Logo BeritaSatu

Sebut KPK Lakukan Kriminalisasi, Kuasa Hukum Lukas Enembe Dikecam

Kamis, 22 September 2022 | 20:27 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Pernyataan kuasa hukum Lukas Enembe yang menyatakan bahwa KPK telah melakukan kriminalisasi terhadap kliennya dikecam praktisi hukum Harpa Law Firm Heriyanto. Heriyanto membantah pernyataan Stephanus Roy Rening bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan kriminalisasi terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe.

“Kita perlu melihat penetapan tersangka Lukas Enembe oleh KPK sebagai persoalan penegakan hukum murni bukan persoalan politik. Hal ini juga sudah ditegaskan oleh Menkopolhukam Mahfud MD, ditegaskan oleh KPK, dan Ketua Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) bahwa proses penyelidikan sampai dengan penyidikan dan penetapan tersangka sudah dilakukan bukan hanya menjelang tahun politik, tetapi sudah dilakukan sejak tahun 2017,” ujar Heriyanto melalui keterangan pers, Kamis (22/9/2022).

Menurut Heriyanto , KPK dan PPATK telah menganalisis dan melakukan kajian terhadap terhadap traksaksi keuangan yang mencurigakan terkat dengan Lukas Enembe.

Heriyanto mengingatkan agar kuasa hukum Lukas Enembe untuk memberikan pernyataan berdasarkan fakta hukum dan peristiwa hukum sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

“Stephanus Roy Rening, Anda tidak perlu berkoar-koar bahwa penetapan Lukas Enembe itu adalah karena kepentingan politik, siapa saja yang Anda kaitkan, karena kita tahu selama ini di tanah Papua terjadi tindak pidana korupsi, namun terjadi pembiaran,” sentilnya.

“Saya perlu mengingatkan kepada Bapak Stephanus Roy Rening, Anda ini adalah kuasa hukum bukan kuasa politik, sebagai kuasa hukum Anda bertindak berdasarkan surat kuasa yang diberikan, anda bertindak sebagai pro justitia, Anda tidak bertindak berkoar-koar kemana-mana, itu bukan porsi anda sebagai pengacara Lukas Enembe,” tambahnya.

Heriyanto juga mengapresiasi langkah dari Presiden Jokowi yang secara tegas memerintahkan agar seluruh aparat penegak hukum melakukan pemberantaasan korupsi secara konsekuen.

Masih kata Heriyanto, sebagai pengacara dan kuasa hukum dari Lukas Enembe, Stephanus Roy Rening harus bisa membuktikan dipengadilan bahwa jika kliennya tersebut tidak bersalah bisa melalui langkah hukum praperadilan ke pengadilan, tetapi jika tidak bisa membuktikan tidak bersalah, maka tidak perlu berkoar-koar dan mengaitkan dengan kepentingan politik atau pejabat tertentu seperti yang sebelumnya pernah diungkapkan.

“Saya mengingatkan kepada Stephanus Roy Rening, bahwa Anda yang lakukan itu adalah bentuk prokasi bentuk intimidasi kepada masyarakat Papua, dan secara tidak langsung anda telah membenturkan antar kelompok di antara masyarakat, dan perlu Anda ketahui, apa yang Anda lakukan itu, pada akhirmya akan menimbulkan konflik horizontal,” tegasnya.

Menurut Heriyanto, kalau ada satu nyawa masyarakat Papua melayang karena ucapan Stephanus Roy Rening karena menimbulkan konflik horizontal di tengah masyarakat, maka yang bersangkutan harus bertanggung jawab. Hal ini mengingat dari setiap orang yang mengeluarkan pernyataan berupa fitnah, hoax, dan pernyataan intimidasi harus dipertangggung jawabkan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Relawan Perkuat Poros Kemenangan Ganjar di Jatim, Jateng, dan Jambi

Relawan Sahabat Ganjar memperkuat poros kemenangan untuk Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 di sejumlah kota di Jatim, Jatim, dan Jambi.

NEWS | 8 Oktober 2022

BNPT Kukuhkan 50 Anak Muda Papua Jadi Duta Damai Dunia Maya

BNPT mengukuhkan 50 anak muda Papua sebagai Duta Damai Dunia Maya di salah satu hotel di Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (7/10/2022).

NEWS | 8 Oktober 2022

Wagub Jawa Barat Ingatkan BUMD untuk Penuhi Target

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengingatkan BUMD untuk segera memenuhi target setoran laba sebagai kontribusi terhadap PAD.

NEWS | 8 Oktober 2022

Jumat Malam, Perumahan Dosen IKIP Bekasi Banjir 1,5 Meter

Banjir kembali merendam Perumahan Dosen IKIP, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jumat (7/10/2022) malam.

NEWS | 8 Oktober 2022

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 7 Oktober 2022

Berikut ini Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 7 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Data Kasus & Kematian Covid-19 di Jakarta, 7 Oktober 2022

Berikut ini Data Kasus & Kematian Covid-19 di Jakarta, 7 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian kesehatan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Data Kasus Aktif Covid-19 Nasional sampai 7 Oktober 2022

Berikut ini Data Kasus Aktif Covid-19 Nasional sampai 7 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Data Prevalensi Covid-19 di 10 Provinsi, 7 Oktober 2022

Berikut ini Data Prevalensi Tertinggi Covid-19 di 10 Provinsi, 7 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Baim Wong Bikin Konten Prank karena Merasa Dekat dengan Anggota Polisi

Artis Baim Wong mengaku mengenal anggota Polsek Kebayoran Lama sehingga dia berani membuat konten prank kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

NEWS | 7 Oktober 2022

Data Positivity Rate Covid-19 sampai 7 Oktober 2022

Berikut ini Data Positivity Rate Covid-19 sampai 7 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Tips Agar Jejak Digital di Internet Tidak Negatif

Ini Tips Agar Jejak Digital di Internet Tidak Negatif

LIFESTYLE | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings