Logo BeritaSatu

Korea Utara Bantah Jual Senjata ke Rusia

Sabtu, 24 September 2022 | 08:05 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Seoul, Beritasatu.com- Korea Utara membantah tuduhan telah menjual senjata ke Rusia. Seperti dilaporkan RT, Kamis (22/9/2022), seorang pejabat militer menyatakan Korea Utara tidak memiliki rencana untuk menjual senjata ke Rusia, menyebut gagasan itu sebagai "teori konspirasi" setelah pejabat AS mengklaim bahwa kesepakatan sedang dalam pengerjaan yang melibatkan "jutaan" peluru artileri dan roket.

Pada Rabu (21/9), lewat satu pernyyataan, Kementerian Pertahanan Pyongyang menanggapi tuduhan AS. Kementerian menyatakan bahwa meskipun tidak menerima hukuman PBB yang melarang semua penjualan senjata, Korea Utara juga tidak memiliki niat untuk mentransfer senjata ke Rusia.

“Kami tidak pernah mengekspor senjata atau amunisi ke Rusia di masa lalu, dan kami tidak memiliki rencana untuk melakukannya di masa depan,” kata seorang pejabat militer yang tidak disebutkan namanya, seperti dikutip di media pemerintah.

“Kami mengutuk keras dan dengan tegas memperingatkan Amerika Serikat. Negara-negara untuk berhenti secara sembrono menyebarkan teori konspirasi anti-DPRK untuk mengejar kekejaman politik dan militer yang kejam,” tambahnya.

Pertama kali dicatat dalam laporan New York Times yang mengutip materi intelijen AS yang "tidak diklasifikasikan", kesepakatan senjata itu kemudian mendapat kepercayaan resmi oleh wakil juru bicara Departemen Luar Negeri Vedant Patel.

Kepada wartawan, Patel mengatakan Rusia sedang dalam proses pembelian jutaan roket dan artileri. peluru dari Korea Utara untuk digunakan di Ukraina awal bulan ini.

Namun, Gedung Putih menarik kembali tuduhan itu segera setelah itu, dengan juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby menyatakan bahwa “tidak ada indikasi bahwa pembelian itu telah selesai dan tentu saja tidak ada indikasi bahwa senjata-senjata itu digunakan di dalam Ukraina.”

Utusan Moskwa untuk PBB, Vassily Nebenzia, sebelumnya telah menolak tuduhan itu sebagai "kepalsuan lain yang beredar."

Dugaan penjualan senjata oleh Pyongyang mencerminkan tuduhan serupa dari pejabat AS tentang transfer pesawat nirawak yang akan datang dari Iran ke Rusia.

Sedikit lebih dari dua minggu setelah Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan mengatakan Washington memiliki bukti yang jelas bahwa Iran sedang bersiap untuk mengirimkan "beberapa ratus" UAV bersenjata ke Rusia, Kirby kembali mengklarifikasi bahwa AS "tidak melihat indikasi apa pun dari pengiriman aktual dan/atau pembelian drone Iran oleh Kementerian Pertahanan Rusia.

Teheran awalnya membantah rencana untuk berbagi teknologi drone dengan Moskwa, meskipun Pentagon terus mengklaim penjualan itu terjadi, menuduh "pengiriman pertama" drone pada akhir Agustus.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jelang Pernikahan Kaesang, Taman Pura Mangkunegaran Dipercantik

Taman di depan pendopo Pura Mangkunegaran, Kota Solo, yang akan menjadi lokasi Tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono pada Minggu dipercantik.

NEWS | 7 Desember 2022

Jangan Sebar Foto dan Video Bom Bandung

Mabes Polri mengingatkan masyarakat untuk tidak menyebar foto bom Bandung. Hal ini mengingat teror bertujuan menebar ketakutan dan ketidakstabilan negara.

NEWS | 7 Desember 2022

Polda Banten Tingkatkan Pengamanan Usai Bom Bunuh Diri di Bandung

Polda Banten dan jajarannya telah meningkatkan pengamanan usai terjadinya bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Polrestabes Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022

Isak Tangis Keluarga Sambut Jenazah Aipda Sofyan Korban Bom Bandung

Jenazah Anggota Polsek Astana Anyar, Aipda Sofyan yang menjadi korban bom Bandung, tiba di rumah duka.

NEWS | 7 Desember 2022

Bisa Susun Skenario, Ferdy Sambo Beruntung CCTV Rumah Dinas Rusak

Ferdy Sambo sempat merasa beruntung karena CCTV rusak di rumah dinasnya di Kompleks Polri, Duren Tiga, karena dengan demikian ia bisa menyusun cerita fiktif.

NEWS | 7 Desember 2022

Ferdy Sambo Ungkap Perintahnya ke Bharada E: Hajar Cad...

Ferdy Sambo mengungkapkan perintah yang dia katakan  Bharada E untuk Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Moeldoko: Stop Aksi Bom Bunuh Diri, Apa Untungnya?

Moeldoko menyatakan peristiwa bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar menyadarkan semua pihak bahwa ideologi yang berlandaskan kekerasan tidak bermanfaat.

NEWS | 7 Desember 2022

Bom Bunuh Diri, BNPT: Tak Mudah Baca Pemikiran Pelaku Terorisme

Terkait bom bunuh diri Bandung, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar mengakui tidak mudah untuk membaca pemikiran para pelaku terorisme.

NEWS | 7 Desember 2022

Terekam CCTV, Pelaku Bom Bandung Bawa Dua Bungkusan

Pelaku peledakan Mapolsek Astana Anyar pada Rabu (7/12/2022) pagi, terekam kamera CCTV sedang membawa dua bungkusan yang diduga bom.

NEWS | 7 Desember 2022

Anggota DPR Minta Polri Segera Cari Aktor Intelektual Bom Bandung

Anggota DPR Komisi III, Arteria Dahlan meminta Polri untuk segera mencari aktor intelektual peristiwa bom Bandung, Rabu (7/12/2022).

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jelang Pernikahan Kaesang, Taman Pura Mangkunegaran Dipercantik

Jelang Pernikahan Kaesang, Taman Pura Mangkunegaran Dipercantik

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE