Logo BeritaSatu

Biden dan Marcos Bahas Ketegangan di Laut China Selatan

Jumat, 23 September 2022 | 18:58 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Filipina, Ferdinand Marcos membahas ketegangan di Laut China Selatan sebagai agenda utama mereka. Seperti dilaporkan Reuters, Biden dan Marcos mengadakan pembicaraan tatap muka bilateral di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB, New York, pada Kamis (22/9/2022).

Biden mengatakan ingin berbicara tentang Laut China Selatan, tempat Tiongkok menggunakan pengaruhnya, serta Covid-19 dan energi terbarukan. Biden berterima kasih kepada Marcos karena menentang perang Rusia di Ukraina.

“Peran Amerika Serikat dalam menjaga perdamaian di kawasan kami adalah sesuatu yang sangat dihargai oleh semua negara di kawasan dan Filipina khususnya,” kata Marcos.

Filipina adalah sekutu utama Amerika Serikat dan sangat strategis jika ada kebutuhan AS untuk mempertahankan Taiwan secara militer dari serangan Tiongkok, mengingat posisi geografisnya.

Amerika Serikat ingin mengatur akses yang lebih besar ke pangkalan di Filipina mengingat kebutuhan untuk mempersiapkan kemungkinan itu.

Duta Besar Manila untuk Amerika Serikat, kerabat Marcos, mengatakan kepada surat kabar Jepang Nikkei bulan ini bahwa Filipina akan membiarkan pasukan AS menggunakan pangkalan militer negara Asia Tenggara itu jika terjadi konflik Taiwan hanya "jika itu penting bagi kami, untuk kepentingan kami sendiri. keamanan".

Pertemuan dengan Biden menggarisbawahi perubahan haluan yang menakjubkan dalam nasib mantan keluarga pertama Filipina yang dipermalukan, 36 tahun setelah ayah Marcos diasingkan oleh pemberontakan "kekuatan rakyat".

Presiden Marcos melakukan perjalanan pertamanya ke Amerika Serikat dalam 15 tahun. Dia adalah subjek dari perintah penghinaan pengadilan AS karena menolak bekerja sama dengan pengadilan Hawaii yang memutuskan keluarga Marcos harus membayar US$2 miliar (Rp 30 triliun) kekayaan yang dijarah kepada para korban pelanggaran selama era darurat militer ayahnya.

Marcos telah menolak tuduhan bahwa keluarganya mencuri dari perbendaharaan dan memiliki kekebalan diplomatik sebagai kepala negara, sesuatu yang pernah dinyatakan oleh Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman saat kunjungan ke Filipina pada bulan Juni.

Gregory Poling, pakar Asia Tenggara di Pusat Studi Strategis dan Internasional Washington, mengatakan pertemuan dengan Biden adalah tanda bahwa pemerintahan Biden serius untuk memperdalam aliansi lama AS dengan Filipina.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Minggu, Sebagian Wilayah Indonesia Diguyur Hujan Lebat

BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) memprakirakan sebagian wilayah di Indonesia berpotensi diguyur hujan lebat pada Minggu.

NEWS | 4 Desember 2022

Pemprov DKI Pastikan Kesempatan Kerja bagi Penyandang Disabilitas di BUMD

Pemprov DKI Jakarta wajib menyerap dua persen penyandang disabilitas dari jumlah pegawai negeri sipil atau PNS.

NEWS | 4 Desember 2022

ADDI Bantah Bencana Alam Akibat Tidak Terapkan Sistem Khilafah

ADDI membantah pandangan kelompok radikal yang menyebut bahwa bencana alam yang terjadi di Tanah Air akibat pemerintah tidak menerapkan sistem khilafah.

NEWS | 4 Desember 2022

Status Tanggap Darurat Gempa Cianjur Diperpanjang Lagi

Status tanggap darurat bencana gempa Cianjur, kembali diperpanjang untuk ketiga kalinya. Harapannya, seluruh korban bisa ditemukan seluruhnya.

NEWS | 4 Desember 2022

Update Gempa Cianjur: Jumlah Rumah Rusak 35.601 Unit

Hingga hari ini Sabtu (3/12/2022) total jumlah rumah yang rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat, mencapai 35.601 unit.

NEWS | 3 Desember 2022

BPBD Jabar: Tiga Kecamatan Terdampak Gempa Garut

BPBD Jabar menyatakan, tiga kecamatan di Kabupaten Garut terdampak gempa Garut berkekuatan magnitudo (M) 6,1, Sabtu (3/12/2022) petang.

NEWS | 3 Desember 2022

BMKG Laporkan Ada Gempa Susulan di Kabupaten Garut

BMKG melaporkan, hasil pemantauan adanya satu kali gempa susulan dengan magnitudo M3,3 setelah gempa Garut yang utama.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemkab Usul Perpanjangan Masa Pencarian Korban Gempa Cianjur

Pemkab mengusulkan perpanjangan masa operasi pencarian korban Gempa Cianjur selama tiga hari ke depan.

NEWS | 3 Desember 2022

Lebih Murah Rp 700, Telur Rusak Diminati Warga Bogor

Harga telur yang terus merangkak naik membuat warga Bogor, khususnya ibu rumah tangga, lebih meminati telur rusak daripada yang berkualitas baik.

NEWS | 3 Desember 2022

Ratusan Ribu Jemaat Gereja Tiberias Rayakan Natal di GBK

Perayaan Natal ini dihadiri oleh lebih dari seratus ribu jemaat GTI se-Jabodetabek, dan perwakilan utusan GTI dari seluruh Indonesia.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hugo Lloris Bangga Akan Samai Rekor Lilian Thuram Bela Prancis

Hugo Lloris Bangga Akan Samai Rekor Lilian Thuram Bela Prancis

SEMESTA BOLA 2022 | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE