Logo BeritaSatu

Hakim Agung Sudrajad Minta Restu MA Sebelum Datangi KPK

Jumat, 23 September 2022 | 15:18 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Hakim Mahkamah Agung (MA), Sudrajad Dimyati meminta restu kepada MA pada Jumat (23/9/2022) pagi, sebelum mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sudrajad mendatangi KPK usai ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan perkara di MA.

“Jadi, pak Sudrajad tadi malam masih di rumahnya. Kemudian, tadi pagi juga ada ketemu dengan kami, dan minta restu bahwa dia siap menghadiri, memenuhi panggilan KPK,” ujar Juru Bicara MA, Andi Samsan Nganro di gedung MA, Jakarta, Jumat (23/9/2022).

MA juga mendorong Sudrajad agar kooperatif dalam menghadapi proses hukum yang diduga dilakukannya. Selebihnya, kata Andi, publik bisa menilai sendiri.

“Terkait bagaimana penilaian publik, silakan saja. Jadi tadi pagi dia (Sudrajad) berkantor, tetapi sehubungan dengan ada panggilan dari KPK, dia akan segera ke sana, karena sudah ada penetapan tersangka,” ungkap Andi.

Terkait status Sudrajad di MA, Andi mengaku masih akan lihat perkembangan penyidikan KPK ke depan. Pihaknya, kata Andi, masih fokus minta Sudrajad kooperatif. “Soal status Sudrajad di MA nanti kita lihat lagi,” pungkas Andi.

Diketahui, KPK menetapkan Sudrajad Dimyati sebagai tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara. Tak hanya Sudrajad, KPK juga menetapkan sembilan orang lainnya ditetapkan sebagai tersangka, yakni hakim yustisial atau panitera pengganti MA, Elly Tri Pangestu; PNS pada Kepaniteraan MA, Desy Yustria dan Muhajir Habibie; PNS MA, Redi dan Albasri; pengacara, Yosep Parera dan Eko Suparno; serta swasta atas nama Heryanto Tanaka dan Ivan Dwi Kusuma Sujanto.

Penetapan tersangka ini dilakukan KPK setelah memeriksa secara intensif sejumlah pihak yang ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta dan Semarang.

Dari 10 tersangka tersebut, enam di antaranya ditahan untuk 20 hari ke depan mulai 23 September 2022 sampai 12 Oktober 2022. Tersangka Elly Tri dan Desy ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) KPK pada gedung Merah Putih. Sementara, tersangka Muhajir, Yosep, dan Eko ditahan di Rutan Polres Jakarta Pusat. Tersangka Albasri ditahan di Rutan Polres Jakarta Timur.

Empat tersangka lainnya, yakni Sudrajad Dimyati, Redi, Ivan Dwi Kusuma Sujanto, dan Heryanto Tanaka belum ditahan, karena tidak turut dibekuk dalam OTT.

Tersangka Sudrajad, Desy, Elly Tri, Muhajir, Redi, dan Albasri sebagai tersangka penerima suap dijerat dengan Pasal 12 huruf c atau huruf a atau b atau Pasal 11 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Heryanto, Yosep, Eko, dan Ivan Dwi sebagai tersangka pemberi suap dijerat dengan Pasal 5 ayat (1) huruf a atau b atau Pasal 13 atau Pasal 6 huruf c UU 31/1999 juncto Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jalani Prosesi Siraman, Kaesang Pangarep Pakai Air dari 7 Sumber

Kaesang Pangarep menjalani prosesi siraman di rumah pribadi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Solo dengan menggunakan air dari 7 sumber mata air di Solo,

NEWS | 9 Desember 2022

Kaesang Terharu Jalani Prosesi Siraman, Iriana Menangis

Presiden Jokowi mengaku bersyukur bahwa acara siraman dan sungkeman Kaesang berjalan lancar.

NEWS | 9 Desember 2022

Fokus Kejar Target Kurikulum, Guru Abai Kemampuan Siswa

Zulfikri Anas mengatakan guru di sejumlah daerah masih fokus dalam merampungkan target kurikulum, sehingga mengabaikan kemampuan siswa.

NEWS | 9 Desember 2022

Tiga Guncangan Gempa Menggoyang Gorontalo Pagi Ini

Tiga gempa dengan magnitudo mulai 3,7 hingga terbesar 4,9 terjadi di Gorontalo pada pagi hari ini.

NEWS | 9 Desember 2022

DPR: Pancasila Bukan untuk Dikotomi Nasionalis dan Radikal

Rieke Diah Pitaloka menegaskan Pancasila bukan instrumen untuk mendikotomikan antara kelompok nasionalis dan radikal.

NEWS | 9 Desember 2022

Wapres Ma'ruf Amin Hadiri Agenda Pembukaan Hakordia 2022

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri agenda pembukaan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022 di Bidakara, Jakarta, Jumat (9/12/2022).

NEWS | 9 Desember 2022

Kaesang Jalani Prosesi Siraman, Tak Ada Penutupan Jalan di Area Sekitar

Pernikahan Kaesang, tak ada penutupan arus lalu lintas di Jalan Letjen Suprapto tempat kediaman Presiden Jokowi jelang acara siraman Kaesang Pangarep.

NEWS | 9 Desember 2022

Perguruan Tinggi Dunia Apresiasi Kemendikbudristek Selenggarakan Program IISMA

IISMA adalah salah satu program paling kompetitif dari Kemendikbudristek yang diminati. Tahun ini jumlah pendaftar mencapai 7.500 mahasiswa dari 31 provinsi.

NEWS | 9 Desember 2022

Top News, Wakil Wali Kota Pagar Alam Meninggal dan Kebakaran Gedung Kemenkumham

Berita meninggalnya Wakil Wali Kota Pagaralam, Sumatera Selatan Muhammad Fadli dan kebakaran gedung Kemenkumham paling banyak dibaca.

NEWS | 9 Desember 2022

Soal Motif Bom Bunuh Diri Bandung, Pengamat Singgung ISIS dan KUHP

Pengamat terorisme, Stanislaus Riyanta menyinggung soal ISIS dan KUHP terkait motif Agus Sujatno melakukan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung.

NEWS | 9 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kaesang Terharu Jalani Prosesi Siraman, Iriana Menangis

Kaesang Terharu Jalani Prosesi Siraman, Iriana Menangis

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE