Logo BeritaSatu

Sebut KPK Lakukan Kriminalisasi, Kuasa Hukum Lukas Enembe Dikecam

Kamis, 22 September 2022 | 20:27 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Pernyataan kuasa hukum Lukas Enembe yang menyatakan bahwa KPK telah melakukan kriminalisasi terhadap kliennya dikecam praktisi hukum Harpa Law Firm Heriyanto. Heriyanto membantah pernyataan Stephanus Roy Rening bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan kriminalisasi terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe.

“Kita perlu melihat penetapan tersangka Lukas Enembe oleh KPK sebagai persoalan penegakan hukum murni bukan persoalan politik. Hal ini juga sudah ditegaskan oleh Menkopolhukam Mahfud MD, ditegaskan oleh KPK, dan Ketua Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) bahwa proses penyelidikan sampai dengan penyidikan dan penetapan tersangka sudah dilakukan bukan hanya menjelang tahun politik, tetapi sudah dilakukan sejak tahun 2017,” ujar Heriyanto melalui keterangan pers, Kamis (22/9/2022).

Menurut Heriyanto , KPK dan PPATK telah menganalisis dan melakukan kajian terhadap terhadap traksaksi keuangan yang mencurigakan terkat dengan Lukas Enembe.

Heriyanto mengingatkan agar kuasa hukum Lukas Enembe untuk memberikan pernyataan berdasarkan fakta hukum dan peristiwa hukum sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

“Stephanus Roy Rening, Anda tidak perlu berkoar-koar bahwa penetapan Lukas Enembe itu adalah karena kepentingan politik, siapa saja yang Anda kaitkan, karena kita tahu selama ini di tanah Papua terjadi tindak pidana korupsi, namun terjadi pembiaran,” sentilnya.

“Saya perlu mengingatkan kepada Bapak Stephanus Roy Rening, Anda ini adalah kuasa hukum bukan kuasa politik, sebagai kuasa hukum Anda bertindak berdasarkan surat kuasa yang diberikan, anda bertindak sebagai pro justitia, Anda tidak bertindak berkoar-koar kemana-mana, itu bukan porsi anda sebagai pengacara Lukas Enembe,” tambahnya.

Heriyanto juga mengapresiasi langkah dari Presiden Jokowi yang secara tegas memerintahkan agar seluruh aparat penegak hukum melakukan pemberantaasan korupsi secara konsekuen.

Masih kata Heriyanto, sebagai pengacara dan kuasa hukum dari Lukas Enembe, Stephanus Roy Rening harus bisa membuktikan dipengadilan bahwa jika kliennya tersebut tidak bersalah bisa melalui langkah hukum praperadilan ke pengadilan, tetapi jika tidak bisa membuktikan tidak bersalah, maka tidak perlu berkoar-koar dan mengaitkan dengan kepentingan politik atau pejabat tertentu seperti yang sebelumnya pernah diungkapkan.

“Saya mengingatkan kepada Stephanus Roy Rening, bahwa Anda yang lakukan itu adalah bentuk prokasi bentuk intimidasi kepada masyarakat Papua, dan secara tidak langsung anda telah membenturkan antar kelompok di antara masyarakat, dan perlu Anda ketahui, apa yang Anda lakukan itu, pada akhirmya akan menimbulkan konflik horizontal,” tegasnya.

Menurut Heriyanto, kalau ada satu nyawa masyarakat Papua melayang karena ucapan Stephanus Roy Rening karena menimbulkan konflik horizontal di tengah masyarakat, maka yang bersangkutan harus bertanggung jawab. Hal ini mengingat dari setiap orang yang mengeluarkan pernyataan berupa fitnah, hoax, dan pernyataan intimidasi harus dipertangggung jawabkan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mutasi Polri, Kapolres Jaksel Dijabat Kombes Ade Ary

Salah satu jabatan di Polri yang dirotasi yaitu Kapolres Metro Jakarta Selatan dan saat ini dijabat oleh Kombes Ade Ary Syam Indradi.

NEWS | 26 September 2022

Sesuai Agenda, KPK Jadwalkan Periksa Lukas Enembe Hari Ini

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan untuk memeriksa Gubernur Papua, Lukas Enembe hari ini, Senin (26/9/2022).

NEWS | 26 September 2022

Pasien Covid-19 Dirawat di RSDC Wisma Atlet Tersisa 33

Pasien Covid-19 yang dirawat di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini Minggu (25/9/2022) tersisa 33 orang

NEWS | 26 September 2022

Sidang Etik Ipda Arsyad Daiva Dilanjutkan Hari Ini

Polri akan melanjutkan sidang etik mantan Kasubnit I Unit I Satreskrim Polres Jaksel, Ipda Arsyad Daiva Gunawan pada hari ini, Senin (26/9/2022).

NEWS | 26 September 2022

Relawan Tegaskan Komitmen Usung Anies dengan Cara Etis

Forum Komunikasi Antar Simpul Relawan Anies Baswedan menegaskan akan mengusung Anies pada Pilpres 2024 dengan cara-cara yang etis.

NEWS | 26 September 2022

Rencana Penculikan Menteri Kehakiman Belgia, 4 Orang Ditangkap

Polisi telah menangkap empat orang tersangka terkait rencana penculikan menteri kehakiman Belgia pada akhir pekan kemarin.

NEWS | 26 September 2022

Dedi Mulyadi Kirim Pesan Menyayat Hati Jelang Sidang Cerai

Anggota DPR RI Dedi Mulyadi menyampaikan sebuah pesan "menyayat hati" menjelang sidang gugatan perceraian dengan istrinya, Anne Ratna Mustika.

NEWS | 26 September 2022

BMKG: Awal Pekan, Cuaca Jakarta Bakal Cerah Berawan

BMKG memprakirakan cuaca Jakarta pada hari ini, Senin (26/9/2022), akan cerah berawan hingga berawan.

NEWS | 26 September 2022

Visa Dikeluhkan Jokowi, Imigrasi Bentuk Satgas Kepatuhan

Dirjen Imigrasi segera membentuk Satgas Kepatuhan guna mempercepat proses pembuatan visa usai dikeluhkan oleh Presiden Jokowi.

NEWS | 26 September 2022

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 25 September 2022

Berikut ini Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 25 September 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Satgas PMK: 3 Juta Ekor Hewan Ternak Telah Divaksin

Satgas PMK: 3 Juta Ekor Hewan Ternak Telah Divaksin

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings