Logo BeritaSatu

Polri Bantah Ponsel MAH Pemuda Madiun Dibeli oleh Polisi

Jumat, 23 September 2022 | 16:02 WIB
Oleh : Stefani Wijaya / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Muhammad Agung Hidayatullah atau MAH (21) yang berasal dari Madiun, Jawa Timur, telah ditetapkan sebagai tersangka karena merupakan bagian dari kelompok hacker Bjorka. Berdasarkan pengakuan keluarga, sebelum MAH diringkus oleh Tim Siber Mabes Polri, telepon seluler (ponsel) milik MAH dibeli oleh seseorang yang mengaku polisi dengan harga Rp 5 juta.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo membantah bahwa ponsel milik MAH telah dibeli oleh polisi seharga Rp 5 juta. “Jadi, kalau misalnya dibeli polisi, saya tegaskan itu tidak benar. Itu bagian dari taktik dan teknik tim khusus. Kalau itu taktik dan teknik silakan timsus (tim khusus),” kata Dedi kepada wartawan di Mabes Polri, Jumat (23/9/2022).

Dedi mengatakan kabar ponsel milik MAH dibeli oleh polisi tersebut merupakan hoax. Ia menegaskan hal yang terpenting kasus mengenai hacker Bjorka ini dapat terungkap. “Saya tegaskan itu hoax, saya tegaskan itu tidak benar. Itu bagian dari taktik dan teknik timsus,” ucapnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Divisi Humas Polri Ade Yaya Suryana mengatakan walau MAH ditetapkan sebagai tersangka, tetapi saat ini tidak ditahan. “Nah iya berarti sedang diproses dan tidak dilakukan penahanan karena kooperatif,” kata Ade kepada wartawan di Mabes Polri, Jumat (16/9/2022).

Diketahui, peretas dengan identitas Bjorka melalui grup Telegram mengeklaim telah meretas surat-menyurat milik Presiden Joko Widodo (Jokowi), termasuk surat dari Badan Intelijen Negara (BIN). Bjorka juga mengeklaim sebagai dalang peretasan 1,3 miliar data registrasi SIM card.

Klaim dari Bjorka tersebut kemudian diunggah oleh salah satu akun Twitter “DarkTracer: DarkWeb Criminal Intelligence” yang kemudian viral dan sempat menjadi salah satu topik pembahasan terpopuler di Twitter.

Dalam unggahan di akun Twitter itu disebutkan bahwa surat dan dokumen untuk Presiden Indonesia, termasuk surat yang dikirimkan BIN dengan label rahasia telah bocor. Dalam situsbreached.to, Bjorka mengunggah sejumlah dokumen yang diklaim milik Presiden Jokowi pada periode 2019- 2021.

“Berisi transaksi surat tahun 2019-2021 serta dokumen yang dikirimkan kepada Presiden termasuk kumpulan surat yang dikirim oleh Badan Intelijen Negara yang diberi label rahasia,” tulisnya di situs tersebut.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

RUU Sisdiknas Perlu Pokja Nasional Libatkan Akademisi

Tim pokja nasional RUU Sisdiknas perlu dibekali surat keputusan penugasan resmi dari Kemendikbudristek.

NEWS | 25 September 2022

Soal Peluang Duet dengan Puan, Cak Imin Tanya Prabowo Dulu

Cak Imin menjelaskan perlu bertanya lebih dahulu ke Prabowo Subianto soal peluang duet antara Puan Maharani dengan dirinya di Pemilu 2024.

NEWS | 25 September 2022

Pertemuan Puan dan Cak Imin Hari Ini Capai Kesepakatan

Puan Maharani dab Muhaimin Iskandar atau Cak Imin hari ini melakukan pertemuan, dan mereka mencapai satu kesepakatan.

NEWS | 25 September 2022

Soal Dewan Kolonel, Puan Minta Kader Fokus Temui Masyarakat

Ketua DPP PDIP Puan Maharani enggan menanggapi lebih lanjut berkaitan dengan pembentukan Dewan Kolonel oleh sejumlah anggota fraksi di internalnya.

NEWS | 25 September 2022

Menlu Pakistan Minta Taliban Tidak Menindas Kaum Perempuan

Menlu Pakistan Bilawal Bhutto Zardari memperingatkan Taliban agar tidak mengejar kebijakan yang menindas terhadap kaum perempuan.

NEWS | 25 September 2022

Bima Arya: Kota Bogor Siapkan Pusat Pemerintahan Baru

"Ada rencana memindahkan balai kota (pusat pemerintahan) ke Bogor Timur. Tentu kita akan membangun pusat kota di sana," kata Bima Arya.

NEWS | 25 September 2022

Cak Imin Ingin Jadi Cawapres, Ini Jawaban Puan Maharani

"Saya ikut mendoakan, Insyaallah amiin," ungkap Puan Maharani menanggapi keinginan Cak Imin menjadi cawapres.

NEWS | 25 September 2022

Usulan Perubahan Jam Kerja, Pemprov Belum Ambil Keputusan

Wagub DKI, Ahmad Riza Patria, mengatakan Pemprov DKI Jakarta belum memiliki putusan terkait usulan perubahan jam kerja guna mengatasi kemacetan Jakarta.

NEWS | 25 September 2022

Cak Imin Blak-blakan Ingin Jadi Cawapres di Depan Puan Maharani

"Semoga doanya terkabul dan minimal saya jadi wakil presiden," ujar Cak Imin saat merayakan HUT bersama dengan Ketua PDIP Puan Maharani.

NEWS | 25 September 2022

Rusia Klaim Ratusan Tentara Asing Tewas di Ukraina

Rusia mengklaim ratusan tentara asing tewas di Ukraina. Moskwa mengumumkan tentara bayaran tersingkir dalam serangan rudal di pusat penyebaran.

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Miller Juara di Jepang, Bagnaia Jatuh, Quartararo P8

Miller Juara di Jepang, Bagnaia Jatuh, Quartararo P8

SPORT | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings