Logo BeritaSatu

Joe Biden dan Liz Truss Sepakat Dukung Terus Ukraina

Jumat, 23 September 2022 | 07:00 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

New York, Beritasatu.com- Perdana Menteri Inggris Liz Truss dan Presiden AS Joe Biden pada Rabu (21/9/2022) menyepakati dukungan berkelanjutan untuk Ukraina dan mengatasi krisis energi.

“Kedua pemimpin sepakat bahwa tindakan Presiden Rusia Vladimir Putin menyoroti perlunya sekutu untuk melanjutkan dukungan ekonomi dan militer mereka ke Ukraina,” kata kantor Truss seperti dilaporkan Reuters.

Putin memerintahkan mobilisasi masa perang pertama Rusia sejak Perang Dunia Kedua pada Rabu (21/9) dalam pidato yang disiarkan televisi saat ia juga mengumumkan langkah untuk mencaplok petak wilayah Ukraina dan mengancam akan menggunakan senjata nuklir untuk membela Rusia.

“Para pemimpin mengutuk pernyataan agresif Putin baru-baru ini tentang Ukraina,” kata juru bicara Truss, yang menjabat lebih dari dua minggu lalu, setelah pertemuan langsung pertama pasangan itu.

“Mereka setuju tindakannya menyoroti perlunya sekutu untuk melanjutkan dukungan ekonomi dan militer mereka ke Ukraina,” tambahnya.

Selama pertemuan, yang berlangsung di Majelis Umum PBB di New York, para pemimpin juga menekankan perlunya “mengakhiri ketergantungan berlebihan pada negara-negara otoriter dalam hal energi, teknologi, dan rantai pasokan manufaktur.

“Mereka sepakat untuk melipatgandakan upaya bilateral untuk mengurangi ketergantungan energi pada Rusia dan untuk meningkatkan jumlah energi terbarukan dan bentuk lain yang mengalir dari negara-negara demokratis,” tambah juru bicara itu.

Joe Biden bertemu Liz Truss di sela-sela Majelis Umum PBB ke-77 dan berkomitmen untuk melanjutkan koordinasi yang erat antara kedua negara mengenai tantangan global, termasuk dukungan untuk Ukraina.

"Para pemimpin berkomitmen untuk melanjutkan koordinasi erat pemerintah mereka pada tantangan global, termasuk dukungan untuk Ukraina karena membela diri terhadap agresi Rusia, mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh Tiongkok, dan mengamankan pasokan energi yang berkelanjutan dan terjangkau," kata Gedung Putih.

Presiden AS, yang berada di New York untuk menghadiri Sidang Majelis Umum PBB (UNGA), menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Yang Mulia Ratu Elizabeth II dan penghargaan atas kesempatan untuk memberikan penghormatan pada Pemakaman Negara.

"Para pemimpin membahas pentingnya dukungan berkelanjutan untuk Dana Global untuk Memerangi AIDS, Tuberkulosis dan Malaria. Mereka juga menegaskan komitmen bersama mereka untuk melindungi pencapaian Kesepakatan Belfast/Jumat Agung," bunyi pernyataan itu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jangan Sebar Foto dan Video Bom Bandung

Mabes Polri mengingatkan masyarakat untuk tidak menyebar foto bom Bandung. Hal ini mengingat teror bertujuan menebar ketakutan dan ketidakstabilan negara.

NEWS | 7 Desember 2022

Polda Banten Tingkatkan Pengamanan Usai Bom Bunuh Diri di Bandung

Polda Banten dan jajarannya telah meningkatkan pengamanan usai terjadinya bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Polrestabes Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022

Isak Tangis Keluarga Sambut Jenazah Aipda Sofyan Korban Bom Bandung

Jenazah Anggota Polsek Astana Anyar, Aipda Sofyan yang menjadi korban bom Bandung, tiba di rumah duka.

NEWS | 7 Desember 2022

Bisa Susun Skenario, Ferdy Sambo Beruntung CCTV Rumah Dinas Rusak

Ferdy Sambo sempat merasa beruntung karena CCTV rusak di rumah dinasnya di Kompleks Polri, Duren Tiga, karena dengan demikian ia bisa menyusun cerita fiktif.

NEWS | 7 Desember 2022

Ferdy Sambo Ungkap Perintahnya ke Bharada E: Hajar Cad...

Ferdy Sambo mengungkapkan perintah yang dia katakan  Bharada E untuk Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Moeldoko: Stop Aksi Bom Bunuh Diri, Apa Untungnya?

Moeldoko menyatakan peristiwa bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar menyadarkan semua pihak bahwa ideologi yang berlandaskan kekerasan tidak bermanfaat.

NEWS | 7 Desember 2022

Bom Bunuh Diri, BNPT: Tak Mudah Baca Pemikiran Pelaku Terorisme

Terkait bom bunuh diri Bandung, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar mengakui tidak mudah untuk membaca pemikiran para pelaku terorisme.

NEWS | 7 Desember 2022

Terekam CCTV, Pelaku Bom Bandung Bawa Dua Bungkusan

Pelaku peledakan Mapolsek Astana Anyar pada Rabu (7/12/2022) pagi, terekam kamera CCTV sedang membawa dua bungkusan yang diduga bom.

NEWS | 7 Desember 2022

Anggota DPR Minta Polri Segera Cari Aktor Intelektual Bom Bandung

Anggota DPR Komisi III, Arteria Dahlan meminta Polri untuk segera mencari aktor intelektual peristiwa bom Bandung, Rabu (7/12/2022).

NEWS | 7 Desember 2022

Kerajaan Sunda Empire, Nama yang Lejitkan Lord Rangga

Nama Sunda Empire tersebut melejitkan nama Lord Rangga di khalayak umum dan membuatnya menjadi pesohor.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jangan Sebar Foto dan Video Bom Bandung

Jangan Sebar Foto dan Video Bom Bandung

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE