Logo BeritaSatu

Andi Arief Singgung Ancaman terhadap Lukas Enembe Sebelum Jadi Tersangka

Jumat, 23 September 2022 | 15:35 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat, Andi Arief menyinggung adanya ancaman terhadap Gubernur Papua, Lukas Enembe. Ancaman itu terjadi sebelum Lukas menjadi tersangka kasus dugaan gratifikasi.

Andi Arief mengatakan utusan dari pemerintah pusat juga sempat bertemu Lukas Enembe. Tak hanya itu, Andi mengatakan utusan itu juga melobi Partai Demokrat agar kekosongan wakil gubernur (wagub) Papua diisi “orang” Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ancaman pada pak LE (Lukas Enembe) dan Calon Wakil Gubernur Yunus Wonda muncul setelah pak LE tolak Jenderal Waterpauw usulan Pak Jokowi, karena Waterpauw tak dapat dukungan partai meski maunya Presiden Jokowi,” ujar Andi dalam akun Twitternya, sebagaimana dikutip Beritasatu.com, Jumat (23/9/2022).

Andi tidak mengungkapkan secara detail waktu utusan itu menemui Lukas Enembe dan Partai Demokrat. “Kami terus bantu KPK selama murni penegakan hukum. Demokrat sadar bahwa pemberantasan korupsi kamilah partai yamg paling mendukung dan konsisten,” katanya.

Lebih lanjut, Andi Arief mengatakan Partai Demokrat mencermati banyak tuntutan pemberhentian Lukas Enembe dari Partai Demokrat.

“Banyak hal yang kami timbang, termasuk soal keamanan nasional, sekali lagi kami sedang mengupayakan bicara langsung dengan yang bersangkutan, bicara tak normal, berjalanpun lemah,” pungkas Andi.

Diketahui, Lukas Enembe ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi Rp 1 miliar terkait APBD Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua. Lukas Enembe mangkir dari panggilan pertama KPK dan KPK telah mengirimkan surat panggilan kedua kepada Lukas untuk menjalani pemeriksaan pada Senin (26/9/2022).

Sementara itu, kuasa hukum Lukas, Aloysius Renwarin menyebut kliennya sedang menderita sejumlah penyakit seperti, stroke, gula, ginjal, dan lainnya. Dia tidak bisa memastikan kemungkinan Lukas Enembe akan datang ke kantor KPK di Jakarta, dalam rangka memenuhi panggilan penyidik.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Viral, Video Pembantaian Mengerikan oleh TPNPB di Papua Barat

Video pembantaian 4 dari 14 pekerja proyek oleh TPNPB di Teluk Bintuni, Papua Barat, Kamis (29/9/2022) malam, beredar di media sosial.

NEWS | 1 Oktober 2022

Arkeolog Tiongkok Temukan Tengkorak Manusia Berusia 1 Juta Tahun di Hubei

Arkeolog Tiongkok mengumumkan, menemukan tengkorak manusia yang hampir lengkap berusia sekitar 1 juta tahun dari sebuah situs penggalian di provinsi Hubei.

NEWS | 1 Oktober 2022

Puan: P-20 Beri Dampak Positif untuk Pariwisata Indonesia

Ketua DPR RI Puan Maharani meyakini, forum P-20 atau The 8th G20 Parliamentary Speaker Summit akan berdampak positif terhadap pariwisata Indonesia.

NEWS | 1 Oktober 2022

DPRD Kota Bogor Serap Aspirasi Warga Pascakenaikan BBM

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto menjelaskan bahwa reses memungkinkan masyarakat berpartisipasi dalam pembuatan keputusan.

NEWS | 1 Oktober 2022

Fotonya di Kafe Tanpa Jilbab Beredar Luas, Wanita Iran Ini Langsung Ditangkap

Pasukan keamanan Iran menangkap seorang wanita setelah foto dirinya dan wanita lain yang sedang makan di sebuah kafe di Teheran tanpa jilbab beredar luas.

NEWS | 1 Oktober 2022

Jokowi Tidak Pakai Masker Saat Pimpin Upacara, Ini Penjelasan Setpres

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak memakai masker saat menjadi inspektur upacara Hari Kesaktian Pancasila di Kompleks Monumen Pancasila Sakti.

NEWS | 1 Oktober 2022

Pelonggaran Masker Diberlakukan Saat Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Pelonggaran penggunaan masker diberlakukan saat pelaksanaan Upacara Hari Kesaktian Pancasila. Jokowi tidak pakai masker.

NEWS | 1 Oktober 2022

Usut Tuntas Pembantaian 4 Pekerja Proyek di Papua Barat

Usut tuntas  penyerangan TPNPB terhadap 14 pekerja proyek jalan di Teluk Bintuni, Papua Barat, yang menewaskan 4 korban.

NEWS | 1 Oktober 2022

Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kompleks Monumen Pancasila Sakti, Jalan Lubang Buaya, Jakarta Timur

NEWS | 1 Oktober 2022

Gempa Berkekuatan M6,0 Guncang Wilayah Tapanuli Utara

BMKG melaporkan gempa bumi tektonik dengan kekuatan M6,0 guncang wilayah Tapanuli Utara, Sumatra Utara, Sabtu, (1/10/2022).

NEWS | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Daftar 23 Pemain Timnas U-17 untuk Kualifikasi Piala Asia U-17

Ini Daftar 23 Pemain Timnas U-17 untuk Kualifikasi Piala Asia U-17

BOLA | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings