Logo BeritaSatu

Jokowi Pastikan Menghadiri Pertemuan Pemimpin Agama Dunia di Bali

Kamis, 22 September 2022 | 18:18 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan kesiapannya untuk menghadiri pertemuan dan dialog para pemimpin agama dunia, Religion 20 (R-20) di Nusa Dua, Bali, pada 3 November 2022. R-20 adalah salah satu kegiatan berskala internasional yang menjadi salah satu kegiatan dalam rangkaian forum G-20.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat menerima jajaran Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang dipimpin Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (22/09/2022).

“Kami tadi memohon kesediaan bapak Presiden untuk hadir memberikan arahan dan membuka secara resmi forum R-20 tersebut,” imbuhnya.

“Menuju puncak peringatan tersebut, ada rangkaian kegiatan, ada 9 klaster kegiatan yang di antaranya adalah kegiatan NU Women, NU Technology, Festival Seni Tradisional Islam Nusantara, dan beberapa kegiatan internasional lainnya,” kata Yahya.

Pada kesempatan itu, ia juga melaporkan kepada Presiden Jokowi terkait rangkaian kegiatan menuju puncak peringatan 1 Abad lahirnya Nahdlatul Ulama yang jatuh pada 16 Rajab 1444 Hijriah atau bertepatan dengan 7 Februari 2023.

Lebih lanjut, Yahya mengatakan forum R-20 akan dihadiri kalangan pemuka agama dunia, antara lain Sekretaris Jenderal Rabithah Alam Islami atau Liga Muslim Dunia, Muhammad bin Abdul Karim Al Issa; Presiden Pontifical Council for Interreligious Dialogue dari Vatikan, Kardinal Miguel Ayuso; dan Sekretaris Jenderal World Evangelical Alliance, Pendeta Thomas Schirrmacher.

“Bapak Presiden mengatakan berkenan untuk hadir. Insyaallah kami juga akan mengundang beberapa tokoh yang di samping merupakan tokoh agama, juga pemimpin negara, seperti misalnya Raja Norodom Sihamoni dari Kamboja. Insyaallah nanti beliau akan hadir dalam kapasitas sebagai salah seorang pemimpin agama Buddha, tokoh agama Buddha,” kata Yahya.

Yahya berharap nantinya forum R-20 akan menghasilkan sejumlah kesepakatan para pemimpin agama tentang cara pandang bersama. Dengan begitu, agama bisa menjadi bagian dari solusi berbagai masalah global. Apalagi saat ini masih banyak masalah di berbagai belahan dunia yang berakar dari agama.

“Mudah-mudahan ini akan menjadi inspirasi bagi kehidupan antar agama secara global, karena topik utama dari forum R-20 ini adalah bagaimana upaya para pemimpin-pemimpin agama ini untuk menjadikan agama berhenti sebagai bagian dari masalah dan mulai menjadi bagian dari solusi. Bagaimana agama bisa menyediakan inspirasi spiritual untuk mencari jalan keluar dari berbagai masalah global. Ini yang akan menjadi topik utama dari forum R-20,” katanya.

Mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan itu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri BUMN Erick Thohir.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bom Bunuh Diri, Polisi Selidiki Motif “KUHP: Hukum Syirik/Kafir”

Bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, polri masih menyelidiki motif berkaitan dengan tulisan  “KUHP: Hukum Syirik/Kafir”.

NEWS | 7 Desember 2022

Polisi Dalami Tulisan soal KUHP Produk Kafir di Motor Pelaku Bom Bandung

Polisi mendalami tulisan atau pesan soal KUHP di motor pelaku bom Bandung. Pesan itu tertempel pada bagian depan motor.

NEWS | 7 Desember 2022

Motor Berpelat Solo Diduga Dipakai Pelaku Bom Bunuh Diri

Motor yang diduga digunakan pelaku bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar Bandung, berpelat “AD” atau dari wilayah Solo.

NEWS | 7 Desember 2022

Kapolri Tinjau Lokasi Pasca Bom Bunuh Diri di Bandung

Kapolri tiba di Kantor Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, untuk meninjau situasi pasca-ledakan bom bunuh diri, Rabu (7/12/2022) siang.

NEWS | 7 Desember 2022

Lord Rangga Pernah Jadi Manajer Klub Bola di Brebes

Lord Rangga menghebohkan publik pada 2020 melalui kehadiran Sunda Empire di Bandung, Jawa Barat. Ia kerap membuat pernyataan nyeleneh.

NEWS | 7 Desember 2022

Pelaku Bom Bunuh Diri Bandung, Kapolda: Bawa Dua Bom

Kapolda Jabar mengatakan pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung diduga membawa dua unit bom ke lokasi.

NEWS | 7 Desember 2022

Update Bom Bunuh Diri Bandung: 10 Korban Anggota Polisi dan 1 Sipil

Kapolda Jabar Inspektur Jenderal Polisi Suntana menyebutkan ada 11 orang yang menjadi korban dalam peristiwa ledakan bom bunuh diri.

NEWS | 7 Desember 2022

Waspada, PVMBG: Gunung Semeru Masih Berstatus Awas

PVMBG Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melaporkan aktivitas Gunung Semeru masih ada pada level tertinggi yakni level IV atau Awas.

NEWS | 7 Desember 2022

Bom Bunuh Diri Bandung, Polda Jatim Perketat Penjagaan

Polda Jatim memperketat penjagaan pasca-ledakan bom bunuh diri meledak di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022).

NEWS | 7 Desember 2022

Olah TKP, Benny Ali Lihat Senpi di Pinggang Bharada E

Benny Ali mengungkapkan dirinya sempat melihat adanya senjata api (senpi) masih berada di pinggang Bharada E saat olah TKP kasus pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bom Bunuh Diri, Polisi Selidiki Motif “KUHP: Hukum Syirik/Kafir”

Bom Bunuh Diri, Polisi Selidiki Motif “KUHP: Hukum Syirik/Kafir”

NEWS | 14 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE