberikan layanan kesehatan satu atap yaitu laboratorium, klinik sekaligus farmasi di satu tempat.

NEWS | 26 November 2022

Enggartiasto: Intibios Utamakan Experience Layanan Kesehatan

Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa layanan kesehatan Intibios ingin memberikan pengalaman pelayanan kesehatan yang berbeda kepada masyarakat.

NEWS | 26 November 2022

Kendarai Motor, Mahasiswa UMM Jatuh dari Jembatan Setinggi 25 Meter

Mahasiswa UMM Irfaan Hafids Akbar jatuh dari atas jembatan Soekarno Hatta, Kota Malang. Korban jatuh dari ketinggian 25 meter.

NEWS | 26 November 2022

Antar Bantuan Korban Gempa Cianjur, BNPB Gunakan Motor

BNPB menggunakan sepeda motor untuk mengantarkan bantuan bagi korban gempa Cianjur yang berada di daerah yang susah dijangkau.

NEWS | 26 November 2022

Jokowi Tegaskan Reputasi Global Indonesia Patut Dijaga

Presiden Jokowi mengatakan reputasi global yang diraih Indonesia saat ini patut dijaga keberlanjutannya oleh kepemimpinan berikutnya.

NEWS | 26 November 2022

Guru Diminta Ciptakan Lingkungan Belajar Menyenangkan

Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim mengajak guru berinovasi menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan.

NEWS | 26 November 2022

Warga Rembang Bergerak Membantu Korban Gempa Cianjur

Masyarakat di Rembang terus bergerak membantu para korban gempa Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Mereka dengan menggalang bantuan di jalan protokol di Rembang.

NEWS | 26 November 2022

BPKH Menyerahkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyerahkan bantuan kemaslahatan senilai Rp 2,2 miliar untuk para korban gempa Cianjur.

NEWS | 26 November 2022

Pekan Depan, Sidang Ferdy Sambo Dkk Digelar 3 Hari

Sidang Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk) digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) pekan depan selama tiga hari.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Tundukkan Tunisia, Australia Buka Peluang ke 16 Besar

Piala Dunia 2022: Tundukkan Tunisia, Australia Buka Peluang ke 16 Besar

SEMESTA BOLA 2022 | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE