Logo BeritaSatu

Joe Biden dan Liz Truss Sepakat Dukung Terus Ukraina

Jumat, 23 September 2022 | 07:00 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

New York, Beritasatu.com- Perdana Menteri Inggris Liz Truss dan Presiden AS Joe Biden pada Rabu (21/9/2022) menyepakati dukungan berkelanjutan untuk Ukraina dan mengatasi krisis energi.

“Kedua pemimpin sepakat bahwa tindakan Presiden Rusia Vladimir Putin menyoroti perlunya sekutu untuk melanjutkan dukungan ekonomi dan militer mereka ke Ukraina,” kata kantor Truss seperti dilaporkan Reuters.

Putin memerintahkan mobilisasi masa perang pertama Rusia sejak Perang Dunia Kedua pada Rabu (21/9) dalam pidato yang disiarkan televisi saat ia juga mengumumkan langkah untuk mencaplok petak wilayah Ukraina dan mengancam akan menggunakan senjata nuklir untuk membela Rusia.

“Para pemimpin mengutuk pernyataan agresif Putin baru-baru ini tentang Ukraina,” kata juru bicara Truss, yang menjabat lebih dari dua minggu lalu, setelah pertemuan langsung pertama pasangan itu.

“Mereka setuju tindakannya menyoroti perlunya sekutu untuk melanjutkan dukungan ekonomi dan militer mereka ke Ukraina,” tambahnya.

Selama pertemuan, yang berlangsung di Majelis Umum PBB di New York, para pemimpin juga menekankan perlunya “mengakhiri ketergantungan berlebihan pada negara-negara otoriter dalam hal energi, teknologi, dan rantai pasokan manufaktur.

“Mereka sepakat untuk melipatgandakan upaya bilateral untuk mengurangi ketergantungan energi pada Rusia dan untuk meningkatkan jumlah energi terbarukan dan bentuk lain yang mengalir dari negara-negara demokratis,” tambah juru bicara itu.

Joe Biden bertemu Liz Truss di sela-sela Majelis Umum PBB ke-77 dan berkomitmen untuk melanjutkan koordinasi yang erat antara kedua negara mengenai tantangan global, termasuk dukungan untuk Ukraina.

"Para pemimpin berkomitmen untuk melanjutkan koordinasi erat pemerintah mereka pada tantangan global, termasuk dukungan untuk Ukraina karena membela diri terhadap agresi Rusia, mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh Tiongkok, dan mengamankan pasokan energi yang berkelanjutan dan terjangkau," kata Gedung Putih.

Presiden AS, yang berada di New York untuk menghadiri Sidang Majelis Umum PBB (UNGA), menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Yang Mulia Ratu Elizabeth II dan penghargaan atas kesempatan untuk memberikan penghormatan pada Pemakaman Negara.

"Para pemimpin membahas pentingnya dukungan berkelanjutan untuk Dana Global untuk Memerangi AIDS, Tuberkulosis dan Malaria. Mereka juga menegaskan komitmen bersama mereka untuk melindungi pencapaian Kesepakatan Belfast/Jumat Agung," bunyi pernyataan itu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Tambang Ilegal Mencuat, Rumah Mewah Ismail Bolong Sepi

Rumah mewah Ismail Bolong di Kota Samarinda kini tampak sepi setelah mencuatnya kasus tambang ilegal di Kaltim yang menyeret namanya. 

NEWS | 2 Desember 2022

Bocoran Pertanyaan di Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Yudo Margono

Anggota Komisi I DPR Dave Laksono mengatakan akan menggali sejumlah persoalan kepada Laksamana Yudo Margono saat fit and proper test calon panglima TNI. 

NEWS | 2 Desember 2022

Transformasi Pembelajaran melalui Sekolah Responsif Gender

Program kolaboratif, kemitraan antara Pemerintah Indonesia dan Australia di bidang pendidikan bersama dengan UMSIDA (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo). 

NEWS | 2 Desember 2022

Disiplin Prajurit Jadi Materi Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan akan mendalami soal disiplin prajurit TNI saat fit and proper test calon panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

NEWS | 2 Desember 2022

Bareskrim Segera Tetapkan Tersangka Kasus Mafia Tanah di Surabaya

Bareskrim Polri tengah mengusut kasus mafia tanah di Surabaya. Terkini, Bareskrim segera menetapkan tersangka kasus mafia tanah tersebut.

NEWS | 2 Desember 2022

Rumah Roboh Akibat Gempa Cianjur Mulai Diratakan

Rumah rumah roboh akibat gempa Cianjur, Jawa Barat, mulai diratakan dengan menggunakan alat berat.

NEWS | 2 Desember 2022

BNPT: Istilah Jihad Sering Disalahartikan untuk Memecah Bangsa

BNPT menegaskan, saat ini istilah jihad sering disalahartikan oleh oknum yang sengaja ingin memecah persatuan bangsa.

NEWS | 2 Desember 2022

Komisi I DPR Verifikasi Administrasi Calon Panglima TNI Yudo Margono

Komisi I DPR memverifikasi administrasi berkas Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI sebelum menjalani fit and proper test.

NEWS | 2 Desember 2022

Ini 5 Pesan Penting Jokowi untuk KPU Jelang Pemilu 2024

Presiden Jokowi menyampaikan lima pesan penting kepada KPU menjelang Pemilu 2024. Mulai dari hal teknis, kesiapan SDM, hingga soal pendidikan politik. 

NEWS | 2 Desember 2022

Bareskrim Polri Gelar Perkara Kasus Tambang Ilegal Kaltim Hari Ini

Bareskrim Polri akan melakukan gelar perkara kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim) pada hari ini, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Statistik Menarik Jelang Kamerun vs Brasil

Piala Dunia 2022: Statistik Menarik Jelang Kamerun vs Brasil

SEMESTA BOLA 2022 | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE