Logo BeritaSatu

Biden dan Marcos Bahas Ketegangan di Laut China Selatan

Jumat, 23 September 2022 | 18:58 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Filipina, Ferdinand Marcos membahas ketegangan di Laut China Selatan sebagai agenda utama mereka. Seperti dilaporkan Reuters, Biden dan Marcos mengadakan pembicaraan tatap muka bilateral di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB, New York, pada Kamis (22/9/2022).

Biden mengatakan ingin berbicara tentang Laut China Selatan, tempat Tiongkok menggunakan pengaruhnya, serta Covid-19 dan energi terbarukan. Biden berterima kasih kepada Marcos karena menentang perang Rusia di Ukraina.

“Peran Amerika Serikat dalam menjaga perdamaian di kawasan kami adalah sesuatu yang sangat dihargai oleh semua negara di kawasan dan Filipina khususnya,” kata Marcos.

Filipina adalah sekutu utama Amerika Serikat dan sangat strategis jika ada kebutuhan AS untuk mempertahankan Taiwan secara militer dari serangan Tiongkok, mengingat posisi geografisnya.

Amerika Serikat ingin mengatur akses yang lebih besar ke pangkalan di Filipina mengingat kebutuhan untuk mempersiapkan kemungkinan itu.

Duta Besar Manila untuk Amerika Serikat, kerabat Marcos, mengatakan kepada surat kabar Jepang Nikkei bulan ini bahwa Filipina akan membiarkan pasukan AS menggunakan pangkalan militer negara Asia Tenggara itu jika terjadi konflik Taiwan hanya "jika itu penting bagi kami, untuk kepentingan kami sendiri. keamanan".

Pertemuan dengan Biden menggarisbawahi perubahan haluan yang menakjubkan dalam nasib mantan keluarga pertama Filipina yang dipermalukan, 36 tahun setelah ayah Marcos diasingkan oleh pemberontakan "kekuatan rakyat".

Presiden Marcos melakukan perjalanan pertamanya ke Amerika Serikat dalam 15 tahun. Dia adalah subjek dari perintah penghinaan pengadilan AS karena menolak bekerja sama dengan pengadilan Hawaii yang memutuskan keluarga Marcos harus membayar US$2 miliar (Rp 30 triliun) kekayaan yang dijarah kepada para korban pelanggaran selama era darurat militer ayahnya.

Marcos telah menolak tuduhan bahwa keluarganya mencuri dari perbendaharaan dan memiliki kekebalan diplomatik sebagai kepala negara, sesuatu yang pernah dinyatakan oleh Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman saat kunjungan ke Filipina pada bulan Juni.

Gregory Poling, pakar Asia Tenggara di Pusat Studi Strategis dan Internasional Washington, mengatakan pertemuan dengan Biden adalah tanda bahwa pemerintahan Biden serius untuk memperdalam aliansi lama AS dengan Filipina.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Infografik Kasus Covid-19 pada 28 November sampai 4 Desember

Infografik kasus Covid-19 pada 28 November sampai 4 Desember 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

NEWS | 5 Desember 2022

Kuasa Hukum Bharada E: Keterangan Ricky Rizal Cuma Benar 30%

Kuasa hukum Bharada E, Ronny Talapessy menilai, kesaksian Ricky Rizal banyak yang tidak sesuai, hanya benar 30%.

NEWS | 5 Desember 2022

Meski Ditolak Masyarakat, Pimpinan DPR Tegaskan RUU KUHP Segera Disahkan

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menegaskan RUU KUHP segera disahkan dalam waktu dekat, meski sebagian masyarakat masih menolak RUU tersebut. 

NEWS | 5 Desember 2022

Menkumham: Jika Tidak Setuju KUHP Baru, Silakan Gugat ke MK

Menkumham Yasonna Laoly mengimbau pihak yang protes dengan RUU KUHP untuk menggugat ke MK setelah RUU KUHP disahkan. 

NEWS | 5 Desember 2022

Ini Profil Erina Gudono, Calon Istri Kaesang Pangarep

Erina Gudono belakangan jadi pembicaraan lantaran menjadi calon istri putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep.

NEWS | 5 Desember 2022

Pemkab Pati Tetapkan Tanggap Darurat Bencana Selama 2 Pekan

Pemkab Pati menetapkan status tanggap darurat bencana selama 2 pekan menyusul terjadinya bencana alam di wilayah tersebut.

NEWS | 5 Desember 2022

RUU KUHP Disahkan Besok, Yasonna: Sudah Akomodasi Aspirasi Masyarakat

Menkumham Yasonna H Laoly menegaskan Rancangan Undang-Undang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RUU KUHP) telah mengakomodasi aspirasi masyarakat. 

NEWS | 5 Desember 2022

Racuni Orang Tua dan Kakak hingga Tewas, DDS Dihantui Rasa Bersalah

DDS, tersangka pembunuhan keluarga di Magelang menjalani pemeriksaan. DDS mengaku menyesal dan dihantui rasa takut karena orang tuanya selalu hadir di mimpi.

NEWS | 5 Desember 2022

Kompolnas Soroti Sidang Etik Bharada E hingga Irjen Napoleon Bonaparte

Kompolnas menyoroti sidang komisi kode etik polri kasus pembunuhan Brigadir Bharada E hingga kasus Irjen Napoleon Bonaparte.

NEWS | 5 Desember 2022

Ricky Rizal Tak Dengar Perintah Ferdy Sambo untuk Tembak Brigadir J

Ricky Rizal mengaku tidak mendengar perintah Ferdy Sambo untuk menembak Brigadir J. Brigadir J ditembak oleh Bharada E.

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ricky Rizal Jelaskan Kronologi Penembakan Brigadir J

Ricky Rizal Jelaskan Kronologi Penembakan Brigadir J

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE