Logo BeritaSatu

Dampak Harga Gas, Jerman Terancam Kekurangan Tisu Toilet

Sabtu, 24 September 2022 | 08:29 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Berlin, Beritasatu.com- Jerman mengalami kekurangan tisu toilet sebagai dampak harga gas dan krisis energi yang melanda Eropa. Seperti dilaporkan RT, Jumat (23/9/2022), produsen mengatakan krisis energi menyebabkan harga lebih tinggi dan persediaan terbatas.

Beberapa perusahaan telah menyatakan kebangkrutan atau memutus produksi karena melonjaknya harga energi, karena para pemimpin industri meminta pemerintah untuk memperkenalkan batasan harga.

"Dari apa yang kami dengar, krisis ini kemungkinan akan lebih parah untuk industri manufaktur daripada Covid," kata Carsten Rolle, kepala kebijakan energi dan iklim di asosiasi bisnis BDI, kepada Financial Times, Jumat (23/9).

Kekhawatiran akan kekurangan daya dan meningkatnya biaya energi di tengah berkurangnya pengiriman gas dari Rusia semakin meningkat. Essity yang memiliki merek seperti Zewa, Libresse, dan Lotus menyatakan harus menaikkan harga sebanyak 18% dan sedang mempertimbangkan sumber alternatif bahan bakar.

Sementara itu, pembuat kertas toilet lainnya, seperti Hakle yang berbasis di Dusseldorf, yang telah beroperasi sejak 1928, telah menyatakan kebangkrutan. Hakle mengklaim bahwa melonjaknya harga energi, biaya pulp yang tinggi, dan biaya transportasi telah membuat bisnis mereka tidak layak secara finansial.

“Dalam waktu yang sangat singkat, harga listrik dan gas telah meledak sedemikian rupa sehingga tentu saja tidak dapat diteruskan ke pelanggan kami dengan begitu cepat,” kata Karen Jung, kepala pemasaran Hakle, kepada Reuters.

Menurut lembaga ekonomi IWH, sekitar 718 entitas Jerman menjadi bangkrut pada bulan Agustus, melonjak 26% dari tahun sebelumnya. Angka itu diperkirakan akan tetap di sekitar 25% pada bulan September dan naik menjadi 33% pada bulan Oktober.

Industri kertas Jerman sekarang meminta pemerintah Olaf Scholz untuk memberlakukan batas harga energi, mengklaim itu adalah satu-satunya hal yang dapat menghentikan kebangkrutan.

“Saya tidak berpikir gelombang kebangkrutan dapat dihentikan kecuali kita memiliki batas [harga energi],” kata Volker Jung, direktur pelaksana Hakle kepada FT.

Sementara itu, Wakil Presiden Asosiasi Industri Kertas Martin Krengel mengatakan bahwa "prioritas utama" adalah untuk "memastikan bahwa masyarakat dipasok dengan komoditas penting ini."

Harga di Jerman, serta di sebagian besar Uni Eropa, telah meroket selama beberapa bulan sekarang. Kantor Statistik Federal Jerman (Destatis) melaporkan minggu ini bahwa harga energi di negara itu telah melonjak sekitar 139% selama 12 bulan terakhir, sementara harga listrik melonjak 174,9%.

Para ekonom telah memperingatkan bahwa ekonomi sedang menuju resesi karena PDB Jerman diperkirakan turun 0,7% tahun depan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Harga Telur Naik, Telur Pecah Diburu Pembeli di Medan

Harga telur ayam ras di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan, Sumatera Utara melambung tinggi menjadi Rp 54.000 per papan.

NEWS | 4 Desember 2022

Warga Lebak Berebut Berdesakan BLT, Banyak Anak Terjepit

Ribuan warga dari sembilan kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten yang ingin mendapatkan BLT BBM membeludak di kantor Kecamatan Rangkasbitung.

NEWS | 4 Desember 2022

Kerupuk Rengginang Mojokerto Tembus Pasar Hong Kong

Produksi kerupuk rengginang asal Mojokerto mampu menembus pasar Hong Kong, dengan kemasan khusus menggunakan bahasa Mandarin.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasus Pemukulan Imam Masjid di Bekasi Berakhir Damai

Diduga, pelaku pemukulan imam masjid mengalami gangguan saraf dan beberapa kali melakukan pemeriksaan di kedokteran.

NEWS | 4 Desember 2022

Gara-gara Warisan, Anak Kesayangan Tega Bunuh Ayah Sendiri

Satreskrim Polres Indramayu, menggelar olah TKP pembunuhan ayah kandung oleh anaknya sendiri di Desa Eretan Kulon, Indramayu.

NEWS | 4 Desember 2022

Erupsi, Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas Radius 7 Km

Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur kembali erupsi pada Minggu (04/12/2022) pagi.

NEWS | 4 Desember 2022

Pemkab Garut Masih Pantau Dampak Kerusakan Gempa M 6,1

Pemkab Garut menerjunkan petugas dari dinas terkait maupun tingkat kecamatan dan desa untuk memeriksa tingkat kerusakan dampak gempa M 6,1.

NEWS | 4 Desember 2022

Menko Luhut Cek Persiapan Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina

Jelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Luhut Binsar Pandjaitan, mendatangi kediaman Erina, Sabtu (3/12/2022) sore.

NEWS | 4 Desember 2022

Moeldoko: Penyandang Disabilitas Butuh Pemenuhan Hak, Bukan Dikasihani

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyampaikan, penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dengan warga negara lainnya.

NEWS | 4 Desember 2022

Erick Thohir Bicara Peluang Indonesia Bidding Rumah Piala Dunia

Erick Thohir berbicara tentang peluang Indonesia mengikuti bidding tuan rumah Piala Dunia.

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Harga Telur Naik, Telur Pecah Diburu Pembeli di Medan

Harga Telur Naik, Telur Pecah Diburu Pembeli di Medan

NEWS | 7 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE