Logo BeritaSatu

Presiden Jokowi Minta Bawaslu Tegas Hadapi Pelanggar UU Pemilu

Kamis, 22 September 2022 | 18:20 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / CAR

Jakarta, Beritasatu.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) bersikap tegas dalam proses penegakan hukum untuk mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran berdasarkan ketentuan Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Dengan begitu, para pihak masyarakat akan berpikir dua kali untuk melakukan pelanggaran pemilu.

“Bapak Presiden meminta Bawaslu tegas dalam melakukan penegakan hukum, sehingga kemudian orang berpikir dua kali untuk melanggar ketentuan Undang-Undang Pemilu, baik ketentuan pidana, ketentuan administrasi, maupun ketentuan etika,” kata Ketua Bawaslu Rahmat Bagja usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Pada kesempatan itu, Rahmat juga meminta dukungan Presiden Jokowi terkait beberapa hal mengenai fasilitas pengawasan dalam pemilu.

“Kami mintakan kepada Bapak Presiden, khususnya mengenai support pembiayaan dan lain-lain dan sudah dipenuhi pemerintah walaupun ada beberapa hal yang masih kurang, kekurangan inilah yang kemudian kita mohonkan kembali,” kata Rahmat.

Lebih lanjut dikatakan, Bawaslu meminta petugas keamanan dan pengawas di tempat pemungutan suara (TPS) di pulau-pulau terdepan mendapatkan kemudahan fasilitas untuk berkoordinasi dengan pihak-pihak lainnya.

Selain itu, Rahmat juga mengundang Presiden Jokowi untuk hadir sekaligus membuka acara Global Network on Electoral Justice (GNEJ) di Denpasar, Bali, pada 9 Oktober 2022.

“Ini merupakan sebuah conscious bahwa perkumpulan tribunal election di seluruh dunia yang Bawaslu sekarang menjadi Presiden dari Global Network on Electoral Justice. Acara tahun ini paling besar dan semoga pak Presiden bisa hadir untuk membuka acara tersebut,” tuturnya.

Lebih lanjut, Rahmat juga meminta dukungan kepada Presiden terkait penyediaan fasilitas BPJS untuk panitia pengawas pemilu (panwaslu). Rahmat menyebut, Presiden Jokowi akan mendukung hal tersebut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Anak 8 Tahun Meninggal Tertimbun Longsor di Purwakarta

Seorang anak berusia 8 tahun meninggal dunia tertimbun longsor di Purwakarta, tepatnya di Kampung Cinangsi, Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur.

NEWS | 10 Desember 2022

Sepeda Lipat hingga Gitar, KPK Lelang Barang-barang Gratifikasi

Hakordia 2022, KPK bersama Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) mengadakan lelang barang eks gratifikasi, Jumat (9/12/2022).

NEWS | 10 Desember 2022

HUT ke-73 Polda Metro Jaya,Semua Pimpinan Blusukan

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman melakukan safari bertemu langsung dengan warga Kelurahan Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

NEWS | 10 Desember 2022

Puncak Hakordia 2022, Ratusan Peserta Hadiri Temu Aksi KPK

Ratusan penyuluh antikorupsi dan ahli pembangun integritas hadiri acara puncak Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022.

NEWS | 10 Desember 2022

2 Jam Sebelum Akad Nikah Kaesang-Erina, Tamu Mulai Berdatangan

Para tamu dan undangan akad nikah Kaesang-Erina sudah mulai berdatangan di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo.

NEWS | 10 Desember 2022

Kapolda Kaltim Resmikan Pos Pengamanan Proyek IKN Nusantara

Menurut Imam, kehadiran pos pengamanan bertujuan untuk mendukung dan mengawal proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

NEWS | 10 Desember 2022

Ratusan Becak dan Andong Dilibatkan dalam Pernikahan Kaesang-Erina

Ratusan penarik becak dan andong di Solo akan dilibatkan dalam rangkaian pernikahan Kaesang-Erina. Mereka akan mengantarkan tamu. 

NEWS | 10 Desember 2022

Janur Pernikahan Kaesang Hiasi Jalanan Menuju Pura Mangkunegaran

Janur kuning menghiasi jalanan menuju Pura Mangkunegaran menjelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022) besok. 

NEWS | 10 Desember 2022

Warga Solo Berbondong-bondong Melihat Persiapan Pernikahan Kaesang

Sejumlah warga di Kota Solo, Jawa Tengah penasaran ingin melihat sejumlah persiapan jelang resepsi pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran, Solo.

NEWS | 10 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Perajin Karangan Bunga di Solo Kebanjiran Order

Pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gundono menjadi berkah bagi pengusaha karangan bunga di Kota Solo. Para perajin karangan bungan kebanjiran order. 

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Eliezer Dinilai Sudah Jujur di Sidang Kasus Brigadir J

Eliezer Dinilai Sudah Jujur di Sidang Kasus Brigadir J

NEWS | 53 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE