Logo BeritaSatu

Pemkot Semarang Gencarkan Penerapan Parkir Elektronik

Jumat, 23 September 2022 | 18:30 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Semarang, Beritasatu.com - Pemerintah Kota Semarang (Pemkot Semarang) akan terus menggencarkan penerapan parkir elektronik di Ibu Kota Jawa Tengah itu.

Pemerintah semakin giat melakukan inisiasi penerapan digitalisasi pada layanan masyarakat, salah satunya adalah pembayaran parkir elektronik (electronic parking), sehingga pembayaran parkir menjadi lebih praktis, nyaman, dan aman.

Dalam rangka pelaksanaan parkir elektronik di Kota Semarang, Wali Kota Hendrar Prihadi didampingi Kepala Dinas Perhubungan Endro Pudyo Martantono, secara resmi menyerahkan mesin EDC secara simbolis kepada 4 juru parkir.

Kegiatan ini dilakukan saat peringatan Hari Perhubungan Nasional 2022 Kota Semarang di Kantor Dinas Perhubungan Kota Semarang, 19 September 2022. Penerapan parkir elektronik tahap awal akan dilakukan parkir onstreet/pingggir jalan di 4 ruas jalan yang nantinya akan diterapkan di 200 titik di Kota Semarang.

Dengan menggunakan parkir elektronik, pengendara tidak perlu repot menyiapkan uang kecil untuk pembayaran atau menerima kembalian sehingga meminimalisasi risiko penyebaran Covid-19 melalui kontak antara manusia. Pembayaran menggunakan sistem e-parking yang akan membuat pengendara melakukan pembayaran secara praktis, aman dan juga cepat.

Kehadiran parkir elektronik juga mendukung program pemerintah dan Bank Indonesia dalam menggunakan sistem pembayaran nasional yaitu QRIS dan uang elektronik. Apalagi, alat yang digunakan ini adalah mesin EDC (Electronic Data Capture).

Alat buatan Indonesia ini memiliki 40,6% Tingkat Komponen dalam Negeri (TKDN) sehingga mendukung produksi dalam negeri dalam rangka meningkatkan ekonomi nasional.

Kota Semarang adalah kota yang pertama memiliki komitmen besar dalam penerapan penggunaan uang
elektronik sebagai penunjang parkir elektronik di berbagai wilayahnya.

Parkir elektronik yang diterapkan di berbagai ruas jalan di Kota Semarang ini bertujuan agar pengendara mulai terbiasa dengan sistem ini. Apalagi, metode pembayaran parkir elektronik ini juga dinilai sangat mudah, yakni dengan menggunakan aplikasi dompet online yang ada di smartphone atau uang elektronik yang umumnya tersedia di setiap kendaraan.

Kemudahan lainnya, pembayaran parkir elektronik juga bisa menggunakan berbagai macam cara seperti ewallet, QRIS dan m-banking. Harapannya, penerapan sistem parkir elektronik berbasis uang elektronik tersebut dapat mengatasi berbagai masalah perparkiran.

"Perhubungan (Dishub) Kota Semarang adalah yang pertama kali menginisiasi program parkir elektronik ini melalui Peraturan Wali Kota. Menurutnya, ini tentu akan menjadi referensi untuk kota-kota lainnya di Indonesia," kata Kepala Dinas Perhubungan kota Semarang Endro Pudyo Martantono.

Pada tahap awal ini, tambahnya, Dishub Kota Semarang menggunakan tarif flat baik untuk roda dua, roda empat hingga roda enam ke atas. "Diharapkan dengan penerapan parkir elektronik pendapatan daerah dari parkir semakin meningkat," paparnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tiongkok Keluarkan Peringatan Waspada Gelombang Dingin

Pusat Meteorologi Nasional Tiongkok (NMC) mengeluarkan peringatan kewaspadaan terhadap gelombang dingin di berbagai wilayah negara tersebut.

NEWS | 6 Oktober 2022

Pengguna Layanan MySiloam dan Homecare SILO Semakin Meningkat

PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) mencatat ada peningkatan yang signifikan dalam adopsi platform digital MySiloam selama pandemi Covid-19.

NEWS | 6 Oktober 2022

Istri Lukas Enembe Mangkir, KPK Sampaikan Wanti-wanti

Istri Lukas Enembe, Yulce Wenda dan anaknya, Astract Bona Timoramo Enembe mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 6 Oktober 2022

Kasus Lukas Enembe, KPK Ingatkan Jangan Ada yang Pengaruhi Saksi

KPK mengingatkan agar jangan ada pihak yang memengaruhi saksi untuk tidak menghadiri agenda pemeriksaan terkait kasus Lukas Enembe

NEWS | 6 Oktober 2022

Fauci: Varian Baru Covid-19 Mungkin Muncul di Musim Dingin

Anthony Fauci baru-baru ini memperingatkan, bahwa "masyarakat tidak perlu terkejut" jika varian baru Covid-19 muncul di musim dingin.

NEWS | 6 Oktober 2022

Aniaya Remaja, 5 Anggota Geng Motor di Bogor Ditangkap

Satreskrim Polres Bogor mengamankan 5 anggota geng motor di wilayah Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor.

NEWS | 6 Oktober 2022

Gunakan PMN dan KMK, Waskita Karya Kebut Proyek Infrastruktur

PT Waskita Karya (Persero) Tbk mempercepat proyek infrastruktur dengan menggunakan Penyertaan Modal Negara (PMN) dan Kredit Modal Kerja (KMK)

NEWS | 6 Oktober 2022

Terkait Pengelolaan Kebun Raya Bogor, Bima Arya Ancam PT MRN

Wali Kota Bogor Bima Arya mengancam akan mengevaluasi keberadaan pihak swasta PT MNR dalam mengelola cagar budaya Kebun Raya Bogor.

NEWS | 6 Oktober 2022

Dipanggil Hari Ini, Rizky Billar Diminta Kooperatif

Rizky Billar dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Selatan terkait kasus KDRT yang dilaporkan oleh sang istri, Lesti Kejora, hari ini.

NEWS | 6 Oktober 2022

Relawan Emak Muda Deklarasi Dukungan untuk Prabowo

Ibu-ibu muda yang tergabung dalam Relawan Emak Muda (Emud) mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tiongkok Keluarkan Peringatan Waspada Gelombang Dingin

Tiongkok Keluarkan Peringatan Waspada Gelombang Dingin

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings