Logo BeritaSatu

Di Luar Penjara, Najib Razak Tidak Dapat Perlakuan Khusus

Jumat, 23 September 2022 | 07:56 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Putrajaya, Beritasatu.com- Najib Razak tidak mendapat perlakuan khusus saat berada di luar penjara untuk menjalani perawatan medis. Seperti dilaporkan Bernama, Rabu (21/9/2022), pernyataan itu dilontarkan Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin soal status sang mantan perdana menteri Malaysia.

“Tidak ada gangguan dalam perawatan medis Najib Razak dan mantan perdana menteri Malaysia itu tidak menerima perawatan khusus selama dirawat di rumah sakit,” kata Khairy.

Khairy mengatakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Malaysia selalu bekerja secara profesional sesuai dengan prosedur dan pedoman yang ada. Penundaan proses persidangan korupsi Najib yang sedang berlangsung diupayakan oleh jaksa penuntut umum agar Najib dapat mencari perawatan di rumah sakit.

Departemen Penjara Malaysia menyatakan saat ini, Najib dirawat di Rumah Sakit Rehabilitasi Cheras (HRC) di Kuala Lumpur. Sejak bulan lalu, dia mulai menjalani hukuman penjara karena tuduhan korupsi.

Najib dirawat di Rumah Sakit Kuala Lumpur (HKL) dan menjalani serangkaian perawatan dan tes. Rumah sakit kemudian merujuknya ke HRC untuk perawatan dan pemantauan lebih lanjut, tambah departemen itu.

"Kami telah melakukan ini agar tidak ada perselisihan dari pihak manapun, dari keluarganya atau Najib sendiri, bahwa tidak ada perlakuan yang diberikan kepadanya. Kami telah menyiapkan setiap perawatan yang diperlukan dan setiap tes yang diminta dan dilakukan," kata Khairy kepada wartawan, Rabu.

Khairy menambahkan, setelah Najib dirujuk ke HKL, mantan perdana menteri tersebut diberikan pelatihan untuk melakukan perawatan rehabilitasi mandiri.

Khairy juga mengatakan spesialis medis akan mengadakan konferensi keluarga dengan Najib dan anggota keluarganya untuk memberi tahu mereka tentang situasi kesehatan dan rencana perawatan terbarunya.

"Saya mengerti bahwa setelah konferensi keluarga, Najib akan dikirim ke Penjara Kajang segera setelah dokter spesialis memberikan pembebasan medis untuknya," katanya.

Khairy menambahkan para spesialis saat ini sedang mempersiapkan catatan medis untuk dibagikan dengan keluarga Najib selama konferensi. Dia menambahkan catatan medis "tidak akan lama" sebelum Najib dikirim kembali ke penjara.

Departemen Penjara sebelumnya mengatakan bahwa Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur pada 12 September memerintahkan agar Najib dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan kesehatan setelah diberitahu tentang masalah kesehatan yang dia hadapi.

Najib mulai menjalani hukumannya di Penjara Kajang di Selangor pada 23 Agustus segera setelah Pengadilan Federal menolak bandingnya untuk membatalkan hukuman penjara 12 tahun dan denda RM210 juta (US$46 juta) atas tujuh dakwaan dalam kasus yang melibatkan dana dari SRC International, bekas unit 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Sidang 1MDB yang sedang berlangsung adalah kasus korupsi kedua Najib. Dia dituduh melakukan 25 tuduhan pencucian uang dan penyalahgunaan kekuasaan terkait dengan dana 1MDB senilai RM2,3 miliar. Sidang dijadwalkan akan dilanjutkan pada 26 September.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kapolda Kaltim Resmikan Pos Pengamanan Proyek IKN Nusantara

Menurut Imam, kehadiran pos pengamanan bertujuan untuk mendukung dan mengawal proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

NEWS | 10 Desember 2022

Ratusan Becak dan Andong Dilibatkan dalam Pernikahan Kaesang-Erina

Ratusan penarik becak dan andong di Solo akan dilibatkan dalam rangkaian pernikahan Kaesang-Erina. Mereka akan mengantarkan tamu. 

NEWS | 10 Desember 2022

Janur Pernikahan Kaesang Hiasi Jalanan Menuju Pura Mangkunegaran

Janur kuning menghiasi jalanan menuju Pura Mangkunegaran menjelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022) besok. 

NEWS | 10 Desember 2022

Warga Solo Berbondong-bondong Melihat Persiapan Pernikahan Kaesang

Sejumlah warga di Kota Solo, Jawa Tengah penasaran ingin melihat sejumlah persiapan jelang resepsi pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran, Solo.

NEWS | 10 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Perajin Karangan Bunga di Solo Kebanjiran Order

Pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gundono menjadi berkah bagi pengusaha karangan bunga di Kota Solo. Para perajin karangan bungan kebanjiran order. 

NEWS | 10 Desember 2022

Tiga Miliarder Kripto Meninggal dalam Sebulan, Kebetulan atau Terencana?

Dalam kurun waktu sebulan, tiga miliarder kripto meninggal dunia. Ketiga kematian itu terjadi secara tidak terduga di tengah anjloknya aset-aset kripto.

NEWS | 10 Desember 2022

2 Menteri Jokowi Jadi Saksi Akad Nikah Kaesang dan Erina

Saksi akad nikah Kaesang Pangarep adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan saksi akad Nikah Erina Gudono adalah Mensesneg Pratikno. 

NEWS | 10 Desember 2022

KPK Tegaskan Penahanan Hakim Agung Gazalba Saleh Sesuai Aturan

KPK menegaskan tidak melanggar aturan saat menahan Hakim Agung Gazalba Saleh terkait kasus dugaan suap penanganan perkara di MA.

NEWS | 10 Desember 2022

Pemprov DKI Gunakan AI Google untuk Urai Kemacetan

Dishub DKI akan menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) Google untuk mengatasi kemacetan di Ibu Kota.

NEWS | 10 Desember 2022

Ini Alasan Kemendes PDTT Revitalisasi 619 Kawasan Transmigrasi

Revitalisasi dan modernisasi 619 kawasan transmigrasi bertujuan menyukseskan program ketahanan pangan nasional.

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
HUT ke-73 Polda Metro Jaya,Semua Pimpinan Blusukan

HUT ke-73 Polda Metro Jaya,Semua Pimpinan Blusukan

NEWS | 9 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE