Logo BeritaSatu

Dunia Tidak Akan Izinkan Putin Gunakan Senjata Nuklir

Jumat, 23 September 2022 | 07:29 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kyiv, Beritasatu.com- Dunia tidak akan mengizinkan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menggunakan senjata nuklir. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Rabu (21/9/2022), keyakinan itu disampaikan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam wawancara dengan televisi Jerman.

Pernyataan Zelensky menyusul presiden Rusia yang mengatakan Moskwa yang akan menggunakan segala cara untuk melindungi wilayahnya. Pada Rabu, Putin memerintahkan mobilisasi militer terbesar sejak Perang Dunia II. Perintah itu dikeluarkan setelah pasukan Ukraina memperoleh keuntungan spektakuler dalam serangan balasan yang diluncurkan beberapa minggu lalu.

Advertisement

“Saya tidak percaya dia [Putin] akan menggunakan senjata ini. Saya tidak berpikir dunia akan mengizinkan dia untuk menggunakan senjata-senjata ini," kata Zelensky dalam satu wawancara dengan saluran TV surat kabar Jerman Bild, mengacu pada senjata nuklir.

Pemimpin Ukraina itu mengatakan bahwa kemungkinan kecil untuk mengadakan pembicaraan dengan Putin untuk mengakhiri perang, menambahkan bahwa itu hanya bisa terjadi jika presiden Rusia menarik pasukannya dari negara itu.

Zelensky memperingatkan bahwa ketakutan oleh ancaman Putin akan mengundang Rusia untuk mencoba mengambil lebih banyak wilayah. Moskwa dan separatis menguasai petak besar wilayah timur laut Ukraina, yang merupakan sekitar 15 persen dari total wilayahnya.

Zelensky juga mengulangi seruan agar Jerman memasok senjata dan sistem pertahanan udara ke Ukraina, dengan mengatakan bahwa itu diperlukan untuk menyelamatkan nyawa.

Para kritikus, termasuk duta besar Ukraina untuk Jerman, menuduh Berlin menyeret langkahnya untuk memberikan senjata berat ke Ukraina dan pada langkah-langkah lain yang dapat membantu Kyiv mengusir pasukan Rusia. Mereka mengatakan Berlin tidak menunjukkan kepemimpinan yang diharapkan dari kekuatan besar dan keragu-raguannya mengorbankan nyawa Ukraina.

Zelenskyy menekankan bahwa dia tidak menerima argumen pemerintah Jerman bahwa mereka tidak menyediakan tank untuk Ukraina karena tidak ingin "berjalan sendiri", karena sejauh ini tidak ada negara NATO yang memasoknya dengan tank tempur buatan Barat.

Sementara Berlin telah mengirim beberapa persenjataan ke Ukraina, sejauh ini menolak untuk mentransfer tank yang diminta oleh Kyiv. Kanselir Jerman Olaf Scholz telah menyatakan bahwa Jerman seharusnya tidak bertindak secara independen di bidang ini.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cari Dokumen Rahasia, FBI Geledah Rumah Pantai Milik Joe Biden

Departemen Kehakiman AS menugaskan FBI untuk menggeledah rumah kedua Presiden Joe Biden, sebuah rumah pantai di Rehoboth, Delaware.

NEWS | 2 Februari 2023

BP2MI Gagalkan Pengiriman 6 PMI Ilegal ke Timur Tengah

BP2MI menggagalkan pengiriman enam PMI ilegal dari tempat penampungan dikawasan Bogor yang hendak di kirim ke Timur Tengah. 

NEWS | 2 Februari 2023

Gempa Magnitudo 4,3 Guncang Garut Jabar Terasa hingga Bandung

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 4,4 mengguncang Kabupaten Garut pada Rabu (1/2/2023) malam. Gempa itu dirasakan hingga warga Bandung. 

NEWS | 2 Februari 2023

Selama Izinkan Aksi Pembakaran Al-Quran, Swedia Tak Bakal Dapat Izin Turki Gabung ke NATO

Turki tidak akan mengizinkan Swedia untuk bergabung dengan NATO selama mengizinkan protes yang menodai kitab suci Islam dengan aksi pembakaran Al-Quran.

NEWS | 2 Februari 2023

Banjir Melanda Parepare dan Kabupaten Barru Sulawesi Selatan

Hujan deras disertai angin kencang selama tiga jam membuat sejumlah wilayah di Kota Parepare dan Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan terendam banjir. 

NEWS | 2 Februari 2023

PSI Minta Pertumbuhan Sektor Pariwisata Juga Dinikmati UMKM

PSI berharap pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang tumbuh signifikan selama 2022 turut dinikmati oleh UMKM. 

NEWS | 2 Februari 2023

Bermaksud Serang Sejumlah Sasaran di Singapura, Pelajar Pendukung ISIS Ditahan

Seorang pelajar berusia 18 tahun ditangkap berdasarkan Undang-Undang Keamanan Dalam Negeri, setelah berencana menyerang sejumlah sasaran di Singapura.

NEWS | 2 Februari 2023

Kerajinan Bambu Jombang Tembus Pasar Tiongkok dan Belanda

Perajin bambu asal Desa Pucangrejo, Kabupaten Jombang, sukses mengolah bambu menjadi kerajinan tangan bernilai tinggi dan menembus pasar ekspor.

NEWS | 2 Februari 2023

Kapolda Metro Jaya Mutasi Puluhan Kapolsek, Ini Daftarnya

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran melakukan mutasi jabatan puluhan kapolsek di jajaran Polda Metro Jaya. 

NEWS | 2 Februari 2023

DPR: Cegah Paham yang Berpotensi Munculkan Konflik Sosial

Maman Imanulhaq menilai, pencegahan penyebaran paham yang berpotensi menimbulkan konflik sosial harus dilakukan.

NEWS | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Penculikan Anak


# Biaya Haji 2023


# Istri Siri Kompol D


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Erick Thohir: Saatnya Bersih-bersih di PSSI

Erick Thohir: Saatnya Bersih-bersih di PSSI

BOLA | 16 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE