Logo BeritaSatu

KIB Dinilai Dapat Siapkan Kader Terbaik sebagai Capres

Kamis, 22 September 2022 | 21:38 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menilai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dapat mengajukan kader internal sebagai calon presiden (capres). Menurutnya, KIB bisa mempertimbangkan untuk mengambil posisi capres maupun calon wakil presiden (cawapres).

“KIB ini bisa menyiapkan kader terbaiknya untuk menjadi calon presiden. Artinya ada kecenderungan KIB bisa memakai tiketnya atau tiketnya tidak dirobek, tetapi tiket ini dipakai oleh oleh partai pengusung sendiri dengan mengajukan kader terbaiknya atau ketua umumnya atau tokoh tokoh sentralnya,” katanya di Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Pangi mengatakan KIB juga bisa mengajukan kandidat dari eksternal. Hal itu akan meneguhkan KIB sebagai koalisi inklusif dengan memberikan kesempatan pada tokoh eksternal yang tidak terakomodasi partai politik (parpol) lain.

“KIB akan bisa menampung orang-orang yang potensial yang tidak punya boarding pass, yang tidak punya partai. Dia tokoh eksternal, tetapi punya nilai jual yang bagus, elektabilitas yang bagus, maka KIB akan bisa mengakomodasi mereka tokoh-tokoh eksternal untuk memakai boarding pass KIB ini,” katanya.

Menurut Syarwi, proses penjaringan capres maupun cawapres juga menjadi ujian KIB. Pemilihan kandidat akan banyak membutuhkan penyesuaian pada kepentingan politik dari partai anggota koalisi. Hal itu akan sangat berpengaruh pada kerekatan koalisi.

“Daya rekat lem koalisi ini sebetulnya ada pada kandidasi. Inilah soal yang akan diuji. Apakah koalisi KIB mengalami patah di tengah jalan Apakah KIB akan bertahan sampai akhir? Ini daya rekat lem koalisi ini sangat berbasis kepada preferensi kandidasinya,” tegasnya.

Baca selanjutnya
Pangi mengatakan tujuan KIB kini ialah menyiapkan kandidat terbaik untuk disajikan ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sebut Pemimpin Berambut Putih, Sinyal Kuat Jokowi Dukung Ganjar

Dengan menyembut pemimpin berambut putih di acara Nusantara Bersatu, Presiden Jokowi memberikan sinyal kuat mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. 

NEWS | 26 November 2022

Mendag: Sail Tidore 2022 Dorong Perekonomian di Maluku Utara

Mendag Zulkifli Hasan menyampaikan, Sail Tidore 2022 merupakan salah satu upaya untuk menjaga perekonomian di kawasan Indonesia Timur.

NEWS | 26 November 2022

Soal Kasus Tambang Ilegal, Kapolri: Kami Mulai dari Ismail Bolong

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim) mulai didalami dengan memeriksa Ismail Bolong. 

NEWS | 26 November 2022

Kasus Tambang Ilegal, Polisi Masih Cari Ismail Bolong

Penyidik Dittipidter Bareskrim Polri masih terus mencari keberadaan mantan polisi, Ismail Bolong terkait kasus dugaan suap tambang ilegal di Kaltim. 

NEWS | 26 November 2022

Tim SAR Gabungan Evakuasi 4 Jenazah Korban Gempa Cianjur

Tim SAR gabungan mengevakuasi empat jenazah korban gempa Cianjur, di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Sabtu (26/11/2022).

NEWS | 26 November 2022

Bareskrim Akan Panggil Lagi Ismail Bolong soal Tambang Ilegal di Kaltim

Penyidik Dittipidter Bareskrim Polri melayangkan panggilan kedua terhadap Ismail Bolong mengenai kasus dugaan suap tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim).

NEWS | 26 November 2022

Kasus Suap AKBP Bambang Kayun, Bareskrim Akan Bertemu KPK

Bareskrim Polri dan KPK dijadwalkan akan bertemu pada Selasa (29/11/2022) untuk membahas mengenai kasus dugaan suap dan gratifikasi AKBP Bambang Kayun. 

NEWS | 26 November 2022

Jokowi Dua Kali Sebut Pemimpin Berambut Putih, Warganet: Keras Kodenya

Warganet langsung menyebut nama Ganjar Pranowo begitu Presiden Jokowi mengatakan bahwa pemimpin yang memikirkan rakyat adalah yang berambut putih.

NEWS | 26 November 2022

5 Hari Pasca-Gempa Cianjur, Bantuan Mulai Tembus Wilayah Terisolasi

Memasuki hari kelima bencana gempa Cianjur, Jawa Barat, sejumlah wilayah terisolasi mulai bisa ditembus oleh para relawan bencana.

NEWS | 26 November 2022

Jokowi: Kepemimpinan Indonesia di Tingkat Global Sedang di Titik Puncak

Presiden Jokowi menilai kepemimpinan Indonesia di tingkat global sedang mencapai titik puncaknya setelah keberhasilan KTT G20 di Bali.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pekan Depan, Sidang Ferdy Sambo Dkk Digelar 3 Hari

Pekan Depan, Sidang Ferdy Sambo Dkk Digelar 3 Hari

NEWS | 46 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE